Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbantuan Media Question Card Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik SMK Negeri 3 Sukoharjo Tahun 2024/2025

Muhammad Garin Arofah Cahyadi, Soetarno Joyoatmojo

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peningkatan minat belajar peserta didik setelah menerapkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament berbantuan media question card untuk meningkatkan minat belajar peserta didik SMK Negeri 3 Sukoharjo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Pemasaran A SMK Negeri 3 Sukoharjo berjumlah 35 peserta didik, 2 peserta didik laki laki dan 33 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan analisis dokumen.

Kata Kunci

Kooperatif tipe teams games tournament; Question Card; Minat Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Abdullah. J. (2020). Analisis metode pembelajaran smart pocket and question card dalam meningkatkan antusiasme siswa belajar perpajakan di kelas XI IPS Jurnal Suluh Edukasi. 1(2), 163-178.

Afifah, U., & Sulaeman, A. (2022). Implementasi pembelajaran sejarah kebudayaan islam menggunakan question card. Alhamra Jurnal Studi Islam, 3(2), 139- 155.

Aghniya, N. I., & Subroto, W. T. (2021). Faktor – faktor yang memengaruhi minat berwirausaha pada mahasiswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1891– 1903.

Alam, Y. (2018). Dampak minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada SMK PGRI 1 Palembang. MOTIVASI, 3(2), 573-591.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian tindakan kelas : Edisi Revisi. Bumi Aksara.

Arini, F. D., Choiri, A. S., & Sunardi, S. (2016). The use of comic as a learning aid to improve learning interest of slow learner student. European Journal of Special Education Research, 2(1), 71-78.

Aziz, P. A, & Pertiwi, N. D. (2021). The effect of cooperative learning model type team games tournament (TGT) with play wheel media on students interest in biology education STKIP Pembangunan Indonesia. Journal of Physics : Conference Series, 1752(1), 1-7.

Bartoletti, A., Cannistra, M., Soncin, M, & Agasisti. T (2023). The heterogenety of covid-19 learning loss across Italian primary and middle school. Economics of Education Review, 95(3), 1-7.

Cahyaningrum, A. D., Yahya, A. D, & Asyhari, A. (2019). Pengaruh model pembelajaran quantum teaching tipe tandur terhadap hasil belajar. Indonesian Journal of Science And Mathematics Education, 2(3), 372-379.

Darmadi, (2017). Pengembangan model dan metode pembelajaran dalam dinamika belajar siswa. Yogyakarta: Deepublish. 175.

Dasuki, D. (2021). The implementation of teams games tournament (tgt) model on increase students’ outcomes learning at SMKN 2 Banda Aceh. Asian Journal of Science Education, 3(2), 126-137.

Desky, P. R., Husaini., & Iswanto, S. (2022). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) berbantuan media ludo dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMA negeri 1 darussalam. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 7(4), 253-258.

Djumiati, E., Herdhiana, R., & Sritumini, B. A. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) terhadap peningkatan minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Ekonomi Akuntasi. 3(2), 125.

Dirgantini, D., Maulana, P., Kusumah, F. (2023). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ips materi kegiatan ekonomi berdasarkan potensi alam. Sebelas April Elementary Education, 2(3), 324.

Fadillah, A. (2016). Analisis minat belajar dan bakat terhadap hasil belajar matematika siswa. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113-114.

Faradila, S. P., & Aimah, S. (2018). Analisis penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMA n 15 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus (Vol. 1, 2018, 1(2005), 508–512.

Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis minat belajar pada pembelajaran matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(1), 6-11.

Gumanti, D., & Teza, S. D. (2021). Analisis tingkat minat belajar mahasiswa pendidikan ekonomi dalam perkuliahan daring masa pandemi covid

Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1638-1646.

Hamsinah, H. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 2(2), 36 –44.

Handaryani, N. M. D. P., & Pudjawan, I. K. (2019). Penerapan model pembelajaran take a match untuk meningkatkan perkembangan kognitif dalam mengenal lambang bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3), 270–279. Hendrawijaya. A., T. (2021). Effects of mediation of learning interest in improving student learning achievement. International Journal of Instruction, 15(1), 857-872.

Harefa, D., Sarumaha, M., Telaumbanua, K., Telaumbanua, T., Laia, B., & Hulu, (2023). Relationship student learning interest to the learning outcomes of natural sciences. International Journal of Educational Research and Social Sciences (IJERSC), 4(2), 240-246.

