IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KURIKULUM MERDEKA
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Achmad, G. H. (2021). KEDUDUKAN KURIKULUM DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. YASIN : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Budaya, 1(2), 246–261. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/yasin
Achmad Sudaryo. (2023). Dinamika Pendidikan Islam di Indonesia. INTERDISIPLIN: Journal of Qualitative and Quantitative Research, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.61166/interdisiplin.v1i1.1
Aminah, I. A. N., & Sya’bani, M. A. Y. (n.d.). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.
Arif, S. (2016). MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 2 PAMEKASAN. Nuansa, 13(2), 417–448.
Asrowi. (2019). Prinsip-Prinsip Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam. Jurnal Aksioma Ad-Diniyah, 7(1), 95–106.
Ayu, W., Pendidikan, N., Islam, A., Tinggi, S., Perdagangan, P. B., Ayu, I., Pendidikan, P., & Wahyudi, M. (2022). PRINSIP-PRINSIP PENDIDIKAN ISLAM. At Tabayyun, 5(1), 67–76.
Aziz, A. A., Hidayatullah, A. S., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(1), 63. https://doi.org/10.36667/jppi.v9i1.542
Caren Patrysha, Nurul Azizah, & Gusmaneli Gusmaneli. (2024). Meningkatkan Partisipasi Siswa Melalui Metode Project Based Learning dalam Pendidikan Agama Islam. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 3(2), 01–12. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v3i2.1399
Fitri, R. A., Nursyifa, A., Rizky, A., Siregar, P., Marwahta, A., & Ginting, B. (2023). ESENSI KURIKULUM DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Kajian Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 7(4). http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia
Hartati, M. (2022). Usaha Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII), 3(3), 48–51. https://doi.org/10.37251/jpaii.v3i3.634
Hidayat, M. C., & Mulyono, S. (2019). INTEGRASI SAINS TEKNOLOGI DENGAN NILAI-NILAI ISLAM : MODEL PENDIDIKAN YANG MEMBERDAYAKAN. Jurnal Tamaddun, 20(1), 15–28.
Hidayatullah, K. (2016). Kajian Islam Tentang Terorisme Dan Jihad. Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman. https://core.ac.uk/download/pdf/268132647.pdf
Ikhwan, A. (2014). INTEGRASI PENDIDIKAN ISLAM (Nilai-Nilai Islami dalam Pembelajaran). Ta’allum, 2(2), 179–194.
Indrawati, T. (2022). Efektifitas Pembelajaran Pai Di Pkbm (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Marsudi Karya Beji Kedungbanteng Banyumas. Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII), 3(1), 1–4. https://doi.org/10.37251/jpaii.v3i1.613
Jon, E., & Sari, A. P. (2019). Pengembangan buku ajar microteaching bernuansa islami dalam meningkatkan pendidikan karakter mahasiswa calon guru. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 88. https://doi.org/10.29210/120192368
Juliar, S. (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI MENGACU PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI ERA PASCA PANDEMI COVID-19. ANALYSIS: JOURNAL OF EDUCATION, 1(1), 87–94.
Kadir, H. A. (2023). Application of the Pancasila Student Profile. Indonesian Journal of Contemporary Multidisciplinary Research, 2(3), 349–354. https://doi.org/10.55927/modern.v2i3.4116
Khadafi, Z. A., Oktariani, C., Asri, M., & Silalahi, S. B. P. (2023). Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam. Journal Ability : Journal of Education and Social Analysis , 4(3), 1–7.
Khairani, H. A. (n.d.). PRINSIP-PRINSIP PENDIDIKAN ISLAM.
Mansir, F. (2020). Diskursus Sains dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah Era Digital. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 3(2), 144–157. http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/kamaya
Ma’rifataini, L. (2017). BEST PRACTICE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH (SMA/SMK).
Marzuki, & Khanifah, S. (2016). PENDIDIKAN IDEAL PERSPEKTIF TAGORE DAN KI HAJAR DEWANTARA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK. Jurnal Civics, 13, 172–181.
Maulia Rossyka, M. (2023). Pemikiran Tranformasi Pendidikan Islam di Indonesia. Peradaban Journal of Interdisciplinary Educational Research, 1(1), 83–85. https://doi.org/10.59001/pjier.v1i1.103
Mira, K. (2024). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 93–102. https://irje.org/index.php/irje
Nafiq. (2023). EFEKTIFITAS KURIKULUM MERDEKA TERHADAP.
