Peran Self-Control, Efikasi Diri, dan Lingkungan Teman Sebaya dalam Kecurangan Akademik dengan Religiusitas sebagai Pemoderasi

Alia Rahmarini, Salman Alfarisy Totalia

Sari

Perguruan tinggi di Indonesia dalam mempertahankan integritas akademik sangatlah sulit, terutama jika menyangkut kecurangan akademik. Masalah ini menekankan pentingnya memahami faktor-faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kecurangan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-control, efikasi diri, lingkungan teman sebaya dan religiusitas sebagai variabel moderasi terhadap kecurangan akademik. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif dengan deskriptif yang berfokus pada mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara self-control, efikasi diri dan lingkungan teman sebaya terhadap kecurangan akademik. Namun pada variabel moderasi menunjukkan tidak terdapat pengaruh antara ketiga variabel interaksi terhadap kecurangan akademik. Hal ini membawa implikasi melalui religiusitas yang harapannya dapat mengontrol mahasiswa dalam melakukan suatu tindakan

Kata Kunci

self-control, efikasi diri, lingkungan teman sebaya, religiusitas, kecurangan akademik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Ahmad, H. (2022). Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menengah Pertama. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2). https://doi.org/10.33394/realita.v6i2.4495

Anderson, T., & MacQuarrie, B. (2017). Possible Cheating Uncovered in Popular Harvard Computer Class. The Boston Globe

Armeini, A. (2011). Faktor Yang Berperan Dan Dinamika Psikologis Yang Terjadi Pada Mahasiswa Saat Melakukan Kecurangan Akademik. Perspektif Ilmu Pendidikan, 24(XV), 138–149. https://doi.org/10.21009/pip.242.4

Aulia, A. (2015). Faktor-faktor yang terkait dengan kecurangan akademik pada mahasiswa. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 6(1), 23–32.

Aurel, D. N., Fauzi, A., & Susanti, S. (2023). Pengaruh efikasi diri, teman sebaya, dan integritas siswa terhadap kecurangan akademik. jurnal Riset Pendidikan dan Pengajaran 2(2), 156-175.

Baran, L., & Jonason, P. K. (2020). Academic dishonesty among university students: The roles of the psychopathy, motivation, and self-efficacy. PLoS ONE, 15(8 august). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0238141

Brown, L., & Taylor, M. (2020). The Influence of Religious Commitment on Academic Dishonesty. Ethic & Behavior, 30(2), 95-108.

Christiana, A., Kristiani, A., & Pangestu, S. (2021). Kecurangan Pembelajaran Daring Pada Awal Pandemi: Dimensi Cheating Pentagon. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 19(1), 66–83. https://doi.org/10.21831/jpai.v19i1.40734

Cochran, J. K., Wood, P. B., Sellers, C. S., Wilkerson, W., & Chamlin, M. B. (1998). Academic dishonesty and low self‐control: An empirical test of a general theory of crime. Deviant Behavior, 19(3), 227–255. https://doi.org/10.1080/01639625.1998.9968087

Emery, C. R., & D’Arcy Becker. (2006). An examination of professor expectations based on the Kano model of customer satisfaction. Academy of Educational Leadership Journal, 10(1), 11-25. Academy of Educational Leadership Journal, 10(1), 37–54. https://www.abacademies.org/articles/aeljvol10no12006.pdf#page=43

Fadlillah, S. F. A. (2017). Analisis faktor-faktor kecurangan akademik mahasiswa Pendidikan akuntasi fakultas ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Edisi 2.

Fajarhati, P. (2010, April 23). Press Release Kasus Plagiarisme Mochammad Zuliansyah. Institut Teknologi Bandung. https://www.itb.ac.id/news/read/2811/home/press-releasekasus-plagiarisme-mochammad-zuliansyah

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Diponegoro.

Herdrick. (2004). Academic Dishonesty : A Study in The Magnitude of The Justification for Academic Dishonesty among College Undergraduate and Graduate Student. Journal of College Student Development, 35, 212–260.

Hermawan, I. (2019). METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN: Kuantitatif, Kualitatif & Mixed method. Bandung: Hidayatul Quran Kuningan.

Huber, S., & Huber, O. W. (2012). The Centrality of Religiosity Scale (CRS). Religions, 3(3), 710–724. https://doi.org/10.3390/rel3030710

Jalaluddin. (2010). Psikologi Agama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Johnson, R. (2015). The Role of Religion in Ethical Decision-Making. Journal of Moral Education, 44 (1), 10-25

Krou, M. R., Fong, C. J., & Hoff, M. A. (2021). Achievement Motivation and Academic Dishonesty: A Meta-Analytic Investigation. Educational Psychology Review, 33(2), 427–458. https://doi.org/10.1007/s10648-020-09557-7

Kumparannews. (2017, November 17). Modus Kecurangan Mahasiswa UI yang Di-DO Juga Tercium di Malaysia. https://kumparan.com/kumparannews/modus-kecurangan-mahasiswa-ui-yang-di-do-juga-tercium-di-malaysia/full

Kurniawan, F., & Dwiyanti, R. (2013). Hubungan Religiusitas dengan Kontrol Diri pada Anggota Intelkam Polres Cilacap. Psycho Idea, 11 (1), 54-60

Layli Mumbaasithoh, Fiya Ma’arifa Ulya, & Kukuh Basuki Rahmat. (2021). Kontrol Diri dan Kecanduan Gadget pada Siswa Remaja. Jurnal Penelitian Psikologi, 12(1), 33–42. https://doi.org/10.29080/jpp.v12i1.507

Listiari, E. (2011). Hubungan antara Tingkat Religiusitas dan Pengendalian Diri pada Remaja Tingkat SMA. Jurnal Psikologi, 11(7), 56-66

McCabe, D. L., Treviño, L. K., & Butterfield, K. D. (2001). Cheating in academic institutions: A decade of research. Ethics and Behavior, 11(3), 219–232. https://doi.org/10.1207/S15327019EB1103_2

Miranda, L. P. (2016). Pengaruh Konformitas Teman Sebaya dan Minat Belajar Terhadap Perilaku Menyontek. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 125–134. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i1.3972

Naufal, M. D. (2019). Pengaruh Cheating Triangle, Religiusitas, dan Self Efficacy terhadap Perilaku Kecurangan Akadmeik. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(7).

Putri, S. R., & Dewi, D. K. (2022). Hubungan antara Self-control, dengan Academic Dishonesty pada Jurusan X di Universitas Negeri Surabaya. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 9(8), 63-73.

Rettinger, D. A., & Jordan, A. E. (2005). The relations among religion, motivation, and college cheating: A natural experiment. Ethics and Behavior, 15(2), 107–129. https://doi.org/10.1207/s15327019eb1502_2

Rotter, J. B. (1966). Generalized Expectancies for Internal Versus External Control of Reinforcement. Psychological Monographs: General and Applied, 80(1), 1-28

Santrock, J. W. (2007). Psikologi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Setiawan, D. F. (2016). Analisis Kecurangan Akademik Melalui Rubrik Penskoranpada Kajian Masalah Ekonomi. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 4(2), 23–35. https://doi.org/10.24127/ja.v4i2.634

Suriyadi, & Azmi, F. (2022). Pengembangan Manajemen Resiko Pada Instansi Pendidikan. Warta Dharmawangsa, 16(3), 543-553. https://doi.org/10.46576/wdw.v16i3.2246

Walker, T., & Smith, J. (2019). Religiosity and Honesty: The Impact of Religious Beliefs on Ethical Behavior. Journal of Business Ethics, 156(3), 1-15

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.