IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KURIKULUM MERDEKA

Miftahul Haera, Najwa Nailal Janna, Tsaqiilaa Qurrata'ayun, Wirdan Fauzi, Muhammad Parhan

Sari

Reformasi pendidikan di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir telah memfokuskan pada penerapan Kurikulum Merdeka, yang menekankan kebebasan serta kemandirian siswa dalam proses pembelajaran. Pendekatan ini mengutamakan pada implementasi kurikulum pembelajaran yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan kritis, kreatif, dan kolaboratif siswa. Namun, terdapat kesenjangan signifikan dalam mengintegrasikan nilai-nilai Islam secara efektif dalam pembelajaran. Hal ini menjadi tantangan dalam konteks pendidikan Islam yang berperan penting dalam pembentukan karakter religius dan spiritual siswa. Minimnya studi yang meneliti efektivitas penerapan pendidikan Islam dalam Kurikulum Merdeka mempertegas gap tersebut. Padahal, pembelajaran berbasis nilai-nilai Islam memiliki potensi besar untuk memperkuat pengembangan karakter siswa, terutama dalam hal kedisiplinan, tanggung jawab, dan spiritualitas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Sumber data yang digunakan meliputi jurnal dan artikel yang relevan dengan pendidikan islam dan kurikulum merdeka. Pendekatan ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilai-nilai Islam terhadap perkembangan karakter siswa, khususnya dalam aspek religiusitas dan spiritualitas, sambil tetap mempertahankan fleksibilitas dan inovasi sesuai dengan prinsip utama Kurikulum Merdeka.

Kata Kunci

Pendidikan Islam; Kurikulum merdeka

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Achmad, G. H. (2021). KEDUDUKAN KURIKULUM DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. YASIN : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Budaya, 1(2), 246–261. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/yasin

Achmad Sudaryo. (2023). Dinamika Pendidikan Islam di Indonesia. INTERDISIPLIN: Journal of Qualitative and Quantitative Research, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.61166/interdisiplin.v1i1.1

Aminah, I. A. N., & Sya’bani, M. A. Y. (n.d.). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.

Arif, S. (2016). MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 2 PAMEKASAN. Nuansa, 13(2), 417–448.

Asrowi. (2019). Prinsip-Prinsip Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam. Jurnal Aksioma Ad-Diniyah, 7(1), 95–106.

Ayu, W., Pendidikan, N., Islam, A., Tinggi, S., Perdagangan, P. B., Ayu, I., Pendidikan, P., & Wahyudi, M. (2022). PRINSIP-PRINSIP PENDIDIKAN ISLAM. At Tabayyun, 5(1), 67–76.

Aziz, A. A., Hidayatullah, A. S., Ruswandi, U., & Arifin, B. S. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(1), 63. https://doi.org/10.36667/jppi.v9i1.542

Caren Patrysha, Nurul Azizah, & Gusmaneli Gusmaneli. (2024). Meningkatkan Partisipasi Siswa Melalui Metode Project Based Learning dalam Pendidikan Agama Islam. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 3(2), 01–12. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v3i2.1399

Fitri, R. A., Nursyifa, A., Rizky, A., Siregar, P., Marwahta, A., & Ginting, B. (2023). ESENSI KURIKULUM DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Kajian Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 7(4). http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia

Hartati, M. (2022). Usaha Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII), 3(3), 48–51. https://doi.org/10.37251/jpaii.v3i3.634

Hidayat, M. C., & Mulyono, S. (2019). INTEGRASI SAINS TEKNOLOGI DENGAN NILAI-NILAI ISLAM : MODEL PENDIDIKAN YANG MEMBERDAYAKAN. Jurnal Tamaddun, 20(1), 15–28.

Hidayatullah, K. (2016). Kajian Islam Tentang Terorisme Dan Jihad. Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman. https://core.ac.uk/download/pdf/268132647.pdf

Ikhwan, A. (2014). INTEGRASI PENDIDIKAN ISLAM (Nilai-Nilai Islami dalam Pembelajaran). Ta’allum, 2(2), 179–194.

Indrawati, T. (2022). Efektifitas Pembelajaran Pai Di Pkbm (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Marsudi Karya Beji Kedungbanteng Banyumas. Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII), 3(1), 1–4. https://doi.org/10.37251/jpaii.v3i1.613

Jon, E., & Sari, A. P. (2019). Pengembangan buku ajar microteaching bernuansa islami dalam meningkatkan pendidikan karakter mahasiswa calon guru. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 88. https://doi.org/10.29210/120192368

Juliar, S. (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI MENGACU PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI ERA PASCA PANDEMI COVID-19. ANALYSIS: JOURNAL OF EDUCATION, 1(1), 87–94.

Kadir, H. A. (2023). Application of the Pancasila Student Profile. Indonesian Journal of Contemporary Multidisciplinary Research, 2(3), 349–354. https://doi.org/10.55927/modern.v2i3.4116

Khadafi, Z. A., Oktariani, C., Asri, M., & Silalahi, S. B. P. (2023). Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam. Journal Ability : Journal of Education and Social Analysis , 4(3), 1–7.

