ANALISIS PELAKSANAAN MANAJEMEN LABORATORIUM IPA DI SMP NEGERI 3 GUNUNGSITOLI

Arni Lafau, Sudieli Nazara, Abertina Zebua, Jernih Puspita Sari Waruwu, Anggun Marfiah Baeha, Natalia Kristiani Lase

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan sistem pengelolaan Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SMP Negeri 3 Gunungsitoli. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan analisis dokumen yang berkaitan dengan pengelolaan laboratorium ilmiah.  Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa laboratorium di SMP Negeri 3 Gunungsitoli masih belum  memenuhi standar manajemen laboratorium yang baik. Lebih lanjut,  hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem manajemen laboratorium IPA SMP Negeri 3 Gunungsitoli memiliki beberapa alur antara lain perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, evaluasi, dan pengembangan. Perencanaan mencakup penetapan tujuan laboratorium, pengalokasian sumber daya, serta penyusunan jadwal pemanfaatan laboratorium. Pada aspek organisasi, pengelolaan difokuskan pada sarana, peralatan, dan tenaga pendidik. Sementara itu, pelaksanaan melibatkan proses pembelajaran, pengamanan, dan perawatan peralatan. Pengawasan dilakukan melalui pemantauan aktivitas laboratorium, evaluasi kinerja tenaga pendidik, serta pengumpulan umpan balik dari pengguna laboratorium. Upaya perbaikan sistem dilakukan dengan mengidentifikasi kendala, mengevaluasi proses yang berjalan, dan merumuskan strategi peningkatan. Namun, penelitian ini juga mengungkapkan adanya sejumlah kendala dalam pengelolaan laboratorium IPA, seperti keterbatasan sumber daya dan kebutuhan pengembangan fasilitas laboratorium. Rekomendasi yang diajukan bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan kualitas pengelolaan laboratorium ilmiah. Hal ini mencakup upaya untuk mengoptimalkan alokasi sumber daya serta meningkatkan fasilitas laboratorium guna mendukung kegiatan penelitian dan pembelajaran secara lebih maksimal.

Kata Kunci

Manajemen, Laboratorium IPA

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Anggereni, S., & Ikbal, M. S. (2018). Analysis of Physics Laboratory Management at The Northern Region of Makassar’s State Senior High Schools By Standard of Facilities and Infrastructure. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 7(1), 41–47. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v7i1.2329

Epni Darwita. 2013. Tesis Pengelolaan Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam. Unibersitas Bengkulu

Ezrailson, C. M. (2013). Danger in the School Science Lab: Are Students At Risk? Proceedings of the South Dakota Academy of Science, Vol 92, 92(February), 149–164.

Gunawan, M. (2020). “Analisis Manajemen Laboratorium IPA Di SMPN 03 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya.”

Herlina, Ernawati, Sintiani, L., Afriyanto, R., & Aprida, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di SMPN 2 Gending Tahun Pelajaran 2019/2020. 2(1), 92–105. http://digilib.uinkhas.ac.id/4900/1

Indrawan, Irjus, dkk. 2019. Manajemen Laboratorium Pendidikan. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media

Isnaini, M., & Anwar, K. (2018). Evaluasi Kesiapan Guru Fisika Sma Dalam Kegiatan Laboratorium Di Kota Mataram. Paedagoria | FKIP UMMat, 6(1), 49. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v6i1.104

Kemendikbud. (2022). Merdeka Mengajar. Https://Guru.Kemdikbud.Go.Id/.

Kalemben, S., Rumahorbo, B. T., & Siallagan, J. (2018). Pengembangan Modul Ipa Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Minat, Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fotosintesis Di Kelas Viii Smp Negeri 9 Jayapura. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 6(3), 62–70. https://doi.org/10.31957/jipi.v6i3.603

Mastika, Nyoman. 2014. Analisis Standarisasi Laboratorium Biologi dalam Proses Pembelajaran di SMA Negeri Kota Denpasar. E-jurnal program pascasarjana Unniversitas Pendidikan Ganesha, Volume 4, Tahun 2014

Pujani, Ni Made, and Kompyang Selamet. (2020) Pengelolaan Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMP Negeri 2 Singaraja.” 3(3): 118–29

Puspita, Weni. 2020. Manajemen Laboratorium untuk Mahasiswa dan Umum. Yogyakarta: Deepublish

Ramadani, Sulistyani Puteri. 2020. Pengelolaan Laboratorium. Depok : Yayasan Yiesa

Susilo, & Amirullah, G. (2018). Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium Sekolah bagi Guru Muhammadiyah di Jakarta Timur. 07(1), 127–137.

Syafri, Edi; Endrizal, NFN. (2013). “Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa Untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains Dalam Materi Biologi.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.

Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2022). Metodologi Pembelajaran IPA. Bumi Aksara.(online)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.