KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA KERAJINAN TANGAN RAJAPOLAH

Lenny Ariani Purnomo, Ida Nuraida, Ai Tusi Fathimah

Sari


Latar belakang penelitian ini yakni pembelajaran matematika yang kurang bermakna berdampak terhadap rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Adapun tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa menggunakan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika kerajinan tangan Rajapolah dengan siswa menggunakan pembelajaran matematika bersumber dari buku bersumber dari buku lain matematika kelas 7 yang biasa diterapkan sekolah. Model pembelajaran matematika pada penelitian ini menggunakan Cooperative Learning. Untuk mengetahui perbedaan tersebut maka peneliti menggunakan metode quasi eksperimen (kuantitatif) dalam analisis datanya. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu kelas yang menggunakan pembelajaran berbasis etnomatematika kerajinan tangan Rajapolah dengan kelas bersumber dari buku bersumber dari buku lain matematika kelas 7. Sampel tersebut dipilih menggunakan purposive Sampling yaitu sampel dipilih berdasarkan karakteristik yang sama. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan posttest kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Data yang diperoleh pada penelitian ini dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji perbedaan dua rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa uji perbedaan dua rata-rata atau uji-t data posttest antara kelas menggunakan pembelajaran berbasis etnomatematika kerajinan tangan Rajapolah dengan kelas menggunakan pembelajaran bersumber dari buku bersumber dari buku lain matematika kelas 7 yang biasa diterapkan sekolah. Hasil penelitian ini yaitu terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa menggunakan pembelajaran berbasis etnomatematika kerajinan tangan Rajapolah dengan kelas menggunakan pembelajaran bersumber dari buku bersumber dari buku lain matematika kelas 7 yang biasa diterapkan sekolah.

Kata Kunci


Kemampuan Pemahaman Konsep; Pembelajaran Berbasis Etnomatematika; Kerajinan Tangan Rajapolah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1). https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3890.

Anggralia, R., Deswita, R., Erita, S., Habibi, M., & Putra, A. (2019). Effect of Model-Eliciting Activities (MEAs) Approach on Students’ Mathematical Communication Skills (Pengaruh Pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa). Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 41–49. https://doi.org/10.22460/p2m.v2i1p40-45.162

Annisah, S., Suhendi, S., Supriatin, A., & Masfi’ah, S. (2021). Penurunan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar Selama Pembelajaran Online di Masa Pandemic Covid-19. Elementary : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 201. https://doi.org/10.32332/ejipd.v7i2.3745

Arissandi, D., Setiawan, christina T., & Wiludjeng, R. (2019). Peran Etnomatematika Kerajinan Tangan Rajapolah sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika. Jurnal Borneo Cendekia, 3(2), 40–46.

Marsigit, Condromukti, R., Setiana, D. S., & Hardiarti, S. (2014). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 20–38.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292

Mulyasari, D. W., Abdussakir, A., & Rosikhoh, D. (2021). Efektivitas Pembelajaran Etnomatematika “Permainan Engklek” Terhadap Pemahaman Konsep Geometri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tadris Matematika, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.21274/jtm.2021.4.1.1-14

Nugroho, K. U. Z., Widada, W., Zamzaili, & Herawaty, D. (2019). Pemahaman Konsep Matematika melalui Media Youtube dengan Pendekatan Etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(01), 96–106.

Nuraida, I., Kusumah, Y. S., & Kartasasmita, B. G. (2019). Realistic mathematics education with local instruction theory for enhancement students’ procedural fluency. Journal of Physics: Conference Series, 1280(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1280/4/042003

Prabawati, M. N. (2016). Etnomatematika Masyarakat Pengrajin Anyaman Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya. Infinity Journal, 5(1), 25. https://doi.org/10.22460/infinity.v5i1.p25-31

Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/11405

Pusvita, Y., & Widada, W. (2019). Etnomatematika Kota Bengkulu : Eksplorasi Makanan Khas Kota Bengkulu “ Bay Tat .” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 185–193. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/11405.

Sunaryo, Y., Nuraida, I., & Zakiah, N. E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Tipe Traditional Clasess-Real Workshop Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Ditinjau Dari Self-Confidence Siswa. TEOREMA : Teori Dan Riset Matematika, 2(2), 93. https://doi.org/10.25157/teorema.v2i2.1071

Wahyuni, P. (2016). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division(STAD) Terhadap Pemahaman Konsep dan Komunkasi Matematis Siswa Kelas VIII MTS Negeri Pekanbaru. 19(1), 1–14.

Winahyu, W., Ma’rufi, M., & Ilyas, M. (2020). Pengaruh Pendekatan Stem Berbasis Etnomatematika Terhadap Pemahaman Konsep Dan Minat Belajar Siswa Kelas V Min Pangkajene Kepulauan. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 120–134. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v5i2.419




DOI: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v5i1.17312

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##