PENGARUH EFEKTIVITAS PLP, PERSEPSI PROFESI GURU TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU DIMODERASI EFIKASI DIRI PADA MAHASISWA RUMPUN EKONOMI FKIP UNS

Nesya Ananda, Salman Alfarisy Totalia

Sari

Penelitian ini memiliki tujuan guna mengkaji pengaruh efektivitas PLP dan persepsi tentang profesi guru terhadap kesiapan menjadi guru dengan efikasi diri sebagai variabel moderasi pada mahasiswa rumpun ekonomi FKIP UNS. Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa rumpun ekonomi FKIP UNS angkatan 2020 berjumlah 249 mahasiswa. Sampel penelitian berjumlah 153 mahasiswa ditentukan dengan menggunakan proportional random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: 1) uji asumsi kalsik terdiri dari uji normalitas, uji multikolineraritas, dan uji heteroskedastisitas; 2) uji hipotesis menggunakan metode statistik deskriptif untuk menguji efektivitas PLP dan uji Moderating Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) efektivitas PLP terhadap kesiapan menjadi guru; 2) persepsi tentang profesi guru berpengaruh terhadap kesiapan menjadi guru; 3) efikasi diri tidak dapat memoderasi pengaruh efektivitas PLP terhadap kesiapan menjadi guru; dan 4) efikasi diri tidak dapat memoderasi pengaruh persepsi tentang profesi guru terhadap kesiapan menjadi guru.

Kata Kunci

Efektivitas PLP; Persepsi Tentang Profesi Guru; Kesiapan Menjadi Guru

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Aayn, S. L., & Listiadi, A. (2022). Pengaruh pengaruh pengenalan lapangan persekolahan, persepsi profesi guru dan efikasi diri terhadap kesiapan menjadi guru (mahasiswa program studi pendidikan akuntansi UNESA). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(1), 132–140. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1738

Alifah, C., & Hastuti, M. A. S. W. (2023). Pengaruh minat menjadi guru dan program pengenalan lapangan persekolahan (plp) terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa pendidikan ekonomi universitas bhinneka pgri tulungagung tahun akademik 2022/2023. Jurnal Economina, 2(8), 2147–2163. https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.725

Ardias, W. S., & Rambe, D. R. (2020). Ingin lebih siap memasuki dunia kerja? Asah kemampuan leadership anda dari sekarang. Jurnal Biopsikososial, 4(2), 320-342. Ardyani, A., & Latifah, L. (2014). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa menjadi guru akuntansi pada mahasiswa prodi pendidikan akuntansi angkatan 2010 Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal, 3(2), 232–240. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Efendi, R. (2013). Self efficacy: studi indigenous pada guru bersuku Jawa. Journal of Social and Industrial Psychology, 2(2), 61-67.

http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/sip

Khaerunnas, H., & Rafsanjani, M. A. (2021b). Pengaruh pengenalan lapangan persekolahan (plp), minat mengajar, dan prestasi belajar terhadap kesiapan menjadi guru bagi mahasiswa pendidikan ekonomi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3946–3953. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1353

Kurniawan, R. Y., Renovaka, H., & Devi, P. (2023). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan calon guru ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 16(2), 96–109. https://doi.org/10.17977/UM014v16i22023p096

Laras Tuti, S., & Anasrulloh, M. (2022). Pengaruh pengenalan lapangan persekolahan (plp) terhadap kesiapan menjadi guru melalui self-efficacy sebagai variabel intervening.Jurnal Economiaa, 1(2), 228–238. https://doi.org/10.55681/economina.v1i2.31

Laurina, S., Nisa, H., & Dwijayanti, R. (2024). Pengaruh Persepsi Praktik PLP Dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Tata Niaga 2019 Universitas Negeri Surabaya). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan,10(9), 611–622. https://doi.org/10.5281/zenodo.11183148

Lestari, V. D., Manajemen, J., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Negara, K. (2023). Implementasi Efektivitas Pengendalian Intern Pada Sistem Informasi Akuntansi Penggajian. In Jurnal Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK), 5(1).

