PEMANFAATAN SITUS GUNUNG PASAREAN NAGARAPAGEUH SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMK Al -IKHLAS SUSURU PANAWANGAN

Sopy Wulan Sari, Runalan Soedarmo, Wulan Sondarika

Sari

Pembelajaran merupakan aspek penting bagi kemajuan individu dan dapat dilakukan di berbagai tempat. Sumber belajar sangat beragam, salah satunya adalah situs sejarah. Situs Gunung Pasarean Nagarapageuh di Ciamis bisa dijadikan sebagai materi ajar sejarah, yang menghubungkan siswa secara langsung dengan bukti nyata masa lalu. Namun, banyak siswa masih kurang memahami sejarah, dan informasi terkait situs perlu lebih mudah untuk diakses. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sejarah Situs Gunung Pasarean di Nagarapageuh dan bagaimana pemanfaatannya sebagai sumber belajar di SMK Al-Ikhlas Susuru. Metode yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti berperan sebagai instrumen utama, menggunakan teknik pengumpulan data kualitatif dan fokus pada analisis makna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gunung Pasarean di Nagarapageuh, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, adalah situs bersejarah yang memiliki nilai arkeologis dan budaya yang tinggi. Situs ini dikenal sebagai kompleks makam yang merefleksikan warisan budaya serta struktur sosial masyarakat Sunda pada masa lampau. SMK Al-Ikhlas Susuru telah memanfaatkan situs Gunung Pasarean sebagai sumber belajar sejarah yang efektif. Metode pembelajaran yang digunakan mencakup pembelajaran berbasis proyek, studi kasus, dan kunjungan lapangan. Situs ini membantu siswa mengembangkan keterampilan analisis, memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik, dan meningkatkan kesadaran akan pelestarian warisan budaya.

Kata Kunci

Pembelajaran, Sejarah, Gunung Pasarean.

Referensi

Hapsari, D. W., & Prasetio, A. P. (2017). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Smk Negeri 2 Bawang the Influence of Teachers ’ Competence Towards Students ’ Achievement of SMK Negeri 2 Bawang. E-Proceeding of Management :, 4(1), 269–274. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/download/4185/4395?__cf_chl_tk=xU.unZgzJBeZv2xl7YVZUhauZZr.UlvYFExoBLu9nds-1733907827-1.0.1.1-7aigO6vt1qaRjYmS3aCMVbXFGKjSsCSGZRj52oqGA28

Kholil, A. (2021). Kolaborasi Peran serta Orang Tua dan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Secara Daring. Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 88–102. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v2i1.191

Nadhirah, C. A. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF MASYARAKAT PEDULI SEJARAH ACEH (MAOESA) DALAM MEMPERTAHANKAN SEJARAH ACEH. 2507(February), 1–9. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17764/1/Cut Alfidhatul Nadhirah%2C 160401059%2C FDK%2C KPI%2C 081324640439.pdf

Purnomo. (2015). Kebudayaan Megalitik Di Desa Tritik Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk. 248–264.

Rahman, A. (2017). Pemanfaatan Situs Sejarah Sebagai Sumber Belajar di MA Al-Ma’arif Singosari Kabupaten Malang. Skripsi , Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/10183/1/13130154.pdf

Rohima, N. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Pada Siswa. Publikasi Pembelajaran, 1(1), 1–12. https://osf.io/acxe2/download

Sugiana, A. (2019). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dan Implementasinya Di Mts Nurul Ummah Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 16(1), 17–34. https://doi.org/10.14421/jpai.jpai.2019.161-02

Ufie, A. (2017). Mengonstruksi Nilai-nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Pembelajaran Muatan Lokal sebagai Upaya Memperkokoh Kohesi Sosial (Studi Deskriptif Budaya Niolilieta Masyarakat Adat Pulau Wetang Kabupaten Maluku Barat Daya, Propinsi Maluku). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 23(2), 079–089. http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/10157

Wartoyo, F. X. (2019). STRATEGI PEMBELAJARAN SEJARAH LISAN BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN SEJARAH (Studi Kasus Mahasiswa STKIP PGRI Sidoarjo). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 246–252. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.460

Zaifullah, Z., Cikka, H., & Kahar, M. I. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Interaksi Dan Minat Belajar Terhadap Keberhasilan Peserta Didik Dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid 19. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 9–18. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i2.70

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.