SISTEM IMBALAN DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Arisman Arisman, Jamilus Jamilus

Sari

            Artikel ini menganalisis sistem imbalan dalam pendidikan Islam, menjelaskan hubungan antara pendidikan Islam dan prinsip-prinsip yang diambil dari Al-Qur'an dan hadis Nabi Muhammad SAW. Sistem imbalan yang dimaksud melibatkan pemberian kompensasi dalam bentuk keuntungan yang mencakup berbagai elemen, serta metode pembagian keuntungan tersebut. Nabi Muhammad SAW, sebagai pendidik pertama dalam Islam, menekankan bahwa tujuan mengajar harus didasarkan pada niat tulus hanya kepada Allah.Penelitian ini adalah studi pustaka dengan sumber data dari berbagai literatur, termasuk Al-Qur'an, hadis, buku, dan artikel ilmiah. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil analisis menunjukkan bahwa sistem imbalan dalam pendidikan Islam memiliki dua dimensi: dunia dan akhirat. Untuk mencapai upah di akhirat, pentingnya moralitas dalam penerapan upah dunia tidak bisa diabaikan, karena pahala akhirat hanya akan tercapai jika aspek moral dipenuhi. Dengan demikian, moralitas menjadi landasan utama dalam sistem imbalan ini.Dengan menerapkan prinsip-prinsip ini, manajer lembaga pendidikan dapat lebih efektif dalam mencapai tujuan pendidikan Islam secara berkesinambungan serta membentuk karakter dan moral peserta didik sesuai dengan nilai-nilai Islam.

Kata Kunci

sistem imbalan, upah, konsep moral

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Afghani, Dzulfikar Restu, dkk. (2022). Budaya Literasi Membaca di Perpustakaan untuk Meningkatkan Kompetensi Holistik bagi Siswa Sekolah Dasar. Buletin KKN Pendidikan, 4(2), 143-152. https://doi.org/10.23917/bkkndik. v4i2.19185.

Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1-10. https://doi.org/10.33365/jimr.v2i1.774

Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Zaman Serba Digital. BINTANG, 2(1), 35-48. https://doi.org/10.36088/bintang.v 2i1.558

Darwanto, D., & Putri, A. M. (2021). Penguatan Literasi, Numerasi, dan Adaptasi Teknologi pada Pembelajaran di Sekolah:(sebuah Upaya Menghadapi Era Digital dan Disrupsi). Eksponen, 11(2), 25-35. https://doi.org/10.47637/eksponen .v11i2.381

Dewi, Vivi Fitria, Yusuf Suryana, dan Syarip Hidayat. (2020). Pengaruh Penggunaan Jarimatika Terhadap Kemampuan Berhitung Perkalian Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 79-87.

https://doi.org/10.17509/ebj.v2i2.2 6816.

Fitriana, E., & Ridlwan, M. K. (2021). Pembelajaran Transformatif Berbasis Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 8(1), 1284-1291. https://doi.org/10.30738/trihayu.v 8i1.11137

Hidayati, V. R., Ermiana, I., Haryati, L. F., Rosyidah, A. N. K., & Anar, A. P. (2023). Sosialisasi Pentingnya Pembelajaran Literasi dan Numerasi Sebagai Upaya Pencegahan Learning Loss Akibat Pandemi. Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 148-154. https://doi.org/10.25008/altifani.v 3i1.344

Mahardhani, Ardhana Januar, dkk. (2021). Pemberdayaan Siswa SD dalam Literasi Membaca melalui Media Bergambar di Magetan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 11-22. https://doi.org/10.23917/bkkndik. v3i1.14664.

Meliyanti, M., Raraswati, P., Hidayat, D. N., & Aryanto, S. (2021). Kajian Literatur: Perkembangan Literasi dan Numerasi di Lingkungan Keluarga. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6504-6512. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i 3.1973

Muliastrini, N. K. E. (2020). New Literacy Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar di Abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 115-125. https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i1. 3114

Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541-544. http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v2 0i2.932.

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9- 15. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1 .1385.

Pertiwi, S. G., & Hidayah, Y. (2021). Implementasi Pendidikan Hak Asasi Manusia dalam Dunia Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 376-380. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.17 17.

Rahmasari, U. D. (2022). Persepsi Guru Mengenai Pentingnya Kamampuan Mengembangkan Soal Tes Berbasis Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(6), 1105-1112.

http://dx.doi.org/10.22460/collase. v5i6.12345

Ramadhanty, Putri Gayatri dan Indah Wahyuni. (2020). “Kegiatan BTA sebagai Pembentukan Karakter Siswa yang Islami di SMP Muhammadiyah 4 Sambi Boyolali.” Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(2), 113-119. https://doi.org/10.23917/blbs.v2i2. 12838.

Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Varidika, 33(1), 54-62. https://doi.org/10.23917/varidika. v33i1.14993

Sumarsono, Adi, Yus Witdarko, dan Dina Fitri Septarini. (2021). “Pemberantasan Buta Aksara dan Bekal Hidup Mandiri Masyarakat Onggaya Distrik Naukenjerai Kabupaten Merauke Papua.” Warta LPM, 24(2), 207-216. https://doi.org/10.23917/warta.v24 i2.12187.

Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. 2021. Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165-173. https://doi.org/10.31004/edukatif. v3i1.251

Suryadien, D., Dini, R., & Dewi, A. A. (2022). Rencana Implementasi Kurikulum Prototipe Pada Masa Pandemi Covid-19 di Indonesia. Jurnal Pgmi Uniga, 1(01), 27-34. https://journal.uniga.ac.id/index.p hp/pgmi/article/view/1754.

Wahyuni, F. P. N., & Tranggono, D. (2023). Upaya dalam Meningkatkan Literasi, Numerasi, dan Adaptasi Teknologi Siswa melalui Program Kampus Mengajar 4 di SMP Widya Gama Mojosari. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 4(1), 125- 133. https://doi.org/10.35870/jpni.v4i1. 128

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.