Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan Media Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Banjarsari

Kania Yara, Endang Mulyadi

Sari

Rendahnya hasil belajar siswa merupakan masalah dalam penelitian ini, karena hasil belajar salah satu tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran, maka pendidik dituntut untuk segera mencari berbagai upaya untuk mencapai keberhasilan, rendahnya hasil belajar dilatarbelakangi oleh berbagai faktor diantaranya pemilihan model pembelajaran yang tepat digunakan oleh pendidik, tujuan dari penelitian untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media quizizz pada pengukuran awal dan pengukuran akhir. 2) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pretest dan posttest. 3) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division dengan media quizizz dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada posttest. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian eksperimen dengan bentuk quasi experimental design tipe nonequivalent control grup design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan media quizizz, model pembelajaran konvensional pada pengukuran awal dan pengukuran akhir serta model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division dengan media quizizz dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada posttest.

Kata Kunci

model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD); media quizizz; hasil belajar.

Referensi

Buku:

Priansa. J.D. (2019). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran Inovatif, Kreatif, dan Prestatif Dalam Memahami Peserta Didik. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Slavin. E. R. (2010). Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALVABETA, cv

Internet (artikel dalam jurnal online):

Tambak. S. (2014). “Metode Ceramah: konsep aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan agama islam”. Jurnal Talbiyah, Vol.21, No. 2. [online]

https://repository.uksw.edu/bitstream. [17 Juli 2024]

Safitri, D., Sujarwo, & Putra, Z. F. F. (2019). Pemberdayaan Kelompok Guru Dalam Membuat Media Pembelajaran Quizizz. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1),1–6.

http://sipeg.unj.ac.id/repository/upload/laporan/(nonklasikal)_ZE._Ferdi_Fauzan_-_PTIK_-FT_-_Jurnal_Pengabdian_Masyarakat_2019_(2)_.pdf [22 Juli 2024]

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.