PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF CONCEPT SISWA
Arsita Aulia Oktaviani, Ida Nuraida, Lala Nailah Zamnah
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe StudentTeam Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan koneksi matematis dan konsep diri (selfconcept) siswa. Koneksi matematis merupakan salah satu kemampuan penting dalam pembelajaranmatematika yang membantu siswa mengaitkan berbagai konsep dan menerapkannya dalamkehidupan sehari-hari. Di sisi lain, konsep diri (self-concept) siswa yang positif dapat memengaruhimotivasi dan kinerja belajar, khususnya dalam mata pelajaran yang menantang seperti matematika.Model STAD, yang mengutamakan kerja sama tim dan tanggung jawab individu dalam kelompok,diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi matematika serta memperkuatkonsep diri (self-concept) mereka. Melalui desain eksperimen, penelitian ini melibatkan duakelompok siswa, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan model STAD dan kelompok kontroldengan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar denganmodel STAD memiliki peningkatan yang signifikan dalam kemampuan koneksi matematis dankonsep diri (self-concept) dibandingkan dengan kelompok kontrol. Dengan demikian, modelpembelajaran kooperatif STAD terbukti efektif dalam mendukung pembelajaran matematika yanglebih bermakna dan meningkatkan keterlibatan serta kepercayaan diri siswa dalam proses belajar.
Kata Kunci
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Kemampuan Koneksi Matematis, Self Concept
Referensi
Ayodele, O. J. (2011). Self-concept and Performance of Secondary School Students in Mathematics. Journal of Educational and Developmental Psychology, 1(1), 176–183. https://doi.org/10.5539/jedp.v1n1p176
Junaedi, J., Nuraida, I., & Zamnah, L. N. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. 4(2), 706–714.
Kenedi, A. K., Hendri, S., Ladiva, H. B., & Nelliarti. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Numeracy, 5(2), 226–235.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58– 67.
Sugiono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Warta, I. W., & Natajaya, N. (2013). Terhadap prestasi belajar Ips ditinjau dari konsep diri akademik siswa kelas VIII SMPN 3 sukawati. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 1–11.