PENGARUH PEDAGOGICAL KNOWLEDGE, EFIKASI DIRI TERHADAP KINERJA PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI

Fatikhatur Rohmah, Dini Octoria

Sari


Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) merupakan program yang ditujukan untuk melatih kesiapan mengajar mahasiswa. Kinerja mahasiswa dalam melaksanakan PLP dapat diukur dengan berbagai cara, salah satunya melalui nilai PLP. Namun nilai PLP yang diperloeh mahasiswa tidak selaras dengan fenomena di lapangan yang menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami beberapa kendala dalam melaksanakan PLP. Tujuan penelitian ini guna mengetahui pengaruh pedagogical knowledge dan efikasi diri terhadap kinerja PLP mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian populasi. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik total sampling sehingga diperoleh sampel sejumlah 95 yang merupakan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret angkatan 2020. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan angket dan dokumen nilai PLP. Analisis data penelitian menggunakan regresi linier berganda. Hasil membuktikan pedagogical knowledge dan efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja PLP mahasiswa Pendidikan Ekonomi secara parsial serta secara simultan.

Kata Kunci


Efikasi Diri; Kinerja Pengenalan Lapangan Persekolahan; Pedagogical Knowledge

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Allo, E. L., Permanasari, A., Wiji, W., & Redjeki, S. (2021). Strengthening Pedagogical Content Knowledge of Prospective Chemistry Teacher: Metacognitive Based Preparation Program for Students’ Self-Efficacy. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 6(1), 93-108. https://doi.org/10.30870/educhemia. v6i1.9113

Alvarez-Risco, A., Del-Aguila-Arcentales, S., Rosen, M. A., & Yáñez, J. A. (2022). Social Cognitive Theory to Assess the Intention to Participate in the Facebook Metaverse by Citizens in Peru During the Covid-19 Pandemic. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 8(3), 1-14. https://doi.org/ 10.3390/joitmc8030142

Antika, L. T., & Haikal, M. (2019). Keterampilan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Biologi: Analisis Berbasis Gender. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(2), 101–107. https://doi.org/ 10.31932/jpbio.v4i2.524

Aslamiyah, S., Lahmuddin, & Effendy, S. (2020). Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Taman Kanak Kanak di Kecamatan Medan Area. Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 2(2), 143–152. http://jurnalmahasiswa. uma.ac.id/index.php/tabularasa

Corsi, M., Zacchia, G., & Zuazu, I. (2021). Intersectional Gaps in Self-Efficacy Among Post-Graduate Students in International Renewable-Energy Programs: The Role of Maternal Employment. Social Sciences, 10(7), 1–14. https://doi.org/10.3390/ socsci10070242

Dadvand, B., & Behzadpoor, F. (2020). Pedagogical Knowledge in English Language Teaching: A Lifelong-Learning, Complex-System Perspective. London Review of Education, 18(1), 107–125. https://doi.org/10.18546/LRE.18.1.08

Handayani, Sunarto, & Bakti, I. S. (2022). The Influence of Pedagogical Competence and Self-Efficacy on Teacher Performance Moderated by Academic Supervision. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 5(2), 101–110. https://doi.org/http://dx.doi.org/ 10.24014/ijiem.v5i2.16434

Hardianti, E., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Pengenalan Lapangan Persekolahan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(1), 95–103. https://doi.org/10.26740/ jpak.v9n1.p95-103

Indriani, L. P., Hasyim, S. H., & Azis, F. (2023). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional terhadap Kinerja Pengenalan Lapangan Persekolahan pada Mahasiswa di Universitas Negeri Makassar. Pinisi Journal Of Education, 3(4), 16–23. https://ojs.unm.ac.id/ PJE/article/view/48093

Irdalisa, Elvianasti, M., Maesaroh, & Yarza, H. N. (2021). Correlation Between General Pedagogy Knowledge (GPK) and Teaching Practice with Self Efficacy Pre-Service Biology Teacher. J Pedagogi Hayati, 5(2), 41–46. https://ojs. umrah.ac.id/index.php/pedagogihayati/article/ download/3887/1580

Izzah, N., Nas, S., & Haryana, G. (2022). Pengaruh Efikasi Diri terhadap Kinerja Mengajar Mahasiswa PLP Mitra Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Riau. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2800–2809. https://doi.org/10.31004/ jptam.v6i1.3190

Kanapathipillai, K., Shaari, A. B., & Mahbob, N. N. (2021). The Influence of Self-Efficacy on Job Performance of Employees in the Online Retail Sector in Malaysia – The Mediating Effect of Innovative Behaviour. European Journal of Human Resource Management Studies, 5(3), 85–111. https://doi.org/10.46827/ejhrms.v5i3.1188

Kusumaningtyas, D. I., Kumalasani, M. P., & Maulidia, V. N. (2022). Keterampilan Pengelolaan Kelas Mahasiswa PGSD pada Praktik Mengajar di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 10(2), 186–201. https://doi.org/10.22219/ jp2sd.v10i2.22926

Mubarok, R. (2020). Model Pengelolaan Praktik Pengalaman Lapangan pada Masa Pandemi. Journal of Islamic Education Management, 5(2), 147–160. https://doi.org/10.24256/ kelola.v5i2.1600

Novrianto, R., Marettih, A. K. E., & Wahyudi, H. (2019). Validitas Konstruk Instrumen General Self Efficacy Scale Versi Indonesia. Jurnal Psikologi, 15(1), 1–9. https://doi.org/http://dx.doi.org/ 10.24014/jp.v14i2.6943

Octoria, D., Ganendra, A., & Arandari, N. A. W. (2023). Pengaruh Pedagogical Knowledge terhadap Kinerja Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru dengan Moderasi Communication Skills. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(4), 2855–2868. https://doi.org/10.30868/ ei.v12i04.5084

Solihat, A. N., & Nurdianti, R. R. S. (2020). Analisis Pengaruh Pedagogical Content Knowledge Terhadap Teaching Efficacy Calon Guru. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 8(2), 121-128. https://doi.org/10.26740/jepk.v8n2.p121-128

Sudargini, Y., & Purwanto, A. (2020). The Effect of Teachers Pedagogic Competency on the Learning Outcomes of Students. Journal of Industrial Engineering & Management Research (Jiemar), 1(4), 1-8. https://doi.org/10.7777/jiemar

Wafa, M. A., & Kusmuriyanto. (2020). Peran Praktik Pengalaman Lapangan dalam Memediasi Pengaruh Self Efficacy dan Penguasaan MKDK terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 584–600. https://doi.org/10.15294/ eeaj.v9i1.39466




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i3.15565

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##