Implementasi Nilai-nilai Spiritual Terhadap Pengelolaan Dana BOS

Nurdin Nurdin, Ilma Nur Asyiyah, Miftahul Haera, Chantika Marsa Julianti, Adhimas Bagaskara

Sari

Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Indonesia merupakan elemen kunci dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini mengkaji penerapan nilai-nilai spiritual, khususnya nilai-nilai Islam, dalam pengelolaan dana BOS untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas. Meskipun pengelolaan dana BOS telah menunjukkan kemajuan, tantangan seperti dana konservasi dan pengendalian internal yang lemah masih menjadi masalah. Penanaman nilai-nilai spiritual diharapkan dapat membentuk karakter pengelola dana dan meningkatkan kesadaran akan tanggung jawab dalam penggunaan dana pendidikan. Penelitian ini menemukan bahwa integrasi prinsip-prinsip akuntabilitas, transparansi, dan keadilan dalam pengelolaan dana BOS dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap sistem pendidikan. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam literatur akademik mengenai hubungan antara nilai-nilai spiritual dan pengelolaan dana pendidikan. 

Kata Kunci

Pengelolaan, Dana BOS, Nilai-Nilai Spiritual

Referensi

Abbas. (2015). Maslahat dalam Perspektif Al-Quran dan Sunnah. Jurnal Hukum Diktum, 13(1), 1-12.

Adinugraha, H. H., & Mashudi, M. (2018). Al-Maslahah al-mursalah dalam penentuan hukum Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 4(01), 63-75.

Afrina, D. & Achiria, S. (2019). Rasionalitas muslim terhadap perilaku israf dalam konsumsi perspektif ekonomi islam. EkBis: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 23-38.

Aldat, W., Suasa, S., & Asrifai, A. (2024). Implementasi Kebijakan Dana Bantuan Operasional Sekolah Pada Madrasah Aliyah Alkhairaat Pusat Palu. Jurnal Ilmiah Nusantara (JINU), 1(4), 387–398. https://doi.org/10.61722/jinu.v1i4.1782

Alkurnia, R., & Anggraini, A. (2017). Pengelolaan Manajemen Keuangan Pada Lembaga Pendidikan (Studi Pada Sekolah Al-Islam Dan Muhammadiyah Di Surakarta). In Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, 3(1).

Amini, S. (2023). Larangan Al-Israf dan Dzulm dalam Praktik Ekonomi Islam. Journal of Global Islamic Economic Studies, 1(1), 27-36.

Arviana, P., Abubakar, A., Basri, H., & Rif’ah, M. A. F. (2024). Harta dan Pengelolaannya dalam Al-Qur’an: Tinjauan Surah Al-Kahfi ayat 46. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(3), 1167-1184.

Barsian, M., Maimanah, S., Faridah, S., & 'Ashry, M. N. Mengkaji Makna Amanah Dalam Perspektif Tafsir Al-Qur’an (Al-Marâgi, Al-Munîr Dan Al-Azhâr). (2024). Journal of International Multidisciplinary Research, 2(7), 273-281. HYPERLINK "https://doi.org/10.62504/jimr788" h https://doi.org/10.62504/jimr788

Batubara, T. (2023). Analisis akuntabilitas dan transparansi pengelolaan dana bantuan operasional sekolah pada smp negeri 3 kecamatan natal kabupaten mandailing natal. Jaakfe Untan (Jurnal Audit Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura), 12(2), 138. HYPERLINK "https://doi.org/10.26418/jaakfe.v12i2.65329" h https://doi.org/10.26418/jaakfe.v12i2.65329

Dalimunthe, N., & Bastian, A. (2023). Analisis Penerapan Syariah Compliance Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 8(4), 1089-1101.

Farikhin, A., Najib, M., Anwar, R., & Mulyasari, H. (2022). Konsep Manajemen Harta dalam Perspektif Hadis. Diroyah: Jurnal Studi Ilmu Hadis, 7(1), 62-70.

