PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DENGAN MENGGUNAKAN KINEMASTER

Indah Resti Ayuni Suri, Mujib Mujib, Lusiana Lusiana

Sari


Learning media is a means to facilitate learning process activities, especially mathematics learning. This research aims to develop animated video-based mathematics learning media using Kinemaster, then find out its attractiveness and influence on the ability to understand mathematical concepts. This research and development uses the research and development (R&D) method with the ADDIE development model, namely Analysis, Design , Development , Implementation, and Evaluation . Data collection techniques using questionnaires and tests. This learning media was declared valid based on validators with a score of 81%, which means it is very valid. For understanding the concept, students received an average score of 61% in the good category. The attractiveness of the animated video can be seen based on the questionnaire given to students. the teacher response questionnaire received a score of 84.5% (very good), and the student response questionnaire obtained a score of 75% (good). Animation video-based learning media is suitable for use and can be used as a learning resource. 

Kata Kunci


Learning Media, Kinemaster , ability to understand mathematical concepts

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andini, Dita. 2018. “Pengembangan Media Animasi Menggunakan Macromedia Flash Berbasis Pemahaman Konsep Peserta Didik Pokok Bahasan Persegi Dan Persegi Panjang.” Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika.

Arifin, Zaenal. 2017. “Kriteria Instrumen Dalam Suatu Penelitian.” Jurnal Theorems (The Original Research Of Mathematics) 2 (1): 28–36.

Azhar Arsyad. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Cahyani, Fitriani Dwi. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi.” Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan 4 (1): 1–2.

Defi, An Nuur, And Delsina Faiza. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Elektronika.” Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika) 9 (2): 112.

Dkk, Esti Yuli Widayanti And. 2009. Pembelajaran Matematika Mi. Surabaya: Aprinta.

Farida. 2015. “Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Melalui Pembelajaran Berbasis Vcd;” Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 6 (1): 25–32.

Hikmah, Vela Nur, And Iin Purnamasari. 2017. “Pengembangan Video Animasi ‘Bang Dasi’ Berbasis Aplikasi Camtasia Pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasar.” Pengembangan Video Animasi “Bang Dasi” Berbasis Aplikasi Camtasia Pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasar 4 (2): 182–91.

Ibrahim, Muslimin. 2002. Pembelajaran Koperatif. Surabaya: Unesa Pres.

Khaira, Hafizatul, Program Pascasarjana, And Universitas Negeri Medan. 2020. “Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster Sebagai,” 39–44.

“Kinemaster.” N.D. Id.M.Wikipedia.Org/Wiki/Kinemaster.

Mardiah. 2019. “Tujuan Pendidikan Dalam Al-Qur’an.” Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam 4 (1): 90–107. Https://Doi.Org/10.46963/Alliqo.V4i1.18.

Muhson, Ali. 2010. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 8 (2): 4. Https://Doi.Org/10.21831/Jpai.V8i2.949.

Mujib. 2016. “Mengembangkan Kemampuan Berfikir Kritis Melalui Metode Pembelajaran Improve.” Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 7 (2): 167–80.

Novitasari, Dian. 2016. “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa.” Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 2 (2): 8. Https://Doi.Org/10.24853/Fbc.2.2.8-18.

Nunuk Suryani, Achmad Septiawan, Aditin Putria. 2018. Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prof.Dr.Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Purwanto. 1994. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahman, Fadhlur. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Model Borg And Gall Untuk Siswa Smp Kelas Viii Smp.” Http://Eprintis.Umm.Ac.Id.

Rasyad, Prof. Dr. H. Aminuddin. 2003. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Uhamka Press.

Rusman, Deni Kurniawan, Cepi Riyana. 2015. Pembelajaan Berbasis Teknologi Indormasi Dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Sari, Risky Melina. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Movie Makae Kelas X Sma.” Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika.

Sugiyono. 2010. Statistik Untuk Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sutjipto, Kustandi. 2011. Media Pembelajaran Manual Dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Undang-Undang Ri. 2003. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,” No. 76: 147–73.

Wahyudi Zarkasyi, Kurnia Eka Lestari, Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Pt Refika Aditama.

Wina Sanjaya. 2013. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana Pradana Media Grup.

Yuni, Isnaeni. 2022. “Wawancara Dengan Pendidik.”




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i3.15925

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##