PENGARUH LATIHAN TAKTIK TERHADAP KEMAMPUAN AKURASI PASSING PADA CABANG OLAHRAGA FUTSAL

Vijay Sukmawan Ramdani, Andang Rohendi, Ruli Sugiawardana

Sari

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan latihan taktik terhadap kemampuan akurasi passing peserta ekstrakurikuler futsal di Mts Purwadadi. Populasi yang digunakan adalah 35 siswa ekstrakurikuler futsal MTs Purwadadi. Dalam penelitian ini, 20 siswa diambil sampel menggunakan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Dalam penelitian ini, tes digunakan untuk mengumpulkan data. Penelitian ini menggunakan modifikasi tes mengoperkan bola rendah dan uji-t untuk menganalisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan passing peserta ekstrakurikuler futsal di Mts Purwadadi sangat dipengaruhi oleh pendekatan taktik latihan. Terjadi perbedaan rata-rata sebesar 1,35, dengan rerata pretest sebesar 6,35 dan rerata posttest sebesar 7,7, menunjukkan peningkatan sebesar 21,25% dibandingkan dengan sebelum latihan pendekatan taktik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Arikunto. S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto. S. (2017). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asriady Mulyono, M. (2017). Buku Pintar Futsal, Jakarta : Anugrah.

Agustinus Doni Prasetyo. (2011). Perbedaan Ketepatan Shooting dengan Punggung Kaki dan Ujung Kaki Siswa Ekstrakurikuler Futsal SMA BOPKRI 2 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: FIK UNY.

Anas Sudijono. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Andri Irawan, (2020). Futsal Coaching Manual. Jakarta

Asmar Jaya. (2008). Futsal Gaya Hidup, Peraturan, dan Tips-Tips Permainan. Yogyakarta. Pustaka Timur.

Giriwijoyo Santoso YS, 2013, ‘Pengaruh Metode Latihan dan Power Otot Lengan terhadap Hasil Tolak Peluru, Journal of Physical Education and Sports, vol.6, no.1.

Justinus Lhaksana. (2012). Taktik dan Strategi Futsal Modern. Jakarta: Be Champion.

Mikanda Rahmani. (2014). Buku Super Lengkap Olahraga. Jakarta: Dunia Cerdas.

Muhammad Asriady Mulyono. (2014). Buku Pintar Panduan Futsal. Jakarta: Laskar Aksara.

Nur Sita dan Soni Nopembri. (2011). Pandangan Guru Pendidikan Jasmani SMA terhadap Penerapan Model Pembelajaran Teaching Games for Understanding. Jurnal FIK (Nomor 8 tahun 2011). Hlm. 48-53.

Rohinah M. Noor. (2012). The Hidden Curriculum Membangun Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Yogyakarta: Insan Madani

Saryono dan Agus Susworo. (2019). Tes Futsal FIK Yogyakarta. Yogyakarta: FIK

UNY.

Soni Nopembri dan Saryono. (2017). Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Fokus pada Pendekatan Taktik. Yogyakarta: FIK UNY.

Subagyo Irianto. (2010). Pedoman Pelaksanaan Pengembangan Tes Kecakapan“David Lee” untuk Sekolah Sepakbola (SSB) Kelompok Umur 14- 15 Tahun. Yogyakarta: FIK UNY.

Sukadiyanto dan Dangsina. (2011). Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Bandung: Lubuk Agung.

Suryosubroto. (2002). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tri Ani Hastuti. (2008). Kontribusi Ekstrakurikuler Bolabasket Terhadap Pembibitan Atlet dan Peningkatan Kesegaran Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia (Voleme 4, Nomer 1). Hlm. 63-69.

Triyudho, R., Syafrial, & Sugiyanto. 2017. Meningkatkan Pembelajaran Teknik Shooting Dalam Permainan Sepakbola Menggunakan Model Pembelajaran Team Games Tournament Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Kabawetan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 1 (1), 44–49.

Tenang. 2018. Mahir Bermain Futsal. Bandung. PT. Mizan Pustaka.

Tjaliek Sugiardo. (1991). Fisiologi Olahraga. Yogyakarta: FPOK IKIP Yogyakarta

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.