PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 SUKOHARJO

Andreas Handika Setiawan, Soetarno Joyoatmojo

Sari

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan media audiovisual. Subjek untuk penelitian adalah siswa kelas X5 yang berjumlah 36 siswa di SMA Negeri 3 Sukoharjo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dilihat dari indikator kinerja penelitian  pada hasil observasi pratindakan diperoleh bahwa hanya terdapat 4 siswa atau sebesar 11,4% dari total siswa di dalam kelas yang mendapatkan skor ≥71,50% atau lebih dari atau sama dengan tinggi. Pada siklus I terjadi peningkatan menjadi 11 siswa atau sebesar 30,56% dari total siswa di dalam kelas. Pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa menjadi 28 siswa atau sebesar 77,78% dari total siswa dalam kelas. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X Sma negeri 3 Sukoharjo.

Kata Kunci

Model pembelajaran; Problem based learning; Audiovisual; Berpikir kritis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Agnafia, D. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya.

Ali, S. S. (2019). Problem based learning: A student-centered approach: English language teaching.

Anggraeni, D., Prahani, B., Suprapto, N., Shofiyah, N., & Jatmiko, B. (2023). Systematic review of problem based learning research in fostering critical thinking skills: Thinking Skills and Creativity.

Apriyani, P., Kristiani, K., & Noviani, L. (2022). Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Animaker terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Ekonomi: Journal on Education.

Facione, P. (2015). Critical thinking: What it is and why it counts. Insight Assessment.

Halawati, F. (2021). Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Audio Visual Pada Masa Pandemi Covid-19: JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains.

Hayati, N., & Harianto, F. (2017). Hubungan penggunaan media pembelajaran audio visual dengan minat peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama islam di sman 1 bangkinang kota. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan.

Herlina, M., Syahfitri, J., & Ilista, I. (2020). Perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif dengan model pembelajaran problem based learning berbantuan media audio visual. Edubiotik: Jurnal Pendidikan, Biologi dan Terapan.

Kalelioğlu, F., & Gülbahar, Y. (2014). The effect of instructional techniques on critical thinking and critical thinking dispositions in online discussion: Journal of Educational Technology & Society.

Liu, Y., & Pasztor, A. (2022). Effect of problem-based learning instructional intervention on critical thinking in higher education: A meta-analysis. Thinking Skills and Creativity.

Nicolaou, C., Matsiola, M., & Kalliris, G. (2019). Technology-enhanced learning and teaching methodologies through audiovisual media. Education Sciences.

Pilgrim, J., Vasinda, S., Bledsoe, C., & Martinez, E. (2019). Critical thinking is critical: Octopuses, online sources, and reliability reasoning: The Reading Teacher.

Putri, C. A. (2023). Model Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Transisi Kurikulum Merdeka. Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Saputra, M. D., Joyoatmojo, S., Wardani, D. K., & Sangka, K. B. (2019). Developing critical-thinking skills through the collaboration of jigsaw model with problem-based learning model: International Journal of Instruction, 12(1), 1077-1094.

World Economic Forum. (2023). Future of jobs report 2023. World Economic Forum.

Wu, T., Sari, N., & Huang, Y. (2024). Integrating extended formative assessment in fliped jigsaw learning: Promoting learning engagement and higher-order thinking skills in international bussiness education context. The International Journal of Management Education.

Yew, E. H., & Goh, K. (2016). Problem-based learning: An overview of its process and impact on learning: Health professions education.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.