INOVASI MODEL PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM MERDEKA: STUDI DINAMIKA PEDAGOGIS DI SEKOLAH DASAR

Siti Nurjannah, Sukiman sukiman

Sari

Kurikulum memegang peranan penting dalam menentukan arah dan mutu pendidikan, inovasi dalam kurikulum sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan global yang terus berrkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan inovasi model pembelajaran dalam kurikulum merdeka di kelas 3 SDIT yang berada di daerah Cirebon. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini melibatkan wawancara dengan satu guru sebagai narasumber untuk menggali pengalaman dan pandangan mengenai inovasi model pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa kurikulum Merdeka memberikan kebebasan kepada siswa untuk belajar sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka, serta mendorong peran guru sebagai fasilitator. Model pembelajaran inovatif seperti project – based learning (PBL) dan pendekatan kooperatif terbukti meningkatkan keterlibatan, motivasi, dan hasil belajar siswa. meskipun terdapat tantangan dalam menciptakan pembelajaran yang sepenuhnya aktif dan interaktif, dukungan dari pihak sekolah dan interaksi positif antara guru dan siswa dapat membantu mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menyimpulkan bahwa inovasi dalam model pembelajaran merupakan faktor kunci dalam keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka, yang bertujuan untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan di masa depan dengan keterampilan abad ke-21.

Kata Kunci

Kurikulum Merdeka, inovasi model pembelajaran, Project-Based Learning, pendidikan dasar, keterampilan abad ke-21

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

E-Book:

Gardner, H. (1993). Multiple intelligences: The theory in practice. In Multiple intelligences: The theory in practice. (pp. xvi, 304–xvi, 304). Basic Books/Hachette Book Group.

Saavedra, A. R., & Opfer, V. D. (2012). Teaching and Learning 21st Century Skills: Lessons From the Learning Sciences. Asia Socienty Partnership for Global Learning, 2, 2–5. https://eur-lex.europa.eu/legal-content/PT/TXT/PDF/?uri=CELEX:32016R0679&from=PT%0Ahttp://eur-lex.europa.eu/LexUriServ/LexUriServ.do?uri=CELEX:52012PC0011:pt:NOT

L. S. Vygotsky, M. C. (1978). Mind in Society: Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.

Matthew B. Miles, A. Michael Huberman, J. S. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (1st ed.). SAGE Publication.

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record: The Voice of Scholarship in Education, 108(6), 1017–1054. https://doi.org/10.1177/016146810610800610

Piaget, J. (1976). To understand is to invent: the future of education (J. Piaget (ed.)). New York: Penguin Books.

Tomlinson, C. A., & Imbeau, M. B. (2010). A Differentiated Classroom. In Assessment and Student Sucess in a differentiated classroom.

Arikel:

Achmad, G. H., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). Penilaian Autentik pada Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5685–5699. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3280

Alves De Souza, R., Brunstein, J., Dewey, J., Dr, R., & Schulz, C. (2018). Experience and Education. Australian Journal of Adult, 58(2). www.ajal.

Amelia Rizky Idhartono. (2022). Literasi Digital Pada Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Anak. Devosi : Jurnal Teknologi Pembelajaran, 12(2), 91–96. https://doi.org/10.36456/devosi.v6i1.6150

Amir, A., Azmin, N., Rubianti, I., & Olahairullah. (2021). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelaran Index Card Match Pada Pelajaran IPA Terpadu Jurnal PIPA: Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal PIPA: Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 02(01), 1–6. https://jurnal.habi.ac.id/index.php/JP-IPA

Black, Paul; Wiliam, D. (1998). Assessment and classroom learning. Curriculum-based. In Assessment in Education: Principles, Policy & Practice (Vol. 5, Issue 1, pp. 7–74).

Edward L. Deci, R. M. R. (2013). Intrinsic Motivation and Self-Determination in Human Behavior (1st ed.). Plenum Press, New York.

Hafizhah, Z. (2021). Inovasi Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(2), 22–23. https://www.researchgate.net/publication/351091193

Hartoyo, A., & Rahmadayanti, D. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2247–2255. https;//jbasic.org/index.php/basicedu

Lisnawati, L., Kuntari, S., & Hardiansyah, M. A. (2023). Peran Guru dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi. As-Sabiqun, 5(6), 1677–1693. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i6.4086

Manalu, E. (2014). Penerapan Pendekatan Konstruktivis Sosial Dalam. Jurnal Handayani, 2(1), 13–23. https://doi.org/10.24114/jh.v2i1.1733

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142

Mulia, J. R., Nasution, B., Asmendri, A., & Sari, M. (2023). Peranan Kurikulum Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 34–40. https://doi.org/10.19109/elidare.v9i2.19208

Nurhayati, I., Pramono, K. S. E., & Farida, A. (2024). Keterampilan 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication And Collaboration) dalam Pembelajaran IPS untuk Menjawab Tantangan Abad 21. Jurnal Basicedu, 8(1), 36–43. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6842

Permana, R., Eka Praja Wiyata Mandala, Dewi Eka Putri, & Musli Yanto. (2022). Penerapan Teknologi Augmented Reality dan Virtual Reality dalam Peningkatan Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Majalah Ilmiah UPI YPTK, 29, 7–12. https://doi.org/10.35134/jmi.v29i1.90

Radu, I. (2014). Augmented reality in education: A meta-review and cross-media analysis. Personal and Ubiquitous Computing, 18(6), 1533–1543. https://doi.org/10.1007/s00779-013-0747-y

Retnaningsih, D. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match dalam Meningkatlam Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.20961/jkc.v8i2.42538

Ridwan, M. hasbullah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa. Jurnal Tarbiyatuna: Jurnal Kajian Pendidikan, Pemikiran Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 2(2), 149–163. https://doi.org/10.30739/tarbiyatuna.v2i2.1363

Saiful Rizal, A. (2023). Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Era Digital. Attanwir : Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 14(1), 11–28. https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v14i1.329

Simon Paulus Olak Wuwur, E. (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v3i1.1417

Soleman, N. (2020). Dinamika Perkembangan Kurikulum di Indonesia. Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 12(1), 1. https://doi.org/10.46339/foramadiahi.v12i1.228

Subban, P. (2006). Differentiated instruction: A research basis. International Education Journal, 7(7), 935–947.

Dokumen Resmi :

Permendikbud no 20 tahun 2016. (2016). Standar Kompetensi Lulusan No. 20 Tahun 2016. Kemendikbud, 3(2), 1–8.

Prosiding :

Fikrie, F., & Ariani, L. (2019). Keterlibatan Siswa (Student Engagement) Di Sekolah sebagai Salah Satu Upaya Peningkatan Keberhasilan Siswa di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional & Call Paper, 6(April), 103–110.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.