PENGARUH PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) DAN PERSEPSI KESEJAHTERAAN GURU TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA FKIP UNS SURAKARTA
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afifa, W. A., & Margunani, M. (2023). The influence of self efficacy, family environment, and teachers’ perceptions of welfare on the interest to become an accounting teacher. Economic Education Analysis Journal, 12(1), 44–58. https://doi.org/10.15294/eeaj.v12i1.62805.
Alifia, A., & Hardini, H. T. (2022). Pengaruh pembelajaran microteaching, praktik lapangan persekolahan, dan efikasi diri terhadap minat menjadi guru SMK Akuntansi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1182–1192. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2075
Aryani, Y., Purwana, D., & Marsofiyati. (2023). The influence of practice field experience (PPL) and interest in becoming a teacher on teacher readiness in students of Muhammadiyah University Prof. Dr. Hamka. Journal Of Economic Education, Office and Accounting. http://pub.unj.ac.id/index.php/jpepa
Azizah, D. L., & Nurkin, A. (2022). Pewingaruh pengenalan lapangan persekolahan daring, persepsi profesi guru, persepsi kesejahteraan guru, teman sebaya, dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru. Baej, 370(3), 370–386. https://doi.org/10.15294/baej.v3i3.61056
Diyantini., Santosa, S., Octoria, D. (2016). Pengaruh prestasi belajar dan persepsi mahasiswa tentang kesejahteraan guru terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa prodi pendidikan akuntansi FKIP UNS. Jurnal Tata Arta, 2(2), 90–104. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/tataarta/article/view/9233/0
Fatria, M., Corrina, F., & Zulammar, Z. (2022). The importance of teacher welfare improvement. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 11(2), 313–320. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/48
Indrianti, E. D., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh lingkungan keluarga, prestasi belajar, dan kesejahteraan guru terhadap minat menjadi guru akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 13–24. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n1.p13-24
Khaerunnas, H., & Rafsanjani, M. A. (2021). Pengaruh pengenalan lapangan persekolahan (PLP), minat mengajar, dan prestasi belajar terhadap kesiapan menjadi guru bagi mahasiswa pendidikan ekonomi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3946–3953. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1353
Mugiasih, N. M., Sudarsana, I. B. O., & Alit, D. M. (2018). Pengaruh kesiapan mengajar dan praktik pengalaman lapangan ( PPL ) terhadap minat menjadi guru mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FPIPS IKIP PGRI Bali Angkatan Tahun 2014. Social Studies, 6(2), 6–10. https://ojs.ikippgribali.ac.id/index.php/socialstudies/article/download/537/421
Nasrullah, M., Ilmawati, I., Saleh, S., Niswaty, R., & Salam, R. (2018). Minat menjadi guru pada mahasiswa program studi pendidikan administrasi perkantoran fakultas ilmu sosial Universitas Negeri Makassar. Jurnal Ad’ministrare, 5(1), 1–6. https://search.crossref.org/?q=Journal+of+Educational+Science+and+Technology+%28EST%29
Oktaviani, T., & Yulianto, A. (2015). Pengaruh praktik pengalaman lapangan, persepsi mahasiswa tentang profesi guru akuntansi dan kesejahteraan guru terhadap minat pada profesi guru akuntansi (studi kasus mahasiswa prodi pendidikan akuntansi angkatan 2011 fakultas ekonomi Universitas Negeri S. Economic Education Analysis Journal, 4(3), 818–832. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
Pamugati, O. D. (2020). Pengaruh persepsi profesi, persepsi kesejahteraan, dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru dengan motivasi menjadi guru sebagai variabel intervening. Economic Education Analysis Journal, 2(1), 18–23. https://lib.unnes.ac.id/29614/1/7101413025.pdf
Priadana, M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.
Purwanto. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas dan Realiabilitas Penelitian Ekonomi Syariah. In Staiapress.
Rahma, M. A., Karyaningsih, P. D., & Febriantina, S. (2022). The influence of perceptions of the teacher profession and parents income on the interest in participating in teachr professional education (PPG) is mediated by the motivation to become a teacher. Journal of Economic Education, Office And Accounting, 3(1), 199–220. https://doi.org/10.21009/jpepa.0301.19
Rahmadhayanti, A. (2019). Aplikasi SPSS Untuk Penelitian dan Riset Pasar. PT. Alex Media Komputindo.
Rahmadiyani, S., Hariani, L. S., & Yudiono, U. (2020). Minat menjadi guru: persepsi profesi guru, pengenalan lapangan persekolahan (PLP) dan efikasi diri. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 5(1). https://doi.org/10.21067/jrpe.v5i1.4304
Rautiainen, M., Mäensivu, M., & Nikkola, T. (2018). Becoming interested during teacher education. European Journal of Teacher Education, 41(4), 418–432. https://doi.org/10.1080/02619768.2018.1462329
Sari, N. M., & Rohmah, W. (2023). Influence micro teaching and PLP II on interest in becoming a teacher students of accounting education Muhammadiyah University Surakarta. The 2nd International Conference on Education Innovation and Social Science, July, 664–671.
Selly, A. (2021). Evaluation of field experience practice program (PPL) students of FKIP Tribuana Kalabahi University. International Journal of Education, Information Technology and Others (IJEIT), 4(2), 308–319. https://doi.org/10.5281/zenodo.5120672.
Sholekah, W., Utomo, S. W., & Astuti, E. (2021). Pengaruh praktik pengalaman lapangan dan prestasi belajar terhadap minat menjadi guru akuntansi. JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi, 8(2), 213–222. https://doi.org/10.30656/jak.v8i2.2531
UP2KT. (2023). Buku Panduan Asistensi Mengajar. FKIP UNS.
Wahyuni, D., & Setiyani, R. (2017). Pengaruh persepsi profesi guru, lingkungan keluarga, efikasi diri terhadap minat menjadi guru. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 669–683. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
Wildan, Susilaningsih, & Ivada. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa menjadi guru pada prodi pendidikan akuntansi FKIP UNS. Tata Arta, 2(9), 12–25. www.journal.uta45jakarta.ac.id
DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i3.15401
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##