PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN PAPAN DIAGRAM BATANG TERHADAP AKTIVITAS SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS IV SDN KALIGAWE SEMARANG
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Argaw, A. S., Haile, B. B., Ayalew, B. T., & Kuma, S. G. (2017). The Effect of Problem Based Learning (PBL) Instruction on Students Motivation and Problem Solving Skills of Physics. EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education, 857 - 871.
Asmah, S. N., & Setyowati, D. (2022). Analisis Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Pembelajaran. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 368-374.
Cahyani, B. R. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Padang (Papan Diagram Batang) Pada Materi Penyajian Data Kelas IV Sekolah Dasar. JPGSD, 55-65.
Desanti, L. A., Lestari, S. A., Purwaningsih, D., & Damariswara, R. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 747-752.
Israel, E. H. (2022). Merancang Pembelajaran Kompetensi Abad 21. Yogyakarta: Cahaya Harapan.
Karso, H., & Pd, M. M. (2014). Pembelajaran Matematika di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Komariyah, N., & Pramesti, S. L. (2021). Pengaruh Media PADI (Papan Diagram) terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V. Prosiding Seminar Nasional Tadris Matematika (SANTIKA), 706-726.
Listiani, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Problem Posing Materi Program Linier Pada Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA N 1 Wonosegoro Tahun Pelajaran 2019/2020. Salatiga: Universitas Islam Negeri Salatiga.
Nurhamidah, S. (2022). Problem Based Learning Kiat Jitu Melatih Berpikir Kritis Siswa. Penerbit P4I
Nurhayati, T., Listari, M. D., & Nurhayati, s. (2024). Penerepan Media Jaring-Jaring Bangun Ruang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas 6 di SD Negeri 4 Manna . Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan.
Nurul, Inayah. et al. 2021. “Interactive Pictorial Story as Learning Media for Third Grade Students.” Jurnal Profesi Pendidikan Dasar 8
Rizqiyati, I., Wardani, A., & Fadholi, Z. R. (2023). Penelitian Teori Perkembangan Piaget Tahap Operasional Konkret Pada Usia 11-12 Tahun Terhadap Hukum Kekekalan Volume. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 634-638.
Ruseffendi, H. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Santina, Rizki Ocha. Fitri Hayati. Riza Oktarina. 2021. “Analisis Peran Orangtua Dalam Mengatasi Perilaku Sibling Rivalry Anak Usia Dini.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa 2.
Santoso, S. (2019). Mahir Statistik Parametrik. Jakarta: Gramedia.
Saviola, S. S., & Purwati, P. D. (2024). Media Pabergiban berbantuan Model Problem Based Learning dalam Keaktifan Siswa Kelas IV. Sangkalemo: The Elementary School Teacher Education Journal, 16-26.
Suprihatin, R. (2020). Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Data Dalam Diagram Batang Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Ilmiah, 168-174.
Suryani, Asiyatus. dkk. 2018. “Pengaruh Media Papan Diagram Batang Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pairs Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Data Dan Diagram Kelas IV SDN 04 Loning.” Prosiding Seminar Nasional.
Syamsidah. dan Hamidah Suryani. 2018. Buku Model Problem Based Learning (PBL): Mata Kuliah Pengetahuan Bahan Makanan. Deepublish.
Tiara, N., Sahidun, N., & Husen, W. N. (2023). Penggunaan Media Benda Konkret Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengklasifikasikan Benda di TK Aisyiyah 1 Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 371-378.
Tyas, Retnaning. 2017. “Kesulitan Penerapan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal Tecnoscienza 2.
Wanabuliandar, S., Bintoro, H. S., & Sumaji. (2022). Statistika Penelitian Pendidikan. Kudus: Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.