Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis P5 di Kelas IV SDN Kaligawe Kota Semarang

Distia Hilma Damayanti, Sukamto Sukamto, Husni Wahyudin, Sunarti Sunarti

Sari


Penelitian ini sebagai relasi untuk mendapatkan data secara lansung terkait pembelajaran berdiferensiasi berbasis P5 terhadap anak usia dini di lingkup sekolah dasar dan merealisasikan dengan bentuk artikel. Dari penelitian ini pembelajaran berdiferensiasi yang sudah ditetapkan Pendidikan di Indonesia melalui Kurikulum Merdeka dan dalam pembelajaran tersebut harus ada P5 yakni Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik analisis data dalam penelitian ini digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, di mana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data yang dilakukan secara triangulasi (observasi, wawancara, angket dan dokumentasi). Subjek pada penelitian ini adalah sampel peserta didik kelas V berjumlah 4 peserta didik dan wali kelas IV sebagai informan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran berdiferensiasi berbasis P5 di kelas IV SDN Kaligawe Kota Semarang.Berdasarkan hasil penelitian yang sudah berlangsung selama proses KBM peneliti mendapatkan hasil yang menyatakan bahwa peserta didik melalui guru kelas IV di SDN Kaligawe Kota Semarang sudah menerapkan dengan baik pembelajaran berdiferensiasi berbasis P5 pada saat pembelajaran dan setelah penelitian yang berjudul Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis P5 di Kelas IV SDN Kaligawe Kota Semarang ini diharapkan bisa berjalan kedepannya dan meluas di semua kelas serta pihak sekolah menjadikan menjadi literasi pembelajaran sesuai dengan Kurikulum Merdeka yang sudah berjalan di lingkup Pendidikan di Indonesia.

Kata Kunci


Pembelajaran, Berdiferensiasi, P5

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arhinza, A., Sukardi, S., & Murjainah, M. (2023). Analisis Pembelajaran Diferensiasi Berbasis P5 pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Journal on Education, 6(1), 6518–6528. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3873

Arifudin, O., Sofyan, Y., Sadarman, B., & Tanjung, R. (2020). Peranan Konseling Dosen Wali dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 10(2), 237–242. https://doi.org/10.29080/jbki.2020.10.2.237-242

Deunk, M. I., Smale-Jacobse, A. E., de Boer, H., Doolaard, S., & Bosker, R. J. (2018). Effective differentiation Practices:A systematic review and meta-analysis of studies on the cognitive effects of differentiation practices in primary education. Educational Research Review, 24(December 2017), 31–54. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2018.02.002

Diah Ayu Saraswati, Diva Novi Sandrian, Indah Nazulfah, Nurmanita Tanzil Abida, Nurul Azmina, Riza Indriyani, & Septionita Suryaningsih. (2022). Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Kota Tangerang sebagai Penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 185–191. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.578

Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250–258. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i3.41249

Ibad, W. (2022). Penerapan Profil Pelajar Pancasila Di Tingkat Sekolah Dasar. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School JIEES, 3(2), 84–94.

Jodi, A. S., Masfuah, S., & Bakhruddin, A. (2023). Analisis Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sdn 4 Puyoh. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 59–68. https://doi.org/10.33366/ilg.v6i1.4946

Kholidah, L. N., Winaryo, I., & Inriyani, Y. (2022). Evaluasi Program Kegiatan P5 Kearifan Lokal Fase D di Sekolah Menengah Pertama. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 7569–7577. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.4177

Rizky Satria, P. A., Sekar, W. K., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, 138.

Smale-Jacobse, A. E., Meijer, A., Helms-Lorenz, M., & Maulana, R. (2019). Differentiated Instruction in Secondary Education: A Systematic Review of Research Evidence. Frontiers in Psychology, 10(November). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.02366

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukamto, Nada, J., & Roshayanti, F. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Perkembangan Teknologi Kelas 3 SD Islam Al Madina. 7(2011), 8853–8861.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i3.16003

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##