INOVASI PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DIGITAL: MENYONGSONG TANTANGAN GLOBALISASI DAN PERUBAHAN SOSIAL

Anang Kasim, Muhammad Muhammad, S. Ali Jadid Al Idrus

Sari

Inovasi dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadi penting dalam menghadapi tantangan globalisasi, perkembangan teknologi, dan perubahan sosial. Artikel ini mengkaji berbagai bentuk inovasi dalam kurikulum PAI, seperti integrasi teknologi, pendekatan pembelajaran kontekstual, pembelajaran berbasis proyek, pengembangan karakter, serta pembelajaran multikultural dan diferensiasi. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur dengan pendekatan deskriptif-analitis, di mana data diperoleh dari berbagai sumber ilmiah, seperti jurnal, buku, dan dokumen terkait. Data dianalisis untuk mengidentifikasi inovasi-inovasi yang relevan dan aplikatif dalam pengembangan kurikulum PAI. Dengan penerapan inovasi-inovasi ini, diharapkan PAI mampu menghasilkan lulusan yang religius, kritis, dan adaptif terhadap perubahan zaman. Artikel ini menekankan pentingnya kurikulum yang dinamis dan relevan dengan konteks kehidupan sehari-hari 

Kata Kunci

Inovasi kurikulum, Teknologi, Pembelajaran kontekstual, Karakter

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Adiyono, A., Julaiha, J., & Jumrah, S. (2023). Perubahan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Paser. IQRO: Journal of Islamic Education, 6(1), 33-60.

Hamu, F. J. (2023). Prosocial Engagement Dalam Pendidikan Agama Katolik Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Melalui Keteladanan Guru. NALAR: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 43-50. https://doi.org/10.56444/nalar.v2i1.904

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2022). Laporan perkembangan akses internet dan digitalisasi pendidikan di Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://www.kemdikbud.go.id/publikasi

Milidar, K. (2024). Inovasi Pembelajaran Pai Dengan Pendekatan Interaktif Untuk Generasi Milenial. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 6275-6284. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i2.36365

Muawanah, E. I., & Muhid, A. (2022). Pentingnya Inovasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Era 4.0. Attanwir: Jurnal Keislaman dan Pendidikan, 13(1), 44–60. https://doi.org/10.53915/attanwir.v13i1.145

Muthmainnah, S., & Rama, B. (2024). Prospek Pengembangan PAI (Studi Tentang Masa Depan Dan Tantangannya). Referensi Islamika: Jurnal Studi Islam, 2(2), 10-27. https://doi.org/10.61220/ri.v2i2.002

Naamy, N. (2023). Transformasi Sosial Dakwah Tuan Guru; Dari Tradisional Menuju Era Digital. Ulul Albab: Journal Dawah and Social Religiosity, 1(1), 68-80. https://doi.org/10.69943/xdrqc336

Norlaila. (2021). Kolaborasi Guru Pendidikan Agama Islam dengan Orang Tua Siswa pada Masa Pandemik di SMP Kota Banjarmasin. Proceeding The 3rd ICDIS 2021, 295–296. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/proceeding/article/view/5832

Nurhasanah, L. R., Nugraha, M. S., & Dedih, U. (2024). Penerapan Nilai-Nilai Islam Dalam Kehidupan Sehari-Hari: Model Pembelajaran Kontekstual Dalam PAI. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 4188-4202. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8067

Pratama, A. R., & Latifa, M. (2024). Inovasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Mendorong Penanaman Nilai-Nilai Kearifan Lokal. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 145-152. https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v4i1.160

Putri, R. M. N., Nulhakim, A., Nasution, H. J., Saputra, R., & Husna, D. U. (2023). Peran Wawasan Pendidikan Karakter Guru PAI dalam Pembentukan Akhlak Mulia Siswa. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), 573-580. http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5549

Sholihah, A. M., & Maulida, W. Z. (2020). Pendidikan islam sebagai fondasi pendidikan karakter. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(1), 49-58. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.214

Subasman, I., & Nasyiruddin, F. (2024). Sistem Pendidikan Islam Dalam Membangun Karakter: Evaluasi Program Ajengan Masuk Sekolah Di Pangandaran. Journal on Education, 6(4), 18147-18160. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.5732

Suhadah, R., & Fahri, M. (2021). Implementasi Pembelajaran IPA dalam Membangun Karakter Religius dan Mandiri Siswa Kelas V di Sd/mi. Vox Edukasi, 12(2), 549273. https://doi:10.31932/ve.v12i2.1128

Tamami, A. G., Murhayati, S., & Zaitun, Z. (2024). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Teknologi. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 2412-2419. https://doi.org/10.31004/irje.v4i4.1654

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.