Nasir. (2020). Islamic Education Principles: Universal, Balance, Simple, Individual Differences, And Dynamic. Istiqra’, 7(2), 146–160.
Noorzanah. (2017). Konsep Kurikulum Dalam Pendidikan Islam. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15(28), 68–74.
Nugraha, T. C., Abdel Rahim, E. S. E. S. A., & Lukman, F. (2024). INTEGRATING PROBLEM-BASED AND FLIPPED LEARNING IN ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION: A PATHWAY TO ACHIEVING SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 125–136. https://doi.org/10.15575/jpi.v10i1.35204
Pratama, D. M. A., & Abidin, Z. (2024). Implementation of Project-Based Learning Model in Islamic Religious Education for Grade X at Muhammadiyah Senior High School 1 Surakarta. JUSPI (Jurnal Sejarah Peradaban Islam), 8(1), 177. https://doi.org/10.30829/juspi.v8i1.20622
Rachmawati, D. E., & Purwandari, E. (2022). Proses Ta’dib sebagai penguatan aplikasi pendidikan Islam di Indonesia: Pendekatan Systematic Literature Review. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 175. https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i2.7272
Rahardjanto, A., & Susilowati, R. (2018). Study of Learning Strategy Integration of Science and Religion on the Development of Student Character.
Rahayu, D., Puspita, A. M. I., & Puspitaningsih, F. (2020). KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA SISWA SEKOLAH DASAR. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i2.3626
Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431
Riza, M. (2024). WEBINAR THE BEST PRACTICE PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL DALAM HARMONISASI KEHIDUPAN MASYARAKAT DI INDONESIA. JPMA - Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam, 4(1), 7–19. https://doi.org/10.37249/jpma.v4i1.715
Rizkianti, P. A., Asbari, M., Priambudi, N. P., Alhani, S., & Asri, J. (2024). Pendidikan Indonesia Masih Buruk? JOURNAL OF INFORMATION SYSTEMS AND MANAGEMENT, 03(02). https://doi.org/10.4444/jisma.v2i6.613
Rubi Babullah, Siti Qomariyah, Neneng Neneng, Ujang Natadireja, & Siti Nurafifah. (2024). Kolaborasi Metode Diskusi Kelompok Dengan Problem Solving Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Aqidah Akhlak. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(2), 65–84. https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i2.132
Sayuti, U., Al Ikhlas, Fery, A., Zulmuqim, & Zalnur M. (2022). Hakikat Pendidikan Islam. Journal on Education, 05(01), 834–841.
Sholikhah, K. (n.d.). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA QS. AL-AN’AM AYAT 151 DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH.
Siregar, N., Hanani, S., Sesmiarni, Z., Ritonga, P., & Pahutar, E. (2024). DAMPAK PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. 5(2), 680–690. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal
Sumarni. (2016). Best Practice of Islamic Religious Education at SMAN (State Senior High School) 2 of Serang,Banten. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 14(3), 425–444.
Suriadi, & Mursidin. (n.d.). Teori-Teori Pengembangan Pendidik: Sebuah Tinjauan Ilmu Pendidikan Islam. https://journal.stai-alfurqan.ac.id/alqiyam/index.php/alqiyam/
Surikno, Novianty, & Miska. (2022). HAKIKAT PENDIDIKAN ISLAM: TELAAH MAKNA, DASAR DAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Al Mau’izhah, 12(1), 225–256.
Wahidin, U., Sarbini, M., & Tabroni, I. (2022). Evaluasi Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), 831. https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.3175
Winda Pramita, A., Lubis, C. N., Aulia, N., & Sopha, G. Z. (2023). Hakikat Pendidikan Islam: Tarbiyah, Ta’lim Dan Ta’dib. In Journal of Educational Research and Humaniora (JERH) (Vol. 1). https://pusdikra-publishing.com/index.php/jisc
Yusrina, I. (2021). Penerapan Pendidikan Berbasis Tauhid dalam Pembentukan Karakter Spiritual Anak di TK YAA Bunayya Kota Pekalongan. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(3), 2774–2156.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.