METODE RESITASI BERBANTU JOBSHEET PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN LEMBAGA

Helmalisa Nurcahyani Putri, Rita Patonah

Sari

ABSTRAKCapaian hasil belajar yang masih rendah pada mata pelajaran Akuntansi Keuangan Lembaga di SMK Negeri 1 Banjar merupakan permasalahan yang perlu mendapat perhatian dan disebabkan oleh beberapa faktor antara lain penerapan metode pengajaran yang kurang optimal. Salah satu cara untuk meningkatkan hasil belajar adalah dengan menerapkan metode pembelajaran resitasi berbantu jobsheet. Tujuan dari penelitian ini guna mengetahui : 1) Hasil belajar dengan metode resitasi berbantu jobsheet pada pretest dan posttest; 2) Peningkatan hasil belajar yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran awal dan akhir; 3) Perbedaan hasil belajar yang menerapkan metode resitasi berbantu jobsheet dengan konvensional pada saat posttest. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain nonequievalent control grup design. Analisis data menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukan : 1) Nampak perbedaan hasil belajar yang menggunakan metode resitasi berbantu jobsheet pada pretest dan posttest dikelas eksperimen; 2) Hasil belajar dengan metode konvensional pada pengukuran awal berbeda dengan pengukuran akhir; 3) Hasil belajar yang menggunakan metode resitasi berbantu jobsheet mengalami peningkatan berbeda dengan metode konvensional.  kata kunci : hasil belajar, jobsheet, metode resitasi

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Aditya, Y. D. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jounal SAP, 167.

Hanafi. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Sleman: Grup Penerbit CV. Budi Utama.

Haryanto. (2022). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar dengan Two Stay Two Stray. NTB: Pusat perkembangan dan Penelitian Indonesia.

Ivoni, & Karomah. (2022). Presepi Siswa Tentang Penggunaan Jobshet Pada Mata Pelajaran Pembuatan Busana. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 40.

Lufri. (2020). Metodologi Pembelajaran : Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. Purwokerto: CV IRDH.

Mulyono. (2015). Kurikulum & Pembelajaran. Bandung: Rizqi Press.

Ramadhan. (2022). Metode Ceramah Untuk Pembelajaran. 5.

Suyanto. (2018). Meningkatkan Prestasi Belajar Pelajaran IPS Melalui Gabungan Metode Ceramah Dengan Metode Belajar Aktif Model Pengajaran Autentik. Jurnal Ilmu Pendidikan, 137.

Tambak. (2016). Metode Resitasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Hikmah, 39.

Wasli. (2023). Implikasi Penggunaan Metode Resitasi Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa . Journal Creativity, 7.

Wilujeng, & Joko. (2021). Analisis Kelayakan Pengembangan Jobsheet Sebagai Bahan Ajar Peserta Didik (Studi Literatur). Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 20.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.