PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTU MEDIA GAMBAR ILUSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Muhamad Rizki, Rini Agustin Eka Yanti, Rita Patonah

Sari

Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya penggunaan metode (Unaida)pembelajaran yang belum optimal. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantu media gambar ilustrasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran koooperatif tipe Think Pair Share berbantu media gambar ilustrasi dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen desain Quasi Experimental Design Nonequivalent Control Group Design. Analisis data menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan: Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran koooperatif tipe Think Pair Share berbantu media gambar ilustrasi lebih tinggi dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir (posttest). 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Aiza, A. P. R., Puspitoningrum, E., & Agan, S. 2022. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Ilustrasi terhadap Keterampilan Menulis Teks Negoisasi untuk Siswa Kelas X SMKN 2 Kediri Tahun Ajaran 2021/2022. http://repository.unpkediri.ac.id/4791/, diakses tanggal 7 Januari 2024.

Anita, A. 2022. Peningkatan Keterampilan Memparafrasekan Puisi dengan Pemanfaatan Media Gambar Ilustrasi. LANGUAGE: Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(1), 86-93. https://jurnalp4i.com/index.php/language/article/view/1121, diakses pada tanggal 22 Mei 2024.

Bialangi, M. S., & Kundera, I. N. 2018. Pengembangan Sikap Sosial Dalam Pembelajaran Biologi: Kajian Potensi Pembelajaran Kooperatif. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 15, No. 1, pp. 138-145). https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/27808/19172, diakses tanggal 10 Januari 2024.

Citra, R. 2017. Komparasi Hasil Belajar Matematika Menggunakan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dengan Pembelajaran Konvensional Siswa Kelas Vii Smp Negeri 9 Merangin. Mat-Edukasia, 2(2), 23-31. https://journal.universitasmerangin.ac.id/index.php/mat-edukasia/article/view/68, diakses tanggal 28 Juni 2024.

Fakhrah, F., & Unaida, R. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Think-pair-share (Tps) Dipadu Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Materi Jaringan Hewan Di SMA Negeri 1 Nisam. JESBIO: Jurnal Edukasi dan Sains Biologi, 8(1). https://www.neliti.com/id/publications/456054/pengaruh-model-pembelajaran-think-pair-share-tps-dipadu-media-gambar-terhadap-ha, diakses pada tanggal 2 Juni 2024.

Hariyani, N., & Hariastuti, R. M. 2020. Efektivitas Model Think Pair Share Pada Materi Koordinat Kartesius di Kelas VIII SMPN 1 Kabat. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika, 2(1), 35-41. https://e-jurnal.stkippgrisumenep.ac.id/index.php/JIPM/article/view/126, diakses tanggal 9 Januari 2024.

Hayati. 2017. Belajar & Pembelajaran Berbaasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendikia.

Mardianto, M. 2014. Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Antara Model Prediction Guide Dengan Model Konvensional Yang Di Laksanakan Di Kelas X SMA N 2 Koto XI Tarusan. Economica: Journal of Economic and Economic Education, 2(2), 152-164. https://www.neliti.com/id/publications/43052/perbedaan-hasil-belajar-ekonomi-antara-model-prediction-guide-dengan-model-konve, diakses tanggal 28 Juni 2024.

Mutia, T., dkk. 2020. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Geografi. Geodika: jurnal kajian ilmu dan pendidikan geografi, 4(2), 210-219. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/gdk/article/view/2869, diakses tanggal 28 Juni 2024.

Octavia, Shilphy. 2020. Model-model Pembelajaran. Sleman: CV. Budi Utama.

Pradana, Y, R, O. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) Pada Prestasi matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(1), 1-6. https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/1, diakses tanggal 28 Juni 2024.

Rachmawati, A., & Erwin, E. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7637-7643. https://www.neliti.com/id/publications/450353/pengaruh-model-pembelajaran-think-pair-share-tps-berbantuan-media-video-animasi, diakses tanggal 28 Juni 2024.

Rahayu, M. A., Ratna, E., & Zulfikarni, Z. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantuan Media Gambar terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 313-320. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/pbs/article/view/9996, diakses pada tanggal 2 Juni 2024.

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Edisi. Pertama. Jakarta : Kencana.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Siregar, R. 2017. Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Suara Guru, 3(4), 715-722. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/suaraguru/article/view/4855, diakses tanggal 11 Januari 2024.

Sitohang, D. J. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (Siswa Sebagai Fasilitator Dan Penjelas) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bosar Maligas Tahun Pembelajaran 2013/2014. Basastra, 3(2), 55024. https://www.neliti.com/id/publications/55024/pengaruh-model-pembelajaran-student-facilitator-and-explaining-siswa-sebagai-fas, diakses tanggal 29 Juli 2024.

Srijani, N. 2013. Penerapan Model Cooperative Learning Metode Think Pare Share Sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Mata Kuliah Ekonomi Moneter. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 1(2).

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Supriyadi. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran dan Kecerdasan Emosional Siswa terhadap Hasil Belajar. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Manajement. http://ejournal.unipma.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/582, diakses tanggal 5 Januari 2024.

tanggal 6 Juni 2024.

Ulya, I. F., dkk. 2016. Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 121-130. https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/2940, diakses pada tanggal 28 Juni 2024.

Wahab, G., & Rosnawati, S. P. 2021. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Palu: Penerbit Adab.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.