Pengembangan E-Modul Berbantu Kode QR Pada Elemen Pengelolaan Rapat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMKN 4 Surabaya

Afrilla Winni Zahrotul Warda, Brillian Rosy

Sari


Berdasarkan permasalahan di SMKN 4 Surabaya kelas XI Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB) elemen pengelolaan rapat yaitu, belum adanya bahan ajar yang berstandar kurikulum merdeka serta bahan ajar yang tersedia belum terdapat video praktik sehingga berpengaruh rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, menganalisis kelayakan, menganalisis respon peserta didik, menganalisis efektifitas pengembangan E-Modul berbantu Kode QR. Model penelitian adalah model 4D (Define Design, Development, Diseminate) oleh Thiagarajan et al. 1974. Subyek penelitian ini siswa kelas XI MPLB SMK Negeri 4 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) rata-rata hasil validasi ahli materi, bahasa, dan kegrafikan sebesar 92,43% dengan kategori “sangat layak”; 2) hasil angket respon siswa sebesar 84,81% dengan kategori “sangat layak”;3) uji normalitas pretest dan posttest kelas eksperimen 0,200 > 0,05 dan 0,055 > 0,05. Nilai pretest dan posttest kelas kontrol 0,126 > 0,05 dan 0,134 > 0,05; 4) uji homogenitas sebesar 0,095 > 0,05; 5) uji efektifitas dengan skor N-Gain sebesar 0,74 dengan kategori “tinggi”; 6) ketuntasan hasil belajat sebesar 100%; 6) uji Independent Sample T Test sebesar 0,000 < 0,05. Disimpulkan bahwa bahan ajar E-Modul berbantu Kode QR layak dan efektif digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran. 

Kata Kunci


E-Modul, Kode QR, Kurikulum Merdeka, Pengelolaan Rapat, Video Praktik

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i3.15277

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##