PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Dini Indiarti, Rizka Andhika Putra

Sari


Rendahnya hasil belajar disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya penggunaan metode pembelajaran yang belum optimal. Menyikapi permasalahan tersebut penulis menerapkan metode pembelajaran scramble di kelas eksperimen dan metode konvensional di kelas control. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran scramble pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen; 2) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas control; 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran scramble dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen desain dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik analisis data menggunakan uji t dan uji N-Gain. Dari hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran scramble  pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas eksperimen; 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest) di kelas kontrol; 3) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran scramble dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest).

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Lufri, dkk. 2020. Metodologi Pembelajaran: Strategi pendekatan, model, metode pembelajaran. Malang: CV IRDH

Mirdanda, A. 2018. Motivasi Berprestasi dan Disiplin Peserta Didik. Kalimantan Barat:Yudha English Gallery.

Mulyono, N.2015. Kurikulum & Pembelajaran. Bandung: Rizqy Press.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta.

Sumber Jurnal

Pasaribu, C. A. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar Subtema Manfaat Energi di Kelas IV SD Negeri 098166 Perumnas Batu 6. Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI), 1(3), 18-27. https://jurnal.migascentral.com/index.php/p3ji/article/view/42/39 Diakses pada 15 Februari 2024.

Prihatini, E. 2017. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2). https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/1831/1460 Diakses pada 15 Februari 2024.

Putri, dkk, 2019 . Penerepan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 13 Kota Bengkulu. Jurnal penelitian pembelajaran matematika sekolah, 3 (2) 172-179. https://core.ac.uk/download/pdf/304205577.pdf Diakses pada 18 Februari 2024.

Sari, P. I. 2018. Perbandingan Penggunaan Model Pembelajaran Scramble dan Probing Promting Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 6 Kota Jambi. ISTORIA: Jurnal ilmiah pendidikan sejarah universitas Batanghari, 2(1), 114-127. http://istoria.unbari.ac.id/index.php/OJSISTORIA/article/view/23 Diakses pada 18 Maret 2024.

Skripsi

Fajriah, D. U. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Ciamis: Universitas Galuh.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i3.15623

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##