ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENDESKRIPSIKAN CERITA TENTANG DAERAHKU PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV DI SDN CIBEUREUH

Silqi Lailatul Kamillah, Fajar Nugraha, Riza Fatimah Zahrah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam mendeskripsikan cerita tentang daerahnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV SDN Cibeurih. Kemampuan siswa dalam memahami tentang daerahnya menjadi krusial karena mencerminkan pemahaman mereka terhadap aspek – aspek penting disekitar mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki kemampuan yang baik dalam mendeskripsikan cerita tentang daerah mereka, meskipun terdapat beberapa tantangan seperti keterbatasan kosakata dan pemahaman mendalam tentang topik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan keterampilan deskripsi perlu dilakukan secara berkelanjutan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap daerahnya.

Kata Kunci


Analisis Kemampuan Siswa; Kemampuan Mendeskripsikan; Cerita Tentang Daerahku; IPAS; Deskriptif Kualitatif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A, Q. Pengertian Kerangka Pemikiran: Cara Membuat Dan Contoh. Diambil Kembali Dari Gramedia.Com: Www.Gramedia.Com/Literasi/Pengertian-Kerangka-Pemikiran/

Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. (2022).Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (Ipas).

Carolina, F. E. (2021). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menulis Deskripsi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Di Sd Negeri 060895 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.

Fujiatun, S. R. (2022). Analisis Kemampuan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas Ix Smp Negeri 17 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3).

Gustika, C. D., Nugraha, F., & Mahendra, H. H. (2023). Analisis Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV A SDN 3 Tugu. In Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (Vol. 08, Issue 01, pp. 4533–4535).

Hulu, A. (2014). Analisis Kesalahan Pengunaan Ejaan Pada Karangan Narasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Implementasi Teori Belajar Sosial dalam Pandangan Albert Bandura dan Lev Vygotsky. (2021, July8). https://pgsd.binus.ac.id/2021/07/08 /implementasi-teori-belajar-sosial-dalam-pandangan-albert-bandura-dan-lev-vygotsky/

Implementasi Teori Belajar Kognitivisme dalam Pandangan Jean Piaget dan Jerome Bruner. (2021, July 8). https://pgsd.binus.ac.id/2021/07/08/ implementasi-teori-belajar-kognitivisme-dalam-pandangan-jean-piaget-dan-jerome-bruner/

Jen. (2022). Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli, Lengkap Beserta Tujuan Dan Manfaatnya. Diambil Kembali Dari Merdeka.Com: Https://Www.Merdeka.Com/Jateng/Pengertian-Pendidikan-Menurut-Para-Ahli-Lengkap-Beserta-Tujuan-Dan-Manfaatnya-Kln.Html

Novalianti, D. J. (2011). Peningkatan Keterampilan Mendeskripsikan Benda Melalui Pembelajaran Tematik Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas Ii Sd Al Huda Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Nurfidah. (2019). Analisis Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 11 Mataram. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan , 3(1).

Nurhakim, A. (2023). Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli Dan Fungsi Pentingnya. Diambil Kembali Dari Quipper Blog: Https://Www.Quipper.Com/Id/Blog/Info-Guru/Pendidikan-Menurut-Para-Ahli/#Menurut_Ki_Hajar_Dewantara

Sandi, R. P., Sidik, G. S., & Zahrah, R. F. (2023). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Dengan Menggunakan Metode Bercerita. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 3(3), 133–142. https://doi.org/10.55606/cendikia.v3i3.1429

Setianingsih, A. F. Ilmu Pengetahuan Engetahuan Alam Dan Sosial. Jakarta Pusat: Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan.

Tarigan. (1983). Membina Keterampilan Menulis Paragraf Dan Pengembangannya. Bandung: Angkasa.

Yossy Idris, D. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Metode Discovery Dengan Menggunakan Media Gambar . Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajaran, Universitas Ekasakti Padang, 17-19.

Yossy Idris, H. E. (2014). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Metode Discovery Dengan Menggunakan Media Gambar Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Ta 2011/2012 Universitas Ekasakti Padang. Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajaran, 2(3).

Yuliarti, R. (2014). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Media Gambar Tunggal Pada Siswa Kelas Iib Sd Negeri 1 Sewon Kabupaten Bantul. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta .

Zulfirman, R. (2022). Implemetasi Metode Outdoor Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Man 1 Medan. In Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran (Vol. 3, Issue 2, pp. 147–149). https://doi.org/10.30596%2Fjppp.v3i2.11758




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i3.15328

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##