MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBANTU QUESTION CARD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Ratih Adistina, Ilah Ilah

Sari

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Cineam. Rendahnya hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya yaitu pendidik, terutama dalam memilih model/metode pembelajaran yang tepat untuk memberikan kemudahan dalam pemahaman materi pelajaran agar hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model Numbered Head Together (NHT) berbantu Question Card pada pretest dan posttest; 2) Perbedaan hasil belajar peseta didik yang menggunakan metode ceramah pada pretest dan posttest; 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model Numbered Head Together (NHT) berbantu Question Card dengan yang menggunakan metode ceramah pada posttest. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model Numbered Head Together (NHT) berbantu Question Card pada pretest dan posttest; 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peseta didik yang menggunakan metode ceramah pada pretest dan posttest; 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model Numbered Head Together (NHT) berbantu Question Card dapat meningkatakan hasil belajar yang lebih tinggi dibanding dengan metode ceramah pada posttest.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Sumber Buku:

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Muhammad, & Fathurrohman, M. (2016). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Deepublish: Yogyakarta.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suprijono, A. (2017). Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sumber Jurnal:

Abdullah, J. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Smart Pocket and Question Card dalam Meningkatkan Antusiasme Siswa Belajar Perpajakan di Kelas XII IPS. Jurnal Suluh Edukasi, 01 No 2, 163-178 (https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/) diakses 8 Januari 2024.

Astutik, P. (2021). Analisis Model Pembelajaran Number Head Together Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9 Nomor 1, 159 (https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/) diakses 13 Januari 2024.

Juliawati, H., & Darmawati, D. M. (2022). Pengaruh Model NHT dengan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bacisedu, 6 No. 5, 8146-8153 (https://jbasic.org) diakses tanggal 9 Januari 2024.

Kusumawati, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble dengan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Kertosari II Kabupaten Madiun. Jurnal Kependidikan Darsar Islam Berbasis Sains, 4 Nomor 1, 81 (https://ibriez.iainponorogo.ac.id/) diakses 10 Januari 2024.

Marnis, E. (2021). Pengaruh Model NHT dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3 No. 4, 236-243 (https://jurnal.ranahresearch.com) diakses 10 Januari 2024.

Seftiami, D., Destiniar, & Dedy, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble dengan Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Pedamaran. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP, 9 Nomor 2, 2477-5673 (https://journa;.stikpsubang.ac.id/) diakses 12 Januari 2024.

Septina, I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4 No. 2, 553-558 (https://jurnal.unigal.ac.id) diakses tanggal 9 Januari 2024.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.