ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA PADA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN V DI SMP IT ASSAEFIYAH

Efri Fitriansah, Yoyon Sutresna, Giena Sitha Supriatna

Sari

Setiap siswa dituntut untuk memiliki kemampuan literasi dan numerasi namun cara setiap pengajar memiliki perbedaan dalam memberikan pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa melalui Program Kampus Mengajar Angkatan V di SMP IT Assaefiyah. Program ini merupakan bagian dari upaya peningkatan kualitas pendidikan dengan melibatkan mahasiswa sebagai pengajar di sekolah-sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif, didukung oleh data kuantitatif dari hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam kemampuan literasi dan numerasi siswa setelah mengikuti program ini. Faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan ini meliputi metode pengajaran yang inovatif, penggunaan teknologi dalam pembelajaran, dan keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar. Program ini juga membantu meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan analitis siswa. Kesimpulannya, Program Kampus Mengajar Angkatan V di SMP IT Assaefiyah berhasil meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa, serta memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswaKata Kunci: Literasi, Numerasi, Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi, Kampus Mengajar

Kata Kunci

Literasi; Numerasi; Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi; Kampus Mengajar

Referensi

Admin Sevima. (2020). Pengertian Literasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Prinsip.

https://sevima.com/pengertian-literasi-menurut-para-ahli-tujuan-manfaat-jenis-dan prinsip/

Darwanto (2021) ‘Penguatan Literasi, Numerasi, dan Adaptasi Teknologi’, Jurnal Eksponen, 11, pp.

–35.

Fachri, M., Rozi, F., & Putri, N. F,. 2023. Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa Melalui

Manajemen Pembelajaran. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2) : 1055 – 1068

Firdaus, F., & Septiady, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi di Sekolah 3T

(Tertinggal, Terluar, Terdepan). Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Teknologi, 1(2), 213–220.

Kemendikbud (2017) ‘Panduan Pelaksanaan Gerakan Literasi Nasional’, Jurnal Pendidikan: Teori,

Penelitian, dan Pengembangan [Preprint]. Available at:

https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.12989.

Khamidah, Nur & Azizah, Dewi. 2023. Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa melalui

Penyelesaian Soal AKM di Kelas XI SMK Gondang Wonopringgo. PROSIDING SANTIKA 2:

SEMINAR NASIONAL TADRIS MATEMATIKA UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID

PEKALONGAN. 232-252.).

Madjid, I.N. (2019). Penerapan Literasi Sains Selas IV SDN Pandawangi 3 Malang. Skripsi. Malang:

Universitas Muhammadiyah Malang.

M, Abduh. (2020). Peningkatan Kompetensi Peserta Didik Melalui AKM (Asesmen Kompetensi

Minimum). Webimar Lembaga Komite Nasional (LKSN).

Mustari Lamada, Edi Suhardi Rahman, dan Herawati, “Analisis Kemampuan Literasi Siswa SMK

Negeri di Kota Makassar”, Jurnal Media Komunikasi Pendikan Teknologi dan Kejuruan, Vol.

, No. 1, 2019, h. 38.

Nurul Nuzulia, Abd Gafur, Pengembangan Buku Latihan Berbasis Asesmen Kompetensi Minimum

(AKM) Untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa di SDN Janti 02 Sidoarjo, Journal

of Islamic Elementary School, (2022).

Patriana, D. W., Sutama, & Wulandari, D. M. (2021). Pembudayaan Literasi Numerasi untuk

Asesmen Kompetensi Minimum dalam Kegiatan Kurikuler pada Sekolah Dasar

Muhammadiyah. Jurnal Basicedu, 5(5), 3413–3430.

Rachman, A. B., Firdaus, S. F., Mufidah, L. N., Sadiyah, M., & Sari, N.I. (2021) ‘Peningkatan

Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar

Angkatan 2’, Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), pp. 1535–1541.

Available at: https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8589.

Riyanda, A. R., Herlina, K., & Wicaksono, B. A. (2020). Evaluasi Implementasi Sistem Pembelajaran

Daring Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Ikra-Ith Humaniora:

Jurnal Sosial Dan Humaniora, 4(1), 66–71.

Rosita, D. A., & Damayanti, R. (2021). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Perintis Pada

Sekolah Dasar Terdampak Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan,

(1), 42–49. Https://Doi.Org/10.37478/Jpm.V2i1.852

Siti Nur Azizah, “Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Pada Peserta Didik Kelas V Dalam

Menyelesaikan Soal AKM SD N 01 Kemantran Kecamatan Keramat”. Skripsi, Tegal

Santika, I.W.E. (2020) ‘Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring’, Indonesian Values and

Character Education Journal, 3(1), pp. 8–19.

Sari, E. S., & Pujiono, S. (2017). Budaya Literasi di Kalangan Mahasisa FBS UNY. LITERA, 105-

Siskawati, F. S., Chandra, F. E., & Irawati, T. N. (2021). Profil Kemampuan Literasi Numerasi di

Masa Pandemi Cov-19. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 253-261.

Sugiyono (2014) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

ALFABETA.

Sugiyono (2017) Metodologi Penelitian Kualitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta Bandung.

Sudianto., Jamahsyari, F. Y., Hendayana, F. A., Fauziyah, I., & Pebrianti, U. Y. (2023) ‘Peningkatan

Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar

Angkatan 2’, Saniskala : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), pp. 15–21.

Tim Program Kampus Mengajar (2023) ‘Buku Panduan Kampus Mengajar Angkatan 5. Program

Kampus Mengajar. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknolog’, p. 68.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.