ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA SOAL CERITA MATERI BANGUN DATAR

Dian Saputri, Lala Nailah Zamnah, Angra Meta Ruswana

Sari

Kemampuan komunikasi matematis adalah keterampilan menyampaikan dan menjelaskan ide matematika kepada orang lain, baik secara lisan maupun tulisan, menggunakan simbol, grafik, diagram, notasi, dan lambang matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita, yang ditentukan oleh indikator yang dimiliki siswa dan megetahui apa faktor yang bisa mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Instrument yang digunakan meliputi tes tertulis dan wawancara sesuai indikator kemampuan komunikasi matematis, selain itu juga dengan observasi dan dokumentasi.  Adapun hasil analisis bahwa subjek dengan tingkat kemampuan tinggi mampu memenuhi seluruh indikator kemampuan komunikasi matematis, subjek dengan tingkat kemampuan sedang hanya mencapai indikator drawing dan written text, sedangkan pada tingkat kemampuan rendah belum mampu memenuhi seluruh indikator. Faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi berdasarkan tingkat kemampuannya terlihat dari metode yang guru berikan untuk menyelesaikan soal cerita, pengalaman siswa dalam menyelesaikan soal cerita, pemahaman rumus yang tepat sesuai dengan soal, pemahaman apa yang ditanyakan pada soal, serta karakter siswa pada saat kegiatan pembelajaran.

Kata Kunci

Kemampuan Komunikasi Matematis; Soal Cerita; Bangun Datar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Ariestina, M. P., Yunarti, T., & Sutiarso, S. (2014). Analisis kesulitan siswa kelas viii dalam menyelesaikan soal cerita matematika. 19(2).

Dianti, A. P., Amaliyah, A., & Puspita Rini, C. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas Iv Sd Negeri Petir 4 Kota Tangerang. Berajah Journal, 2(1), 16–24. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.44

Hikmawati, N. N., Nurcahyono, N. A., & Balkist, P. S. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Kubus Dan Balok. Prisma, 8(1),

https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.648

Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 77–86. https://doi.org/10.51836/je.v5i1.116

Losi, N. T., Mukhtar, M., & Rajagukguk, W. (2021). Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang diajar Menggunakan Model Problem Based Learning dan Guided Discovery Learning Berbantuan Geogebra ditinjau dari Gender. Paradikma:Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 88–95. https://doi.org/10.24114/paradikma.v14i1.27136

Mudayanah. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar di SD Islam Al Gaffar Dau Malang. Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat.

Nashihah, U. H. (2020). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Pendekatan Saintifik: Sebuah Perspektif. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(2),

https://doi.org/10.21043/jmtk.v3i2.8578

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics (Vol. 29, Issue 5). The National Council of Teacher Mathematics inc. https://doi.org/10.5951/at.29.5.0059

Palino, N. S., & IKMAN. (2015). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 2(1), 91–106.

Rachmayani, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Kominikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Unsika.

Solihah, S., Amam, A., & Zakiah, N. E. (2021). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Serta Self Confidence Siswa Sengan Menggunakan Model Brain-Based Learning. 6(1), 52–58.

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621

Yulianto. (2018). Desain Soft Skills Pembelajaran Matematika Berbasis Model Generatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Lampung.

Yulyantika, H., Syaban, M., & Ridha, M. . (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Number Heads Together Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 4(1), 19–28.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.