IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER K.H MOH ILYAS RUHIAT DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI SMA PGRI 43 SINGAPARNA
Rasyiiqah Nadira Salsabiila, Yadi Kusmayadi, Dewi Ratih
Sari
Pendidikan adalah proses mengajar orang supaya mereka dapat berpikir secara logis dan lebih bijaksana dalam bertindak. Oleh karena itu, Pendidikan dapat dianggap sebagai cara yang paling penting untuk mewujudkan nilai-nilai bangsa. Dalam hal ini, Pendidikan Sejarah juga termasuk pengajaran normatif karena tujuannya didasarkan pada nilai dan makna yang sesuai dengan tujuan Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai karakter K.H Moh Ilyas Ruhiat dalam pembelajaran Sejarah. Metode yang digunakan yaitu menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus. Pengumpulan data melalui observasi ke lingkungan Pondok Pesantren Cipasung dan ke sekolah SMA PGRI 43 Singaparna, kemudian wawancara dilakukan dengan admin pondok pesantren, keluarga dari K.H Moh Ilyas Ruhiat, Kepala Sekolah SMA PGRI 43 Singaparna, Wakasek Kurikulum, guru Sejarah dan siswa SMA PGRI 43 Singaparna. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil dari penelitian ini adalah biografi dan nilai-nilai karakter K.H Moh Ilyas Ruhiat diantaranya sikap mandiri, religius, bekerja keras, disiplin, demokratis dan beliau sangat gemar membaca. Implementasi nilai-nilai karakter K.H Moh Ilyas Ruhiat dalam pembelajaran Sejarah dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan dengan menggabungkan materi Pelajaran Sejarah berbasis nilai-nilai karakter tokoh Sejarah lokal yang dapat diimplementasikan pada kehidupan sehafri-hari. Dari hasil pembelajaran Sejarah melalui implementtasi nilai-nilai karakter K.H Moh Ilyas Ruhiat dapat bermanfaat bagi peserta didik dalam membentuk kepribadian yang lebih baik lagi.
Kata Kunci
Kata Kunci:Nilai-Nilai Karakter, Pembelajaran Sejarah, K.H Moh Ilyas Ruhiat
Referensi
Triana, A. L. (2022, March 20). Sejarah Perkembangan Pesantren Cipasung dari Masa ke Masa. NU Online.
Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3), 464–468.
Alfian, M. (2011). Pendidikan Sejarah Dan Permasalahan Yang Dihadapi. Journal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 1–8.
Mustari, M. (2011). Nilai karakter: Refleksi untuk pendidikan karakter. Laksbang Pressindo.
DOI:
http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i3.15595
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##