Meningkatkan Hasil Belajar dan kemampuan Bekerjasa Sama Siswa Melalui Model Pembelajaran Jigsaw
Sari
Perubahan diharapkan terjadi pada pengetahuan, pemahaman, keterampilan, nilai, dan sikap siswa saat belajar. Perubahan ini dapat dicapai dengan dukungan berbagai faktor, dan faktor-faktor ini juga berpengaruh pada peningkatan bekerja sama dan hasil belajar. Hasil belajar adalah jumlah kemampuan yang dimiliki siswa untuk menerapkan materi yang diajarkan oleh guru. Oleh karena itu, hasil belajar merupakan faktor yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Hal ini juga berlaku untuk pelajaran IPS, yang telah diajarkan sejak kelas rendah sehingga mereka dapat mempersiapkan materi untuk pelejaran berikutnya. Gambar fenomena soaial, bola, dan peta adalah beberapa media pembelajaran IPS yang diberikan oleh sekolah untuk meningkatkan partisipasi siswa..Anita Lie (2013) menyatakan bahwa kompetensi dan eksploitasi merupakan bagian dari kehidupan yang mempengaruhi evolusi karakter dan nilai-nilai sosial. Dengan demikian, institusi pendidikan harus memiliki kapasitas yang lebih besar untuk berkontribusi pada pergeseran nilai-nilai sosial. Sekolah tidak hanya harus mengajarkan siswa bekerja sama, tetapi juga harus membekali mereka dengan keterampilan dasar dan keterampilan informasi. Mereka juga harus mengajarkan siswa berkehidupan sosial, berpikir kritis, kreatif, dan berkomunikasi. Anita Lie (2013: 28) mengemukakan bahwa kerjasama merupakan hal yang sangat penting dan diperlukan dalam kelangsungan hidup manusia. Tanpa adanya kerjasama tidak akan ada keluarga, organisasi, ataupun sekolah, khusunya tidak akan ada proses pembelajaran di sekolah. Lebih jauh pendapat Anita Lie dapat diartikan, bahwa tanpa adanya kerjasama siswa, maka proses pembelajaran di sekolah tidak akan berjalan dengan baik dan akhirnya tujuan pembelajaran tidak akan tercapai. Melihat pentingnya kerjasama siswa dalam pembelajaran di kelas maka sikap ini harus dikembangkan.
Kata Kunci
Learning Outcomes, Social Studies, Teamwork, Cooperative Jigsaw
Teks Lengkap:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i3.15485
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##