Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Berbantuan Quizizz Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Karanganyar

Hani Wulan Amartia, Soetarno Joyoatmojo

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan quizizz terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI SMAN 1 Karanganyar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI. F11 SMAN 1 Karanganyar yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI berbantuan quizizz dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Peningkatan keaktifan belajar siswa dapat dilihat dari siklus I sebesar 45,71% dan siklus II sebesar 79,41%. Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan quizizz dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI SMAN 1 Karanganyar.

Kata Kunci


Keaktifan Belajar, Team Assisted Individualization, Pembelajaran Kooperatif, Quizizz

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah. (2017). Pendekatan dan model pembelajaran yang mengaktifkan siswa. Edureligia, 1(1), 45–62. https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.45

Göksün, O. D., & Gürsoy, G. (2019). Comparing success and engagement in gamified learning experiences via Kahoot and quizizz. Computers and Education, 135(3), 15–29. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.02.015

Johanna, A., Avinash, B., & Bevoor. (2023). Small group discussion method to increase learning activity: Its implementation in education. International Journal of Educational Narratives, 1(1), 18–21. https://doi.org/10.55849/ijen.v1i1.237

Kharis, A. (2019). Upaya peningkatan keaktifan siswa melalui model pembelajaran picture and picture berbasis IT pada tematik. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 173–180. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19387

Maison, M., Kurniawan, D. A., & Pratiwi, N. I. S. (2020). Pendidikan sains di sekolah menengah pertama perkotaan: Bagaimana sikap dan keaktifan belajar siswa terhadap sains? Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2), 135–145. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i2.32425

Mulyasa. (2017). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Ningsih, A. (2018). Pengaruh keaktifan siswa terhadap hasil belajar ekonomi kelas X di SMAN 2 Gunung Sahilan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR, 6(2), 157–163. https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/2746

Rahmawati, D. F., Erviana, L., & Al Fath, A. M. (2021). Analisis keaktifan belajar siswa menggunakan media quizizz di masa pandemi. Scholarly Journal of Elementary School, 1(1), 1–7. https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/sjes/article/view/744

Riduwan. (2016). Dasar-dasar statistika. Bandung: Alfabeta.

Taguinod, A. M., & Ching, D. (2023). Effectiveness of team assisted individualization as a teaching approach. International Journal of Educational Management and Development Studies, 4(4), 216–240. https://doi.org/10.53378/353032

Tinungki, G. M. (2015). The role of cooperative learning type team assisted individualization to improve the students’ mathematics communication ability in the subject of probability theory. Journal of Education and Practice, 6(32), 27–31.

Trianto. (2012). Panduan lengkap penelitian tindakan kelas (classroom action research) teori dan praktik. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Widodo, S., & Wardani, R. K. (2020). Mengajarkan keterampilan Abad 21 4C di sekolah dasar. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 185–197. https://doi.org/10.69896/modeling.v7i2.665

Wihartanti, A. R. (2022). Partisipasi peserta didik dalam pembelajaran bahasa inggris di sekolah Ddasar pada blended learning. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 367–377. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2130

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Yuh, A. H., & Thamrongsotthisakul, W. (2020). The concept of active learning in the 21th century: Who is “‘active’” in active learning? The Golden Teak: Humanity and Social Science Journal, 26(2), 91–99.

Zhao, F. (2019). Using quizizz to integrate fun multiplayer activity in the accounting classroom. International Journal of Higher Education, 8(1), 37–43. https://doi.org/10.5430/ijhe.v8n1p37




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i3.15630

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##