Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) MenggunakanMetode Diferensiasi Sebagai Bentuk Pembelajaran yang Berpihak Kepada Peserta Didik di SDN 1 Kasturi Tahun Ajaran 2024/2025

Ine Sinta Nia, Inayah Rizqiana, Intan Surya Pertiwi, Isramil Husna, Ivandi Arisky, Jemi Ridolof Wadu

Sari

Dalam penelitian ini, penerapan Pendekatan TaRL menggunakan metode pembelajaran berdiferensiasi sebagai bentuk pembelajaran yang berpihak kepada peserta didik sudah diterapkan di SD Negeri 1 Kasturi tahun ajaran 2024/2025. Meskipun diketahui juga bahwa baru sebagian guru di SD Negeri 1 Kasturi yang telah menerapkan pendekatan pembelajaran TaRL menggunakan metode pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi yang diterapkan di SD Negeri 1 Kasturi masih menemui beberapa tantangan dan hambatan, seperti manajemen waktu dan juga membutuhkan kerja lebih atau ekstra di tengah beban administrasi guru yang banyak. Selain itu, perpustakaan, bahan bacaan, proyektor, serta infrastruktur dan sumber daya lainnya tidak mencukupi untuk memungkinkan teknik pembelajaran yang bervariasi seefektif mungkin.Agar guru sebagai fasilitator pembelajaran dapat memberikan pengajaran dan pembelajaran yang terbaik bagi siswa, diharapkan pemerintah dan lembaga pendidikan dapat memberikan dukungan sarana dan prasarana yang memadai sebagai upaya untuk meningkatkan standar pendidikan di SD Negeri 1 Kasturi untuk tahun ajaran berikutnya.. Guru harus dapat memberikan pengajaran dan pembelajaran yang mendukung perkembangan optimal siswa terlepas dari kesulitan dan hambatan yang mereka hadapi, sehingga dengan menggabungkan teknik pembelajaran yang bervariasi dengan strategi pembelajaran Teaching at the Right Level (TaRL), kegiatan pembelajaran ini dapat menunjukkan keberpihakannya kepada siswa dan memberikan pengetahuan yang bermakna.

Kata Kunci

Diferensiasi; Teaching at the Right Level (TaRL)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Abi, A. R. (2017). Paradigma membangun generasi emas Indonesia tahun 2045. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 85-90.

Amalia, K., Rasyad, I., & Gunawan, A. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi sebagai inovasi pembelajaran. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 5(2), 185-193.

Amin, Y. F., Siswanto, J., Untari, M., & Kanitri, N. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Aspek Proses Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 Sdn Pedurungan Kidul 01. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 653-664.

Audah, N., Zuhri, M., & Jufri, A. W. (2023). Penggunaan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Sikap Gotong-royong Profil Pelajar Pancasila Peserta Didik Kelas X2 SMAN 1 Mataram Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2184-2188.

Damayanti, D. H., Sukamto, S., Wahyudin, H., & Sunarti, S. (2024). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis P5 di Kelas IV SDN Kaligawe Kota Semarang. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 5(3).

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas.

Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV sekolah dasar di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(8), 1780-1793.

Faiz, A., & Faridah, F. (2022). Program Guru Penggerak Sebagai Sumber Belajar. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 82-88.

Hermansyah, W. (2023). Tantangan Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Negeri Kerekeh Kecamatan Unter Iwes Kabupaten Sumbawa. NIVEDANA: Jurnal Komunikasi dan Bahasa, 4(2), 494-499.

Made, R. K. N. (2022). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi model vak dengan multimoda untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Majalah Ilmiah Universitas Tabanan, 19(1), 55-60.

Malikha, D. R. (2018, October). Strategi Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Sebagai Salah Satu Metode Pembelajaran Berkarakter dan Berwawasan Global. In Seminar Nasional Pendidikan Dan Kewarganegaraan IV (pp. 88-98).

Marzoan, M. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar (Tinjauan Literature dalam Implementasi Kurikulum Merdeka). Renjana Pendidikan Dasar, 3(2), 113-122.

Minasari, U., & Susanti, R. (2023). Penerapan Model Problem Based Leaning Berbasis Berdiferensiasi berdasarakan Gaya Belajar Peserta Didik pada Pelajaran Biologi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 282-287.

Murdiyanto, D., & Arifin, Z. (2024). Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level pada Materi Penulisan Surat Resmi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII B SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 3(2), 177-191.

Nawati, A., Yulia, Y., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi model problem based learning terhadap hasil belajar IPA pada siswa sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6167-6180.

Ningrum, M. C., Juwono, B., & Sucahyo, I. (2023). Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 94-99.

Ningrum, M., & Andriani, R. (2023). Kurikulum merdeka belajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 5(1), 85-100.

Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 16(1), 34-54.

Rochmaningsih, B., & Susilo, A. (2023, October). PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI SOLUSI KEBERPIHAKAN GURU KEPADA PESERTA DIDIK. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 5, No. 5, pp. 49-53).

Sarie, F. N. (2022). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dengan model problem based learning pada siswa sekolah dasar kelas VI. Tunas Nusantara, 4(2), 492-498.

Susanti, E., Alfiandra, A., Ramadhan, A. R., Nuriyani, R., Dameliza, O., & Sari, Y. K. (2023). Optimalisasi pembelajaran berdiferensiasi konten dan proses pada perencanaan pembelajaran ppkn. Educatio, 18(1), 143-153.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.