Eksistensi dan Relevansi Metode 3MPH: Inovasi Pembelajaran yang Mudah, Murah, Meriah, dan Penuh Hikmah

Kartini Kartini, Rara Annisaur Rosyidah

Sari

Metode ceramah dalam pembelajaran merupakan salah satu metode tradisional yang tetap relevan meskipun terdapat perkembangan teknologi dalam pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi relevansi metode ceramah dalam pembelajaran modern, dengan penyesuaian terhadap prinsip-prinsip tradisional seperti konsep "3MPH" (Mudah, Murah, Meriah, Penuh Hikmah). Penelitian ini menggunakan pendekatan kajian literatur untuk menggali manfaat metode ceramah dalam membangun hubungan emosional dan spiritual antara pengajar dan peserta didik, serta perannya dalam membentuk karakter melalui pengalaman praktis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ceramah yang dipadukan dengan teknologi modern, seperti multimedia dan alat peraga, dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran di era digital tanpa mengurangi nilai-nilai esensial dalam pendidikan. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode ceramah tetap relevan dalam pembelajaran masa kini, dengan penyesuaian yang tepat terhadap konteks dan integrasi teknologi yang mendukung. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pengembangan metode ceramah yang fleksibel dan adaptif terhadap perkembangan zaman, dengan mempertahankan karakter dan nilai-nilai pendidikan yang terkandung di dalamnya.

Kata Kunci

Ceramah, Karakter, Pendidikan, Teknologi, Pembelajaran

Referensi

Ahmad, Z. (2020). Metode Ceramah sebagai Media Transformasi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 101-112.

Darlene, P., Smith, L., & Walker, T. (2014). Efficiency of Lectures in the Modern Classroom: A Critical Review. Journal of Educational Research, 57(2), 165-178.

Huda, M., Suhaili, M., & Amin, M. (2017). Traditional Teaching Methods in Contemporary Education: An Analysis of Challenges and Opportunities. Jurnal Pendidikan Tradisional dan Modern, 12(3), 23-36.

Kauffman, D., Nelson, R., & White, M. (2019). The Impact of Combined Teaching Methods on Student Engagement and Understanding. International Journal of Educational Technology, 42(3), 235-247.

Mulyadi, A., Hidayat, R., & Surya, P. (2018). Membangun Karakter Peserta Didik melalui Metode Tradisional. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Karakter, 13(1), 55-68.

Putri, R., Lestari, S., & Nugroho, B. (2018). Persepsi Guru terhadap Penggunaan Metode Ceramah dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 23(2), 89-96.

Rahmawati, N., Yulianti, D., & Prasetyo, W. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran untuk Optimalisasi Metode Ceramah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 29(4), 12-20.

Shah, S. (2015). Prophetic Pedagogy: Teaching Methods of the Prophets. International Journal of Islamic Studies, 10(1), 15-30.

Suparman, A., Wibowo, R., & Hidayati, S. (2019). Metode Pembelajaran Tradisional dan Modern: Sebuah Analisis Kritis. Jurnal Ilmu Pendidikan, 27(3), 125-140.

Suryadi, A. (2020). Peran Pesantren dalam Pendidikan Karakter: Studi Kasus pada Pesantren Tradisional. Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 45-60.

Wahyudin, A., Suryani, D., & Putra, I. (2017). Relevansi Metode Ceramah dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Indonesia, 21(1), 12-24.

Yusoff, M., Salleh, M., & Hussin, M. (2018). Revitalizing Lectures: Integrating Technology into Traditional Teaching. Journal of Teaching and Learning, 13(4), 105-119.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.