Pengembangan Media Pembelajaran E-Flash Card Berbantuan Quizlet Pada Elemen Teknologi Perkantoran Kelas XI MP Di SMK Negeri 4 Surabaya

Lusia Dona Widya Kristy, Durinda Puspasari

Sari


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan  media pembelajaran e-Flash card binaan Quizlet pada elemen Teknologi Perkantoran kelas XI MP, menganalisis kelayakan, respon siswa, dan tingkat efektivitas media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Uji coba terbatas dilakukan kepada 20 siswa kelas XI MP 1 SMK Negeri 4 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor validasi ahli materi sebesar 82,72% dengan kriteria interpretasi "sangat kuat" dan ahli media 96% dengan kriteria interpretasi "sangat kuat". Hasil respon siswa menunjukkan hasil 97,5% dengan kriteria interpretasi "sangat kuat". Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media pembelajaran e-Flash card berbantuan Quizlet cocok digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Harapan untuk penelitian selanjutnya adalah mampu mengembangkan media pembelajaran elemen Teknologi Perkantoran yang dapat memuat materi yang lain yang sesuai.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i3.15472

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##