PENERAPAN DISIPLIN POSITIF UNTUK MEMBANGUN KARAKTER POSITIF SISWA

Musni Faisal

Sari

ABSTRAKDisiplin positif merupakan pendekatan yang menekankan penghargaan terhadap martabat siswa dan penanaman tanggung jawab melalui cara yang reflektif, kolaboratif, dan memberdayakan. Pendekatan ini penting dalam membentuk karakter siswa sejak dini, khususnya di pendidikan dasar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi disiplin positif di SDN 03 Andaleh dalam membentuk karakter siswa yang mandiri dan bertanggung jawab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan kontrol kolaboratif dengan membangun hubungan yang positif, menyusun aturan bersama, serta memberikan konsekuensi logis dan pilihan kepada siswa. Kesalahan siswa dijadikan sebagai momen pembelajaran melalui refleksi dan restitusi. Pendekatan ini juga membantu guru memisahkan perilaku dari identitas siswa, sehingga tetap memperlakukan siswa dengan penghargaan. Disiplin positif terbukti meningkatkan kesadaran diri, tanggung jawab, serta hubungan guru dan siswa. Temuan ini memperkuat bahwa disiplin positif merupakan strategi efektif dalam penguatan pendidikan karakter di sekolah dasar.Kata Kunci: disiplin positif, kebutuhan dasar manusia, kontrol kolaboratif, refleksi, restitusi

Kata Kunci

isiplin positif, kebutuhan dasar manusia, kontrol kolaboratif, refleksi, restitusi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Buku

Curwin, R. L., & Mendler, A. N. (2018). Discipline with Dignity: New Challenges, New Solutions.

Alexandria: ASCD.

Hurlock, E. B. (2003). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan.

Jakarta: Erlangga.

Marzano, R. J., & Pickering, D. J. (2003). Classroom Management that Works: Research-Based

Strategies for Every Teacher. Alexandria: ASCD.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Tilaar, H. A. R. (2002). Manajemen Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.

Artikel Jurnal

Bandi, S., & Rusman, R. (2020). Penerapan disiplin positif dalam meningkatkan kedisiplinan siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 45-56.

Kurniawati, S. D. (2019). Implementasi metode disiplin positif pada pendidikan dasar: Studi kasus di sekolah inklusi. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 123-135.

Rahmawati, A. (2021). Efektivitas disiplin positif dalam membentuk perilaku siswa di sekolah dasar.

Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(3), 211-220.

Sumber Online

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Panduan Implementasi Disiplin Positif di Sekolah. Diakses pada 13 Desember 2024 dari https://kemdikbud.go.id

UNICEF Indonesia. (2021). Disiplin positif: Strategi membangun lingkungan belajar yang mendukung anak. Diakses dari https://www.unicef.org/indonesia

Peraturan Resmi

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah. Jakarta: Kemdikbud.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.