Khairani, H. A. (n.d.). PRINSIP-PRINSIP PENDIDIKAN ISLAM.

Mansir, F. (2020). Diskursus Sains dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah Era Digital. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 3(2), 144–157. http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/kamaya

Ma’rifataini, L. (2017). BEST PRACTICE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH (SMA/SMK).

Marzuki, & Khanifah, S. (2016). PENDIDIKAN IDEAL PERSPEKTIF TAGORE DAN KI HAJAR DEWANTARA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK. Jurnal Civics, 13, 172–181.

Maulia Rossyka, M. (2023). Pemikiran Tranformasi Pendidikan Islam di Indonesia. Peradaban Journal of Interdisciplinary Educational Research, 1(1), 83–85. https://doi.org/10.59001/pjier.v1i1.103

Mira, K. (2024). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 93–102. https://irje.org/index.php/irje

Nafiq. (2023). EFEKTIFITAS KURIKULUM MERDEKA TERHADAP.

Nasir. (2020). Islamic Education Principles: Universal, Balance, Simple, Individual Differences, And Dynamic. Istiqra’, 7(2), 146–160.

Noorzanah. (2017). Konsep Kurikulum Dalam Pendidikan Islam. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15(28), 68–74.

Nugraha, T. C., Abdel Rahim, E. S. E. S. A., & Lukman, F. (2024). INTEGRATING PROBLEM-BASED AND FLIPPED LEARNING IN ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION: A PATHWAY TO ACHIEVING SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 125–136. https://doi.org/10.15575/jpi.v10i1.35204

Pratama, D. M. A., & Abidin, Z. (2024). Implementation of Project-Based Learning Model in Islamic Religious Education for Grade X at Muhammadiyah Senior High School 1 Surakarta. JUSPI (Jurnal Sejarah Peradaban Islam), 8(1), 177. https://doi.org/10.30829/juspi.v8i1.20622

Rachmawati, D. E., & Purwandari, E. (2022). Proses Ta’dib sebagai penguatan aplikasi pendidikan Islam di Indonesia: Pendekatan Systematic Literature Review. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 175. https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i2.7272

Rahardjanto, A., & Susilowati, R. (2018). Study of Learning Strategy Integration of Science and Religion on the Development of Student Character.

Rahayu, D., Puspita, A. M. I., & Puspitaningsih, F. (2020). KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP KERJASAMA SISWA SEKOLAH DASAR. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(2). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i2.3626

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Riza, M. (2024). WEBINAR THE BEST PRACTICE PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL DALAM HARMONISASI KEHIDUPAN MASYARAKAT DI INDONESIA. JPMA - Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam, 4(1), 7–19. https://doi.org/10.37249/jpma.v4i1.715

Rizkianti, P. A., Asbari, M., Priambudi, N. P., Alhani, S., & Asri, J. (2024). Pendidikan Indonesia Masih Buruk? JOURNAL OF INFORMATION SYSTEMS AND MANAGEMENT, 03(02). https://doi.org/10.4444/jisma.v2i6.613

Rubi Babullah, Siti Qomariyah, Neneng Neneng, Ujang Natadireja, & Siti Nurafifah. (2024). Kolaborasi Metode Diskusi Kelompok Dengan Problem Solving Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Aqidah Akhlak. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(2), 65–84. https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i2.132

Sayuti, U., Al Ikhlas, Fery, A., Zulmuqim, & Zalnur M. (2022). Hakikat Pendidikan Islam. Journal on Education, 05(01), 834–841.

Sholikhah, K. (n.d.). NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA QS. AL-AN’AM AYAT 151 DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH.

Siregar, N., Hanani, S., Sesmiarni, Z., Ritonga, P., & Pahutar, E. (2024). DAMPAK PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. 5(2), 680–690. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal

Sumarni. (2016). Best Practice of Islamic Religious Education at SMAN (State Senior High School) 2 of Serang,Banten. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 14(3), 425–444.

Suriadi, & Mursidin. (n.d.). Teori-Teori Pengembangan Pendidik: Sebuah Tinjauan Ilmu Pendidikan Islam. https://journal.stai-alfurqan.ac.id/alqiyam/index.php/alqiyam/

Surikno, Novianty, & Miska. (2022). HAKIKAT PENDIDIKAN ISLAM: TELAAH MAKNA, DASAR DAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Al Mau’izhah, 12(1), 225–256.

Wahidin, U., Sarbini, M., & Tabroni, I. (2022). Evaluasi Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Praktik Pengalaman Lapangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), 831. https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.3175

Winda Pramita, A., Lubis, C. N., Aulia, N., & Sopha, G. Z. (2023). Hakikat Pendidikan Islam: Tarbiyah, Ta’lim Dan Ta’dib. In Journal of Educational Research and Humaniora (JERH) (Vol. 1). https://pusdikra-publishing.com/index.php/jisc

Yusrina, I. (2021). Penerapan Pendidikan Berbasis Tauhid dalam Pembentukan Karakter Spiritual Anak di TK YAA Bunayya Kota Pekalongan. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(3), 2774–2156.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.