PERENCANAAN PEMBELAJARAN BANGUN RUANG DIMENSI TIGA UNTUK PESERTA DIDIK SMK DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PEMBUATAN BANANA CAKE

Wanda Afifah Juliyani, Ai Tusi Fatimah, Euis Erlin

Sari

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi perencanaan pembelajaran berbasis proyek pembuatan Banana Cake bagi peserta didik SMK Agribisnis konsentrasi keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) pada topik bangun ruang dimensi tiga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang terkumpul diperoleh dari analisis dokumen pembelajaran diantaranya: CP Matematika Tingkat Lanjut Fase F dan CP Mata Pelajaran APHP Fase F, PERMENDIKBUDRISTEK  RI NO 16 TAHUN 2022, Kurikulum 2013, dan Kurikulum Merdeka kemudian wawancara terhadap  guru matematika dan guru produktif pada salahsatu SMK Agribisnis di kabupaten Ciamis. Analisis data mengacu pada Algozzine dan Hancock dirumuskan dalam 7 tahapan diataranya Identify research question, Determine analytic categories, Read data and establish grounded categories, Determine criteria of selecting for sorting data, Sorting the data into various categories, Review textual materials as sorted into various categories, Consiers the patterns of relevant literature of theory; your finding; the extant literature on subject. Hasil dari penelitian ini merupakan deskripsi hasil rancangan kegiatan pembelajaran berbasis proyek pembuatan Banana Cake bagi pesert didik SMK Agribisnis konsentrasi keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) pada topik bangun ruang dimensi tiga.

Kata Kunci

Perencanaan pembelajaran; PjBL; SMK Agribisnis

Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.