METODE PEMBELAJARAN MEA (MEANS ENDS ANALYSIS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Nisa Nurjanah, Rita Patonah

Sari

Latarbelakang penelitian ini yaitu adanya kemampuan berpikir kritis yang menurun karena terpusatnya pembelajaran pada pendidik. Berangkat dari permasalahan ini, peneliti menerapkan metode MEA yang akan diterapkan di kelas eksperimen dan membandingkan dengan metode konvensional. Hal ini bertujuan untuk diketahui bahwa adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis menggunakan Means Ends Analysis pada tes pengukuran awal dan akhir, untuk menemukan perbedaan dari kemampuan berpikir kritis peserta didik yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran awal dan akhir serta melihat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada metode MEA dengan metode konvensional. Desain penelitian ini menggunakan eksperimen non-equivalent control group design dan analisis data ini yaitu Uji t.Dampak ini menghasilkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam berpikir kritis menggunakan metode MEA pada tes awal dan tes akhir di kelas eksperimen, memiliki perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik menggunakan pembelajaran ceramah pada pretest dan posttest di kelas kontrol dan menunjukan hasil perbedaan kemampuan peserta didik dalam berpikir secara kritis pada metode MEA (Means Ends Analysis) dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional pada tes akhir pengukuran.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

A. Hery Qusyairi, M. S. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dengan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pendidikan Dasar, 1, 135-143. Retrieved Desember 24, 2023, from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia/article/view/92

Abil Thoriq Syahputra, N. M. (2020). Pemberian Skor dan Sistem Penilaian dalam Pembelajaran. Jurnal Pemberian Skor Sistem Penilaian, 1-12. Retrieved Februari 25, 2024, from https://osf.io/preprints/osf/e49yg

Hamdani. M, P. B. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen. Journal Proceeding Biology Education Conference, 16, 139-145. Retrieved January 4, 2024, from https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/38412

Israk'atun, A. R. (2018). Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Lestari, L. Z. (2019). Berpikir Kritis dalam Konteks Pembelajaran. Bogor: Erzatama Karya Abadi.

Linuhung, S. d. (2021). Penerapan Pembelajaran MEA (Means-Ends Analysis) Berbantuan Schoology Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Derivat, 8, 32-40. Retrieved January 4, 2024, from https://journal.upy.ac.id/index.php/derivat/article/view/1275

Olenggius Jiran Dores, D. C. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal PiMat, 2, 242-254. Retrieved January 17, 2024, from https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/jpimat/article/view/889

Ramdhansyah. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Dengan Metode Pembelajaran Drill Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 11 Medan T. A 2017/2018. 34-45. Retrieved January 17, 2024, from http://digilib.unimed.ac.id/37758/

Safitri, M. N. (2021). Implementasi Means Ends Analysis Dengan Lightening the Learning limate Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10, 219-228. Retrieved Mei 16, 2024, from https://doi.org/10.24127/aipm.v10i1.3245

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.