ASESSMEN OF LEARNING PJOK TOPIK CABANG OLAHRAGA TONNIS MENGGUNAKAN APLIKASI TKPN PADA SISWA FASE D KELAS VIII

Alifahillah Shafsaletra, Hartati Hartati, Arizky Ramadhan

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan norma kategori pengukuran hasil tes kebugaran jasmani pada siswa cabang olahraga tenis menggunakan aplikasi TKPN. Komponen kebugaran yang diuji mencakup daya tahan, daya tahan otot, kekuatan, kelentukan, koordinasi, kelincahan, dan keseimbangan. Penelitian deskriptif kuantitatif ini melibatkan 32 siswa SMP N 1 Tanjung Batu yang tergabung dalam cabang olahraga tenis, terdiri dari 13 laki-laki dan 19 perempuan. Data diperoleh melalui instrumen tes kebugaran, yaitu V Sit and Reach untuk mengukur kelentukan, Sit Up 60 detik untuk daya tahan otot, Squat Thrust 30 detik untuk koordinasi, kelincahan, dan keseimbangan, serta Pacer Test untuk daya tahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes V Sit and Reach, baik laki-laki maupun perempuan memperoleh kategori baik dengan proporsi nilai 0,4. Pada tes Sit Up 60 detik, laki-laki memperoleh kategori kurang (0,4) dan perempuan kategori kurang sekali (0,2). Tes Squat Thrust menunjukkan kategori cukup untuk laki-laki (0,6) dan perempuan (0,8), sedangkan pada Pacer Test, baik laki-laki maupun perempuan memperoleh kategori kurang (1). Secara keseluruhan, tingkat kebugaran jasmani siswa tenis SMP N 1 Tanjung Batu berada pada kategori cukup. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi evaluasi untuk peningkatan kebugaran jasmani guna mendukung prestasi olahraga siswa.

Kata Kunci

Assesment of Learning, Aplikasi TKPN, Tonnis

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Anisah, G. (2022). Kerangka Konsep Assessment Of Learning, Assessment For Learning, Dan

Assessment As Learning Serta Penerapannya Pada Pembelajaran. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan

Dan Kajian Keislaman, 3(2), 65–76. Https://Doi.Org/10.32665/Alaufa.V3i2.1201

Bp, A. R., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu

Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikanpengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan UnsurUnsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2.

Destriana, D., Aryanti, S., Destriani, D., Syamsuramel, S., Ramadhan, A., Nanda, F. A., & Lestari, R.

(2023). Pendampingan Dan Bimbingan Teknis Tes Kebugaran Pelajar Nusantara Pada Guru

Pjok Di Kabupaten Lahat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(9), 1960–1968.

Https://Doi.Org/10.59837/Jpmba.V1i9.451

Hartati. (2019). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Tes Fisik Untuk Pelatih Sekolah Sepak Bola Di

Bawah Binaan Koni Ogan Ilir. Jurnal Pengabdian Sriwijaya, 6(3), 630–633. Https://Doi.Org/10.37061/Jps.V6i3.7011

Hartati, Deatriana, & Aryanti, S. (2016). Multimedia Development On Sport Health Subject For Third

Semester Student Of Penjaskes Fkip Unsri. 2nd Sriwijaya University Learning And Education

International Conference, 2(1), 469–484.

Kurniawati, P. (2017). Buku Ajar Asesmen Pembelajaran Penjaskbues Sd. Universitas Nusantara

Pgri Kediri, 01, 1–7

Novi, E., Zebua, K., & Zebua, N. (2024). Analisis Prinsip Dan Peran Asesmen Autentik Pada Proses

Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 128–136.Ramadhani, F. (2023). Pengembangan Media Video Interaktif Pada Materi Senam Kreasi Peserta

Didik Sd. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Ruman, Pratama, R., & Prastiyo, E. (2022). Evaluasi Pengembangan Dan Pola Pembinaan Federasi

Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia Dalam Olahraga Rekreasi Di Jawa Tengah. Jurnal

Ilmu Sosial, Pendidikan Dan Humaniora, 1, 1–16.

Safitri, K. N., Irdhillah, S., Deskia, M., Naufaldy, F., Rahayu, R., Kusumawicitra, N., Triwanvi, S.,

Mulyana, A., Wetan, C., Cileunyi, K., Bandung, K., & Barat, J. (2024). Pembelajaran

Penjasorkes Di Sekolah Dasar: Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Tubuh. Sinar Dunia :

Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 44–56.

Suryani, N., Jailani, Ms., Suriani, N., Raden Mattaher Jambi, R., & Sulthan Thaha Saifuddin Jambi,

U. (2023). Konsep Populasi Dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelit

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.