PENGARUH EFEKTIVITAS PLP, PERSEPSI PROFESI GURU TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU DIMODERASI EFIKASI DIRI PADA MAHASISWA RUMPUN EKONOMI FKIP UNS
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aayn, S. L., & Listiadi, A. (2022). Pengaruh pengaruh pengenalan lapangan persekolahan, persepsi profesi guru dan efikasi diri terhadap kesiapan menjadi guru (mahasiswa program studi pendidikan akuntansi UNESA). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(1), 132–140. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1738
Alifah, C., & Hastuti, M. A. S. W. (2023). Pengaruh minat menjadi guru dan program pengenalan lapangan persekolahan (plp) terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa pendidikan ekonomi universitas bhinneka pgri tulungagung tahun akademik 2022/2023. Jurnal Economina, 2(8), 2147–2163. https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.725
Ardias, W. S., & Rambe, D. R. (2020). Ingin lebih siap memasuki dunia kerja? Asah kemampuan leadership anda dari sekarang. Jurnal Biopsikososial, 4(2), 320-342. Ardyani, A., & Latifah, L. (2014). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa menjadi guru akuntansi pada mahasiswa prodi pendidikan akuntansi angkatan 2010 Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal, 3(2), 232–240. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
Efendi, R. (2013). Self efficacy: studi indigenous pada guru bersuku Jawa. Journal of Social and Industrial Psychology, 2(2), 61-67.
http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/sip
Khaerunnas, H., & Rafsanjani, M. A. (2021b). Pengaruh pengenalan lapangan persekolahan (plp), minat mengajar, dan prestasi belajar terhadap kesiapan menjadi guru bagi mahasiswa pendidikan ekonomi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3946–3953. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1353
Kurniawan, R. Y., Renovaka, H., & Devi, P. (2023). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan calon guru ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 16(2), 96–109. https://doi.org/10.17977/UM014v16i22023p096
Laras Tuti, S., & Anasrulloh, M. (2022). Pengaruh pengenalan lapangan persekolahan (plp) terhadap kesiapan menjadi guru melalui self-efficacy sebagai variabel intervening.Jurnal Economiaa, 1(2), 228–238. https://doi.org/10.55681/economina.v1i2.31
Laurina, S., Nisa, H., & Dwijayanti, R. (2024). Pengaruh Persepsi Praktik PLP Dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Tata Niaga 2019 Universitas Negeri Surabaya). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan,10(9), 611–622. https://doi.org/10.5281/zenodo.11183148
Lestari, V. D., Manajemen, J., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Negara, K. (2023). Implementasi Efektivitas Pengendalian Intern Pada Sistem Informasi Akuntansi Penggajian. In Jurnal Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK), 5(1).
Lianto, L. (2019). Self-Efficacy: A Brief Literature Review. Jurnal Manajemen Motivasi, 15(2), 55. https://doi.org/10.29406/jmm.v15i2.1409
Made, I., Mahardika, A., Tripalupi, L. E., Ayan Suwendra, I. W., Ekonomi, J. P., & Ekonomi, F. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan menjadi guru pada mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi angkatan 2014 Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1). https://doi.org/DOI:10.23887/jjpe.v11i1.20152
Maharbid, D. A. (2022). Analisis soft skill mahasiswa calon guru sekolah dasar pada program pengenalan lapangan persekolahan. Elementary Journal, 4(2), 116-126. https://www.researchgate.net/publication/359481384
Mulyasa, E. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru (Mukhlis, Ed.). PT Remaja Rosdakarya.
Musyarrafah, Sahril, & Korompot, C. A. (2022). Self-efficacy and Speaking Skill: A Correlation Study of Undergraduate Students at Walisongo State Islamic University. Journal of Art, Humanity & Social Studies, 2(5), 90–104.
Pratama, B. R., Lutfiyani, N., & Nugrahaini, I. (2015). Pengaruh prestasi praktik pengalaman lapangan (ppl), penguasaan kompetensi profesional, dan motivasi mahasiswa terhadap kesiapan menjadi guru mata pelajaran ekonomi/akuntansi yang profesional (studi kasus mahasiswa program studi pendidikan akuntansi tahun 2010). Jurnal Penelitian Pendidikan, 32(1), 11-17. https://doi.org/10.15294/jpp.v32i1.5702
Puspitasari, W. (2019). Pengaruh persepsi profesi guru dan keefektifan praktik pengalaman lapangan terhadap kesiapan menjadi guru dengan efikasi diri se- bagai variabel intervening. EEAJ, 8(3), 1061–1078. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i3.35724
Rahma, W. N., Santoso, S., & Hamidi, D. N. (2022). Hubungan persepsi mahasiswa tentang keefektifan plp dan dukungan keluarga dengan minat menjadi guru pada mahasiswa pendidikan akuntan-si di Surakarta. Tata Arta UNS, 8( 2).
Rahmadiyani, S., Sri Hariani, L., & Yudiono, U. (2020). Minat menjadi guru: persepsi profesi guru, pengenalan lapangan persekolahan (plp) dan efikasi diri. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 5(1), 1-14. http://ejournal.unikama.ac.idHal|10
Pangestu, M.S., Harini., Totalia, S.A. (2024). Pengaruh plp, persepsi profesi guru, dan efikasi diri terhadap minat menjadi guru dimoderasi oleh lingkungan keluarga pada mahasiswa pendidikan ekonomi UNS. Journal on Education, 06(02), 13500–13513. http://jonedu.org/index.php/joe.
Soraya, N. (2018). Analisis persepsi mahasiswa terhadap kompetensi dosen dalam mengajar pada program studi pai fakultas ilmu tarbiyah. Jurnal Tadrib, 4(1), 183-204. https://doi.org/10.19109/Tadrib.v4i1.1957
Sukmawati, R. (2019). Analisis kesiapan mahasiswa menjadi calon guru profesional berdasarkan standar kompetensi pendidik. Jurnal Analisa, 5(1), 95–102. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4789
Wahjudi, E. (2021). Peran efikasi diri dalam memediasi pengaruh pengenalan lapangan persekolahan (plp) dan persepsi profesi guru terhadap minat menjadi guru akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(2), 178-189. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n2.p178-189
Widyaningrum, S., & Suratno, I. B. (2023). Pengaruh persepsi siswa tentang profesi guru dan lingkungan keluarga terhadap minat siswa menjadi guru. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Akuntansi, 16(1), 21–31. https://doi.org/10.24071/jpea.v16i1.589
Yulianto, A., & Khafid, M. (2016). Pengaruh praktik pengalaman lapangan (ppl), minat menjadi guru, dan prestasi belajar terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru yang profesional. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 100-114. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
Yuniasari, T., & Djazari, M. (2017). The effect of the interest to be teachers, family environment, and teaching practicum experience (tpe) on the readiness of accounting teacher-to-be students of class 2013 accounting education study program FE YSU. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 15(2).
Zola, N., Yusuf, A. M., & Firman, F. (2022). Konsep social cognitive career theory. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(1), 24. https://doi.org/10.29210/30031454000
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.