PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI BISNIS KELAS X DI SMK NEGERI 2 NAMOHALU ESIWA

Kornelius Harefa, Wahyutra Adilman Telaumbanua, Bezisokhi Laoli, Eka Septiani Laoli

Sari

Pembelajaran Monoton masih dirasakan oleh para siswa SMK Negeri 2 namohalu Esiwa. Kurangnya partisipasi siswa membuat para siswa merasa bosan dan cenderung berpengaruh pada hasil belajar mereka. Penelitian ini merupaka penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran Contextual teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan Motivasi Belajar. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, tes hasil belajar, angket, dan dokumen. Dari penelitian yang dilakukan bahwa : pada siklus pertama hasil belajar siswa belum memenuhi target yang ditetapkan minimal 70%, sedangkan pada siklus kedua hasil belajar siswa mencapai rata-rata 87,03%.  Hal ini mencapai target yang ditetapkan dari 70%. Peneliti menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SMK Negeri 2 namohalu Esiwa.Monotonous learning is still felt by students at SMK Negeri 2 Namohalu Esiwa. Lack of student participation makes students feel bored and tends to affect their learning outcomes. This research is classroom action research (PTK) which aims to determine the process of implementing the Contextual Teaching and Learning (CTL) learning model in increasing learning motivation. The data collection techniques used are teacher and student observation sheets, learning results tests, questionnaires, and documents. From the research conducted, it was found that: in the first cycle student learning outcomes did not meet the target set at a minimum of 70%, while in the second cycle student learning outcomes reached an average of 87.03%.  This achieved the set target of 70%. Researchers concluded that the application of the Contextual Teaching and Learning (CTL) learning model can increase student learning motivation at SMK Negeri 2 Namohalu Esiwa.

Kata Kunci

Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL), Motivasi Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Anju Nofarof Hasudungan, 2022. “Pembelajaran Contextual Teaching Learning

(CTL) Pada Masa Pandemi COVID-19: Sebuah Tinjauan”. Jurnal DinamikA.

Volume 3 No. 2. hal 119-120.

Amna Emda, 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran.

Lantanida Journal. Vol. 5 No. 2. Hal 174.

Beatus Mendelson Laka, Dkk. 2020. Role Of Parents In Improving Geography Learning Motivation In Immanuel Agung Samofa High School. Vol.1 No.2. Jurnal Inovasi Penelitian. Hal 70.

Hj. Helmiati, M.Ag. 2016. Model pembelajaran. ISBN 13: 978-602-18667-19.

penerbit Aswaja Pressindo. Hal 19.

Afi Parnawi. M.Pd. 2020. Penelitian tindakan kelas (classroom action research). Sleman. Penerbit deepublish (group penerbitan Cv budi utama). hal 3.

Dryon Taluke, 2019. Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal Spasial Vol 6: 537.

Dedy juliandri panjaitan, 2016. Penerapan pendekatan contextual teaching and

learning (ctl) untuk meningkatkan hasil belajar statistika, vol. 1 hal 7.

Ina Namora Putri Siregar, Dkk 2019. Pengaruh rekrutmen dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawa pada pt. Budi raya perkasa. Jurnal Manajemen. Volume 5 Nomor 1. Hal 73.

Muh. Fitrah, S.pd., M.pd. 2017. Metodologi penelitian (penelitian kualitatif, tindakan kelas, dan studi kasus. Suka Bumi Jawa Barat. Penerbit CV Jejak. ISBN. 978-602-474-288-1. Hal. 123-124

Rochmayani. 2018. Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dengan Strategi Pembelajaran Tugas dan Paksa. Seminar nasional dan diskusi panel multidisiplin hasil penelitian & pengabdian kepada masyarakat. Hal 320

Nisa Yulia Agung, 2022. Peranan Guru Sebagai Evaluator Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Ma Negeri 1 Kotasemarang. Jurnal Spirit Edukasia. Volume 02, No. 02. Hal 276.

Sunarti Rahman. 2019. pengaruh rekrutmen dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawa pada pt. budi raya perkasa. Jurnal Manajemen. 5 (1) : 73.

Sunarti Rahman, 2021. Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar . Pascasarjana universitas negeri gorontalo prosiding seminar nasional pendidikan dasar. Hal 292.

Siti Mariyam, 2019. Penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (ctl) untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas ii sdn 004 teratak buluh. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran). Volume 3 Nomor 2. halaman 260.

Sara Indah Elisabet Tambun, (2020). Analisis Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Mencakup Bab Iv Pasal 5 Mengenai Hak Dan Kewajiban Warga Negara, Orang Tua Dan Pemerintah. Vol 01 (83).

Tampubolon, D. I., & Amri, Z. (2021). The contextual Teaching And Learning (CTL)Based On Contextual Teaching And Learning (CTL) Based On Student Worksheets. IJEMS:Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 2(3), 83.

Toto Sugiarto, 2020. Contextual Teaching and Learning (CTL). iSBN:9786237550334, 623755033X. cv. Mine.hal 19

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.