Huang, L., & Wang, D. (2023). Teacher support, academic self-efficacy, student engagement, and academic achievement in emergency online learning. Behavioral Sciences, 13(9), 704.

Jamaluddin, (2016). Minat belajar. Jurnal kajian Islam & pendidikan. 8(2), 27-39. Khairi, M. (2023). Student learning outcomes on the application of tgt learning model through development media snakes ladders. INCARE, International Journal of Educational Resources, 4(2), 183-189.

Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi siswa tentang faktor yang mempengaruhi minat belajar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 40–48.

Listyarini. D.W. As’ari. A.R. Furaidah. (2018). Pengaruh model team game tournament berbantuan permainan halma terhadap minat dan hasil belajarpada materi siswa kelas iv sekolah dasar. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(5), 538-543.

Lutfiyani, A. H. (2024). Efektivitas penerapan model pembelajaran teams games tournament terhadap minat belajar peserta didik kelas VA SDN Sendangmulyo 02. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 7(3), 597-602.

Mahardi, I. P. Y. S., Murda, I. N., & Astawan, I. G. (2019). Model pembelajaran teams games tournament berbasis kearifan lokal trikaya parisudha terhadap pendidikan karakter gotong royong dan hasil belajar ipa. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(2), 98-107.

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori belajar konstruktivisme dan implikasinya dalam pendidikan. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49-57

Matje. I. (2022). Hubungan pemberian reward (hadiah) terhadap minat belajarpada siswa sekolah dasar. Taksonomi Jurnal Pendidikan Dasara, 2(2), 122-128

Nugroho, M. A., Muhajang, T., & Budiana, S. (2020). Pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1), 42–46.

Nupiah, A. (2023). Pengaruh metode pembelajaran curah pendapat (brainstorming) dan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X di MAN 2 Batusangkar kabupaten Tanah Datar. Journal on Education, 5(2), 4391- 4409.

Nurhayati, N., Egok, A. S., & Aswarliansyah. (2022). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada pembelajaran ipa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 3. 9118-9126.

Omar, R. (2022). Hubungan motivasi belajar dengan minat belajar pelajar bermasalah disiplin di sebuah sekolah menengah. Jurnal Dunia Pendidikan, 4(3), 288-302.

Patil, Y. S., Suryawanshi. A.T., Kumbhar & Mane. S. S (2023). Implementatiton of a team game tournament a collaborative learning method and study of its impact on learners development. Journal of Engineering Education Transformation, 36(Special Issue 2), 303-307.

Rohimah, D. Y., Suprapta. B., & Agung. D. A. C. (2019). Pengaruh model pembelajaran kuantum tipe tandur terhadap minat belajar siswa kelas x. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(9), 1229- 1236.

Salam, A., Hossain. A, & Rahman. S. (2015). Teams games tournament (TGT) cooperative technique for learning mathematics in secondary schools in Bangladesh. Redimat : Journal of Research In Mathematics Education.

(3), 271-287

Sardi, A., Ahmad. A. K., Rauf. F. A. (2022). Peningkatan hasil belajar pkntentang keragaman suku dan agama di negeriku menggunakan model pembelajaran team games tournament (TGT). Journal of Education Science, 1(1), 1-8.

Setiawan, Z., Lastya, H. A., & Sadrina. (2021). Penerapan tgt (teams games tournament) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas x teknik instalasi tenaga listrik SMK N 2 Sigli. Jurnal Edukasi Elektro, 5(2), 131-137.

Simbolon, N. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Elementary School Journal, 1(02), 14-19.

Sutriati, A., Pranoto, H., Cahyono, H., & Aryani, R. (2023). Penerapan model pembelajaran teams games tournament (tgt) berbasis game edukasi online untuk meningkatkan minat belajar sejarah. SwarnaDwipa, 7(2). 44-55

Sundari, E., Khairuddin, & Jumadil. (2023). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) terhadap minat belajar peserta didik. Educatoria : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(4), 242-242.

Van Wyk, M. (2011). The effects of teams games tournament on achievement, retention, and attitude of economics education student. Journal of Social Sciences, 26(3), 183-193.

Wangpipatwong, T., & Papasratorn, B. (2007). The influence of constructivist e- learning system on student learning outcomes. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 3(4), 21- 33.

Wiguna, A. C., Oktari, D., Salamah, I. S., Elosia, J. A. D., Prihantini. (2022). Pentingnya keterampilan variasi mengajar guru dalam meningkatkan minat belajar siswa. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2045- 2057.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.