Peran Self-Control, Efikasi Diri, dan Lingkungan Teman Sebaya dalam Kecurangan Akademik dengan Religiusitas sebagai Pemoderasi
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ahmad, H. (2022). Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menengah Pertama. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2). https://doi.org/10.33394/realita.v6i2.4495
Anderson, T., & MacQuarrie, B. (2017). Possible Cheating Uncovered in Popular Harvard Computer Class. The Boston Globe
Armeini, A. (2011). Faktor Yang Berperan Dan Dinamika Psikologis Yang Terjadi Pada Mahasiswa Saat Melakukan Kecurangan Akademik. Perspektif Ilmu Pendidikan, 24(XV), 138–149. https://doi.org/10.21009/pip.242.4
Aulia, A. (2015). Faktor-faktor yang terkait dengan kecurangan akademik pada mahasiswa. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 6(1), 23–32.
Aurel, D. N., Fauzi, A., & Susanti, S. (2023). Pengaruh efikasi diri, teman sebaya, dan integritas siswa terhadap kecurangan akademik. jurnal Riset Pendidikan dan Pengajaran 2(2), 156-175.
Baran, L., & Jonason, P. K. (2020). Academic dishonesty among university students: The roles of the psychopathy, motivation, and self-efficacy. PLoS ONE, 15(8 august). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0238141
Brown, L., & Taylor, M. (2020). The Influence of Religious Commitment on Academic Dishonesty. Ethic & Behavior, 30(2), 95-108.
Christiana, A., Kristiani, A., & Pangestu, S. (2021). Kecurangan Pembelajaran Daring Pada Awal Pandemi: Dimensi Cheating Pentagon. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 19(1), 66–83. https://doi.org/10.21831/jpai.v19i1.40734
Cochran, J. K., Wood, P. B., Sellers, C. S., Wilkerson, W., & Chamlin, M. B. (1998). Academic dishonesty and low self‐control: An empirical test of a general theory of crime. Deviant Behavior, 19(3), 227–255. https://doi.org/10.1080/01639625.1998.9968087
Emery, C. R., & D’Arcy Becker. (2006). An examination of professor expectations based on the Kano model of customer satisfaction. Academy of Educational Leadership Journal, 10(1), 11-25. Academy of Educational Leadership Journal, 10(1), 37–54. https://www.abacademies.org/articles/aeljvol10no12006.pdf#page=43
Fadlillah, S. F. A. (2017). Analisis faktor-faktor kecurangan akademik mahasiswa Pendidikan akuntasi fakultas ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Edisi 2.
Fajarhati, P. (2010, April 23). Press Release Kasus Plagiarisme Mochammad Zuliansyah. Institut Teknologi Bandung. https://www.itb.ac.id/news/read/2811/home/press-releasekasus-plagiarisme-mochammad-zuliansyah
Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Diponegoro.
Herdrick. (2004). Academic Dishonesty : A Study in The Magnitude of The Justification for Academic Dishonesty among College Undergraduate and Graduate Student. Journal of College Student Development, 35, 212–260.
Hermawan, I. (2019). METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN: Kuantitatif, Kualitatif & Mixed method. Bandung: Hidayatul Quran Kuningan.
Huber, S., & Huber, O. W. (2012). The Centrality of Religiosity Scale (CRS). Religions, 3(3), 710–724. https://doi.org/10.3390/rel3030710
Jalaluddin. (2010). Psikologi Agama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Johnson, R. (2015). The Role of Religion in Ethical Decision-Making. Journal of Moral Education, 44 (1), 10-25
Krou, M. R., Fong, C. J., & Hoff, M. A. (2021). Achievement Motivation and Academic Dishonesty: A Meta-Analytic Investigation. Educational Psychology Review, 33(2), 427–458. https://doi.org/10.1007/s10648-020-09557-7
Kumparannews. (2017, November 17). Modus Kecurangan Mahasiswa UI yang Di-DO Juga Tercium di Malaysia. https://kumparan.com/kumparannews/modus-kecurangan-mahasiswa-ui-yang-di-do-juga-tercium-di-malaysia/full
Kurniawan, F., & Dwiyanti, R. (2013). Hubungan Religiusitas dengan Kontrol Diri pada Anggota Intelkam Polres Cilacap. Psycho Idea, 11 (1), 54-60
Layli Mumbaasithoh, Fiya Ma’arifa Ulya, & Kukuh Basuki Rahmat. (2021). Kontrol Diri dan Kecanduan Gadget pada Siswa Remaja. Jurnal Penelitian Psikologi, 12(1), 33–42. https://doi.org/10.29080/jpp.v12i1.507
Listiari, E. (2011). Hubungan antara Tingkat Religiusitas dan Pengendalian Diri pada Remaja Tingkat SMA. Jurnal Psikologi, 11(7), 56-66
McCabe, D. L., Treviño, L. K., & Butterfield, K. D. (2001). Cheating in academic institutions: A decade of research. Ethics and Behavior, 11(3), 219–232. https://doi.org/10.1207/S15327019EB1103_2
Miranda, L. P. (2016). Pengaruh Konformitas Teman Sebaya dan Minat Belajar Terhadap Perilaku Menyontek. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 125–134. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i1.3972
Naufal, M. D. (2019). Pengaruh Cheating Triangle, Religiusitas, dan Self Efficacy terhadap Perilaku Kecurangan Akadmeik. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(7).
Putri, S. R., & Dewi, D. K. (2022). Hubungan antara Self-control, dengan Academic Dishonesty pada Jurusan X di Universitas Negeri Surabaya. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 9(8), 63-73.
Rettinger, D. A., & Jordan, A. E. (2005). The relations among religion, motivation, and college cheating: A natural experiment. Ethics and Behavior, 15(2), 107–129. https://doi.org/10.1207/s15327019eb1502_2
Rotter, J. B. (1966). Generalized Expectancies for Internal Versus External Control of Reinforcement. Psychological Monographs: General and Applied, 80(1), 1-28
Santrock, J. W. (2007). Psikologi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Setiawan, D. F. (2016). Analisis Kecurangan Akademik Melalui Rubrik Penskoranpada Kajian Masalah Ekonomi. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 4(2), 23–35. https://doi.org/10.24127/ja.v4i2.634
Suriyadi, & Azmi, F. (2022). Pengembangan Manajemen Resiko Pada Instansi Pendidikan. Warta Dharmawangsa, 16(3), 543-553. https://doi.org/10.46576/wdw.v16i3.2246
Walker, T., & Smith, J. (2019). Religiosity and Honesty: The Impact of Religious Beliefs on Ethical Behavior. Journal of Business Ethics, 156(3), 1-15
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.