PENGARUH MEDIA PUZZLE HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Risma Septiani, Ramanata Disurya, Mega Kusuma Putri

Sari

Masalah dari penelitian ini yaitu adakah pengaruh media puzzle huruf terhadap kemampuan membaca siswa kelas II Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh media puzzle huruf terhadap kemampuan membaca siswa kelas II Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-experimental design dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 24 siswa dengan teknik yang digunakan sampel sensus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang dibagi menjadi pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji paired sample T-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan media puzzle huruf terhadap kemampuan membaca siswa kelas II SD Negeri 44 Palembang dilihat dari hasil analisis output sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Hₒ ditolak dan  Hₐ diterima.  Kata Kunci: media puzzle, puzzle huruf, kemampuan membaca

Kata Kunci

media puzzle, puzzle huruf, kemampuan membaca

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Arwita, P. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Di Kelas Tinggi. Jurnal pendidikan dan sastra inggris.

Cecep, K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Futihat siti, E. W. (2020). Pengembangan Media Puzzle Huruf Untuk Mrningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Membaca Permulaan. Jurnal Kependidikan Dasar.

Havisa Shalatsi, S. &. (2021). Pengaruh metode kata menggunakan media kartu huruf terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda.

Islamiyah, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Scrambel Berbantuan Media Puzzy Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.

Maulidya, S. P. (2023). Pengaruh penggunaan Media Microvidio Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.

Merlin, P. T. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Terhadap Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas I Sekolah Dasar.

Muhammad, A. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (BASASTRA) Di Sekolah Dasar. Jurnal Paud.

Muslih, M. A (2020) Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Pada Kelas 2 Di Sd Negeri Pekojan 02 Petang Kota Jakarta Barat. Jurnal Pendidikan dan Dakwah.

Ramadhani S. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Pada Anak Usia Dini Melalui Media Puzzle Huruf Di TK Kelurahan Indra Kasih.

Rismawati, K. D. (2020). Perbandingan Kemampuan Membaca Permulaan Antara Metode Suku Kata Dengan Metode Berbantuan Kartu Kata. Jurnal Pendas Mahakam.

Sonia, A. R. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan.

Sugiyono, D.P. (2022). Metode penelitian kuantitatif, kiantitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Susanti, W. D. (2021). PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF DAN MANDIRI PADA MATA KULIAH ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN. Banguntapan Bantul DI Yogyakarta: Samudra Biru.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.