PENGARUH MODEL MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI 216 PALEMBANG

Dinda Nurhaliza, Zahrudin Hodsay, Aldora Pratama

Sari

This research aims to determine whether there is an influence of the Make A Match model on the motivation to learn Indonesian for class V at SD Negeri 216 Palembang. This research uses a Quasi Experimental research method with the Nonequivalent Control Group. In this study, class V A with a total of 25 students was the experimental class, while class V B with a total of 25 students was the control class. The data collection techniques used in this research activity are questionnaires and documentation. The data analysis technique used is the Independent Simple T-test. In the posttest results of the control class and experimental class which showed significant differences after implementing the Make A Match learning model, analysis of the data obtained by T-count was 1.783 where the T-table was 1.677, so Ho was rejected and Ha was accepted. So, after testing SPPS.26, it can be concluded that there is a significant influence on the application of the Make A Match learning model on the science learning motivation of fifth grade students at SD Negeri 216 Palembang. 

Kata Kunci

Keywords: Make A Match Model, Motivation, Learning Indonesian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Damanik. (2022). Pengaruh Model Make A Match terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 4 Sub Tema 3 Barang dan Jasa Di Kelas IV SD Swasta Hkbp Tomuan. media jurnal ilmiah pendidikan, 13(1), 144-155.

Hodsay, Z. (2019). PENGARUH KOMUNIKASI, MOTIVASI DAN IMBALAN TERHADAP KINERJA PEGAWAI SEKRETARIAT DPRD PROVINSI SUMATERA SELATAN. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 3(2), 227-248.

Muhammedi, Elfidayati, Kamaliah, Dahlan, Z., Lubis, S. A., Albina, M., et al. (2017). Psikologi Belajar. Medan: Larispa Indonesia.

Muthmainnah, F., & Desyandri. (2022). Peningkatan Hasil Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model cooperative tipe make a match di Kelas IV SD N 015 Simangambat. Jurnal Penelitian Ilmu - Ilmu sosial dan ke islaman, 8(1), 119-132.

Nadirah, Y. F. (2019). Psikologi Belajar dan Mengajar. Serang: Dinas Pendidikan Provisin Banten.

Nafi'ah, S. A. (2018). model - model pembelajaran bahasa indonesia di sd/mi. yogyakarta: Ar-ruzz Media .

Prastiyo, F. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Kooperatif Jigsaw pada Materi Pecahan di Kelas V SDN Sepanjang2. Surakarta: CV. Kekata Group.

Prihatiningsih, E., & Setyanigtyas, E. W. (2018). Pengaruh Peneraan Model Pembelajaran Picture And Picture Dan Model Make A MAtch Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 1-14.

Riana, N. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Macth Berbantuan Media Kartu Berpasangan Terhadap Hasil Belajar Matematika. jurnal Penelitian dan Penelitian Pendidikan, 4(3), 389-391.

Rifaldi, G., Ramadhani, E., & Pratama, A. (2022). Analisis Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Secara Daring. Journal on Teacher Education, 4(1), 497-502.

Safitri, Y., Jaya, W. S., & Kurniasih, T. I. (2022). Kegunaan Model Pembelajaran Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar PPKN Pada Siswa Kelas 4 SD Negeri 1 Menggala Kota. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Dasar, 1-9.

Setiawan, A. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Setiawan, E. P. (2020). Model - Model pembelajaran dalam pendidikan jasmani . Bandung: Alfabeta, cv.

Shoimin, A. (2021). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono, (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhono, (2022). penggunaan model pembelajaran make a match untuk meiningkatkan motivasi dan hasil belajar sistem reproduksi manusia. Joglo, Banjarsari, Surakarta: Unisri Press.

Susanto, A. (2019). Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Ulfia, Safiah, I., & Fitriani, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match berbantuan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Siklus Air di Kelas V SDN 62 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 32-38.

Wardah, W. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Penggunaan Model Make A Match. Jurnal Inovasi, 2(2), 138-140.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.