POLA PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DALAM PRAKTIK KOMUNIKASI FORMAL DAN NON FORMAL DI KALANGAN PELAJAR ASING DI SEKOLAH DASAR INTERNASIONAL: KAJIAN FONOLOGI
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abidin, Y. (2019). Konsep Dasar Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Adityarini, I. A. P., Pastika, I. W., & Sedeng, I. N. (2020). Interferensi fonologi pada pembelajar bahasa Indonesia bagi penutur asli bahasa Eropa di Bali. Jurnal Aksara, 32(1).
Astuti, S. P., Sobari, T., & Aeni, E. S. (2020). Morfologi pada penulisan teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP PGRI 4 Cimahi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1).
Catharina, D. I. S., & Indira, D. (2021). Pengucapan teks Bahasa Indonesia oleh mahasiswa Filipina: Kajian fonologi. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 9(1).
Corder, S. P. (2023). Error Analysis and Interlanguage. Oxford University Press.
Gass, S. M., & Selinker, L. (2022). Second Language Acquisition: An Introductory Course. Routledge.
Gunawan, L. K., & Hariani, L. S. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 12(1).
Herlina, D. (2023). Fonologi Bahasa Indonesia: Pengaruh dalam Pembelajaran dan Akuisisi Bahasa. Jurnal Linguistik Terapan, 12(3).
Hyltenstam, K., & Abrahamsson, N. (2022). The Handbook of Second Language Acquisition. Routledge.
Isnaini, M., Setya, Y., & Indrawati. (2023). Linguistic landscape for Indonesian learning: An explorative study from the Bahasa Indonesia course for international students. Ejer: Eurasian Journal of Educational Research, 106.
Johan, G. M. (2018). Kesalahan fonologis dalam proses diskusi siswa sekolah dasar. Jurnal Metamorfosa, 6(2).
Kartini, T. M. (2020). Pengaruh komunikasi dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan. Pelita Ilmu: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Akuntansi Manajemen, 14(2).
Khusnul, K., & Safirah, A. D. (2023). Integrasi teknologi pendidikan dalam menganalisis kesalahan fonologis pada pembelajaran bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar. Innovative: Journal of Social Science Research.
Kachru, B. B. (2020). The Handbook of World Englishes. Wiley-Blackwell.
Lathifah, N. R., Anggita, F. D., & Rosianingsih, S. (2021). Analisis kesalahan berbahasa dalam tataran fonologi pada kanal YouTube 'Mas Bas-Bule Prancis'. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 10(1).
Masyhud, M. S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan.
Oktaviani, F., Rohmadi, M., & Purwadi. (2018). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia pada karangan eksposisi siswa kelas X MIPA. Jurnal Penelitian.
Pohan, D. D., & Ulfi, S. F. (2023). Jenis-jenis komunikasi. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 2(3).
Pradipta, S. (2022). Kesantunan dalam berbahasa: Teori dan praktik dalam komunikasi formal dan nonformal. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Pradipta, S. (2023). Akuisisi bahasa kedua dan pengaruh sosial dalam pembelajaran fonologi. Jurnal Linguistik Pendidikan, 11(2).
Saputra, N., & Mariana. (2020). Konsep dasar bahasa Indonesia. Surabaya: CV Jakad Media Publishing.
Setiawan, M. (2021). Kesantunan sosial dalam berbahasa: Pendekatan pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Setyowati, I. D., Sulistiyawati, E., & Cahyaningrum, G. R. (2019). Analisis kesalahan berbahasa tataran fonologi dalam laporan hasil observasi siswa. Jurnal Bindo Sastra, 3(1).
Siagian, E. N. (2017). Analisis kesalahan berbahasa (tulis) mahasiswa BIPA tingkat lanjut Universitas Yale, USA.
Sumarni, E., & Nurhasanah, L. (2022). Teori dan Praktik Pengajaran Fonologi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing. Universitas Indonesia Press.
Sutopo, H. (2021). Intonasi dalam Bahasa Indonesia: Teori dan Praktik. Surabaya: Penerbit Universitas Airlangga.
Sutopo, H. (2023). Pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Surabaya: Penerbit Universitas Airlangga.
Sutanto, I. (2023). Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Pendidikan Bahasa Kedua. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Suyitno, et al. (2021). Foreign learners' perception, satisfaction, and learning outcome in learning Indonesian language. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(1).
Wiratsih, W. (2019). Analisis kesulitan pelafalan konsonan bahasa Indonesia (studi kasus terhadap pemelajar BIPA asal Tiongkok di Universitas Atma Jaya Yogyakarta). Jurnal Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(2).
Yulianto, B. (2019). Teori dan Aplikasi Fonologi Generatif. Gresik: Granitu.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.