EVALUASI PEMBELAJARAN PTI DENGAN METODE SURVEI KUANTITATIF UNTUK PENINGKATAN KUALITAS

Elyakim Nova Supriyedi Patty, Muti'ah Muti'ah, Sri Astuti Iriyani, Yorman Yorman, Titik Ceriyani Miswaty

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pembelajaran di Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) tahun ajaran 2023-2024. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan kualitas pendidikan, terutama dalam menghadapi tuntutan industri teknologi yang berkembang pesat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Data dikumpulkan melalui angket daring yang diisi oleh 27 mahasiswa setelah Ujian Akhir Semester. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat variasi signifikan dalam kualitas pengajaran dosen, kesesuaian soal ujian dengan materi, serta efektivitas metode pengajaran. Dosen dengan metode pengajaran yang bervariasi dan penggunaan teknologi mendapatkan penilaian yang lebih tinggi dibandingkan dengan dosen yang menerapkan metode pengajaran monoton. Penelitian ini menyoroti perlunya peningkatan dalam aksesibilitas bahan ajar serta penyesuaian kurikulum dengan kebutuhan industri. Novelty dari penelitian ini terletak pada pendekatan komprehensif yang mengintegrasikan evaluasi pedagogis tradisional dengan penerapan teknologi dalam pembelajaran. Selain itu, penelitian ini memberikan rekomendasi praktis untuk memaksimalkan hasil evaluasi dalam perbaikan metode pengajaran dan kurikulum di masa depan.

Kata Kunci


Evaluasi Pembelajaran Teknolog, Kualitas Pengajaran Dosen, Inovasi Metode Pembelajaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Awaliyah, M., Hadi, H. S., & Rahim, A. (2023). Bibliometric Analysis of Information Technology Learning Media Research with Vosviewer. Experimental …. https://jurnal.institutsunandoe.ac.id/index.php/ESE/article/view/201

Dr. Ir. Anthony Anggrawan, M.T., P. D., Marlina, M.Pd., Elyakim, Nova Supriyedi Patty, S.Si., M.Pd., Irhas, M.Pd., Muti’ah, M.Pd., Abdul Rahim, S.Pd., M.Pd., Bidari Andaru Widhi, S. S., M. Pd., & Yuliana Sesi Bitu, M. P. (2023). Teori Belajar dan Pembelajaran (M. P. Agustina Purnami Setiawi, S.Pd. (ed.); 1st ed.). PT Rajawali Media Utama.

Fadhli, M. (2020). Sistem Penjaminan Mutu Internal Dan Ekstenal Pada Lembaga Pendidikan Tinggi. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 171–183.

Iriyani, S. A., Hadi, H. S., & Marlina, S. P. (2023). PENGANTAR FILSAFAT PENDIDIKAN. uwais inspirasi indonesia.

Magdalena, I., Annisa, M. N., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis penggunaan teknik pre-test dan post-test pada mata pelajaran matematika dalam keberhasilan evaluasi pembelajaran di sdn bojong 04. Nusantara, 3(2), 150–165.

Nova, E., Patty, S., Iriyani, S. A., Studi, P., Teknik, P., Teknik, F., Bumigora, U., & Info, A. (2023). BIBLIOMETRIC ANALYSIS OF LEARNING MODELS RESEARCH. 12(2), 1715–1722.

Patty, E. N. S., & Irhas, I. (2023). Evaluasi Kinerja Dosen Prodi Pendidikan Teknik Informasi pada Semester Ganjil Tahun Akademik 2022/2023. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 1209–1215.

Patty, E. N. S., Iriyani, S. A., Hadi, H. S., Marlina, M., & Ria, R. R. P. (2024). The Impact of Teacher Experience and Motivation on the Performance of Elementary School Teachers in Wawo District, Bima, NTB. Jurnal Simki Pedagogia, 7(1), 1–12.

Patty, E. N. S., Padaka, C. S. S., Bara, A. G., Ate, F. M., Wurung, F. K., Kaley, E., & Renda, K. M. (2019). Perbandingan Standar Sarana Dan Prasarana SMP Swasta Dan SMP Negeri. Jurnal Edukasi Sumba (JES), 3(2), 78–81. https://doi.org/10.53395/jes.v3i2.22

Pertiwi, T. P., Pangestuti, D. D., Febrian, W. D., Nove, A. H., Megavitry, R., & Imanirubiarko, S. (2024). Strategi Pengembangan Kompetensi Dosen Untuk Menanggapi Tantangan Pendidikan Abad Ke-21. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 2586–2596.

Rahmah, A. A., & Nasryah, C. E. (2019). Evaluasi pembelajaran. Evaluasi Pembelajaran.

Ryanto, L., Prianto, P. Y., Fortino, D. P., Ceria, N. I., Yudha, I. T., & Ryanto, L. (n.d.). Kontribusi UNTAR Dalam Pelaksanaan Pengembangan Pendidikan Nasional.

Setiawi, A. P., Patty, E. N. S., & Making, S. R. M. (2024). Dampak Artificial Intelligence dalam Pembelajaran Sekolah Menengah Atas. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 680–684.

Sobarningsih, N., Sugilar, H., & Nurdiansyah, R. (2019). Analisis implementasi standar proses pembelajaran guru matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 67–84.

Syam, R., Muchtar, M. I., & bin Juhanis, H. (2022). Manajemen Evaluasi Pembelajaran dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di Lembaga Studi Bahasa Arab Ma’had Al-Birr Makassar. Jurnal Ilmiah Iqra’, 16(2), 151–166.

Syamsurijal, S. (2023). Pembelajaran Konstruktivisme Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Perspektif Al-Qur’an. Institut PTIQ Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i3.16399

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##