ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA SOAL CERITA MATERI BANGUN DATAR
Sari
Kemampuan komunikasi matematis adalah keterampilan menyampaikan dan menjelaskan ide matematika kepada orang lain, baik secara lisan maupun tulisan, menggunakan simbol, grafik, diagram, notasi, dan lambang matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita, yang ditentukan oleh indikator yang dimiliki siswa dan megetahui apa faktor yang bisa mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Instrument yang digunakan meliputi tes tertulis dan wawancara sesuai indikator kemampuan komunikasi matematis, selain itu juga dengan observasi dan dokumentasi. Adapun hasil analisis bahwa subjek dengan tingkat kemampuan tinggi mampu memenuhi seluruh indikator kemampuan komunikasi matematis, subjek dengan tingkat kemampuan sedang hanya mencapai indikator drawing dan written text, sedangkan pada tingkat kemampuan rendah belum mampu memenuhi seluruh indikator. Faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi berdasarkan tingkat kemampuannya terlihat dari metode yang guru berikan untuk menyelesaikan soal cerita, pengalaman siswa dalam menyelesaikan soal cerita, pemahaman rumus yang tepat sesuai dengan soal, pemahaman apa yang ditanyakan pada soal, serta karakter siswa pada saat kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci
Kemampuan Komunikasi Matematis; Soal Cerita; Bangun Datar
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.