Lianto, L. (2019). Self-Efficacy: A Brief Literature Review. Jurnal Manajemen Motivasi, 15(2), 55. https://doi.org/10.29406/jmm.v15i2.1409

Made, I., Mahardika, A., Tripalupi, L. E., Ayan Suwendra, I. W., Ekonomi, J. P., & Ekonomi, F. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan menjadi guru pada mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi angkatan 2014 Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1). https://doi.org/DOI:10.23887/jjpe.v11i1.20152

Maharbid, D. A. (2022). Analisis soft skill mahasiswa calon guru sekolah dasar pada program pengenalan lapangan persekolahan. Elementary Journal, 4(2), 116-126. https://www.researchgate.net/publication/359481384

Mulyasa, E. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru (Mukhlis, Ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Musyarrafah, Sahril, & Korompot, C. A. (2022). Self-efficacy and Speaking Skill: A Correlation Study of Undergraduate Students at Walisongo State Islamic University. Journal of Art, Humanity & Social Studies, 2(5), 90–104.

Pratama, B. R., Lutfiyani, N., & Nugrahaini, I. (2015). Pengaruh prestasi praktik pengalaman lapangan (ppl), penguasaan kompetensi profesional, dan motivasi mahasiswa terhadap kesiapan menjadi guru mata pelajaran ekonomi/akuntansi yang profesional (studi kasus mahasiswa program studi pendidikan akuntansi tahun 2010). Jurnal Penelitian Pendidikan, 32(1), 11-17. https://doi.org/10.15294/jpp.v32i1.5702

Puspitasari, W. (2019). Pengaruh persepsi profesi guru dan keefektifan praktik pengalaman lapangan terhadap kesiapan menjadi guru dengan efikasi diri se- bagai variabel intervening. EEAJ, 8(3), 1061–1078. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i3.35724

Rahma, W. N., Santoso, S., & Hamidi, D. N. (2022). Hubungan persepsi mahasiswa tentang keefektifan plp dan dukungan keluarga dengan minat menjadi guru pada mahasiswa pendidikan akuntan-si di Surakarta. Tata Arta UNS, 8( 2).

Rahmadiyani, S., Sri Hariani, L., & Yudiono, U. (2020). Minat menjadi guru: persepsi profesi guru, pengenalan lapangan persekolahan (plp) dan efikasi diri. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 5(1), 1-14. http://ejournal.unikama.ac.idHal|10

Pangestu, M.S., Harini., Totalia, S.A. (2024). Pengaruh plp, persepsi profesi guru, dan efikasi diri terhadap minat menjadi guru dimoderasi oleh lingkungan keluarga pada mahasiswa pendidikan ekonomi UNS. Journal on Education, 06(02), 13500–13513. http://jonedu.org/index.php/joe.

Soraya, N. (2018). Analisis persepsi mahasiswa terhadap kompetensi dosen dalam mengajar pada program studi pai fakultas ilmu tarbiyah. Jurnal Tadrib, 4(1), 183-204. https://doi.org/10.19109/Tadrib.v4i1.1957

Sukmawati, R. (2019). Analisis kesiapan mahasiswa menjadi calon guru profesional berdasarkan standar kompetensi pendidik. Jurnal Analisa, 5(1), 95–102. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4789

Wahjudi, E. (2021). Peran efikasi diri dalam memediasi pengaruh pengenalan lapangan persekolahan (plp) dan persepsi profesi guru terhadap minat menjadi guru akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(2), 178-189. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n2.p178-189

Widyaningrum, S., & Suratno, I. B. (2023). Pengaruh persepsi siswa tentang profesi guru dan lingkungan keluarga terhadap minat siswa menjadi guru. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Akuntansi, 16(1), 21–31. https://doi.org/10.24071/jpea.v16i1.589

Yulianto, A., & Khafid, M. (2016). Pengaruh praktik pengalaman lapangan (ppl), minat menjadi guru, dan prestasi belajar terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru yang profesional. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 100-114. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Yuniasari, T., & Djazari, M. (2017). The effect of the interest to be teachers, family environment, and teaching practicum experience (tpe) on the readiness of accounting teacher-to-be students of class 2013 accounting education study program FE YSU. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 15(2).

Zola, N., Yusuf, A. M., & Firman, F. (2022). Konsep social cognitive career theory. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(1), 24. https://doi.org/10.29210/30031454000

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.