Hamidi, M., Indriani, E., & Mariadi, Y. (2023). Pengendalian internal dalam pengelolaan dana pendidikan di kota mataram. Jurnal Riset Akuntansi Aksioma, 22(1), 120-126. HYPERLINK "https://doi.org/10.29303/aksioma.v22i1.186" h https://doi.org/10.29303/aksioma.v22i1.186

Hermawan, I., Ahmad, N., & Suhartini, A. (2020). Konsep Amanah dalam Perspektif Pendidikan Islam. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 141-152.

Jannah, S. N. (2024). Pengelolaan Biaya Pendidikan Dalam Perspektif Pendidikan Islam. QAZI: Journal Of Islamic Studies, 1(1), 30-36.

Kotimah, K., & Sukmana, H. (2023). Implementasi Kebijakan Dana Bantuan Dana Sekolah (BOS) di SDN Kedungbanteng Tanggulangin. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 12(1), 112–118. HYPERLINK "https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i1" https://doi.org/10.24036/jbmp.v12i1

Maarif, Z., & Masrukhan, M. (2024). EFEKTIVITAS PENGELOLAAN DANA BOS BERBASIS PRINSIP SYARIAH DALAM MENDUKUNG KEGIATAN PEMBELAJARAN DI MI ROBITHOH ISLAMI GANTUNGAN. Musytari: Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 12(5), 41-50.

Masruroh, M. and Fitriani, S. (2021). Evaluasi implementasi program bantuan operasional sekolah (bos) di smk ypk kesatuan jakarta. Aksara Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 551. HYPERLINK "https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.551-562.2021" h https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.551-562.2021

Maulana, T. D., Nugroho, A. A. S., Suryaputra, B. A., & Wulansari, A. (2024). Tinjauan Literatur Sistematis: Manajemen Sumber Daya Ti Di Lingkungan Pendidikan. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(1), 57-62.

Muh. Tang S. (2022). Amanah dalam Perspektif Al-Quran. Azkiya, 5(5), 30-39.

Muki, M. V. G. (2023). Implementasi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah di SMPK Santo Yoseph Noelbaki. COMSERVA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(9). https://comserva.publikasiindonesia.id/index.php/comserva/article/view/1154/1456

Murni, D. (2023). Manajemen pelaksanaan program dana bantuan operasional sekolah. (Jpap) Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan, 7(2), 56-59. https://doi.org/10.29303/jpap.v7i2.514" h https://doi.org/10.29303/jpap.v7i2.514

Muryati, I. (2016). Pengelolaan dana bos pada sd negeri di upt pelayanan pendidikan kecamatan moyudan kabupaten sleman. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 4(2), 237. https://doi.org/10.21831/amp.v4i2.10802

Nugraha, A., Hairani, N. K., & Prisila, R. (2023). Strategi Pengelola Dana Bos Dalam Meningkatkan Mutu Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas. PEMA:Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 75–80. https://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/pema/article/view/355/274

Nurain, S. N. S. D. (2017). Prinsip Keadilan Sosial dalam Islam: Studi Teks Al-Quran dan Hadis. Jurnal Interdisiplin Sosiologi Agama (JINSA), 04(1), 35-51.

Ode, M. (2022). Peran guru dalam implementasi pendidikan karakter peduli sosial di sekolah dasar. taksonomi, 2(2), 101-107. https://doi.org/10.35326/taksonomi.v2i2.2653

Onsardi, M., & Selvia, E. (2020). Accountability in The Management of Village Fund from The Islam Pespective (A Case Study of Taba Padang Rejang Vilage Huju Palik District North Bengkulu Regency). Bilancia: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 4(3), 248-261.

Pebriyanti, D. (2024). Manajemen keuangan: pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (bos) pada sekolah dasar. karimahtauhid, 3(3), 2716-2737. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12221

Perdana, S. (2016). Implementasi Kebijakan Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos) Di Sdnegeri Bekelan, Kulonprogo. Jurnal Kebijakan Pendidikan Edisi 7, 5(1), 790–797.

Permatasari, N. L. L. (2022). Implementasi Kebijakan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Di SD Negeri 2 Singget Kabupaten Blora Jawa Tengah. Universitas Tidar.

Qomariyah, L. (2022). Strategi internalisasi nilai moderasi dalam pengembangan kurikulum bahasa arab di pondok pesantren darus salam jombang. Al-Irfan Journal of Arabic Literature and Islamic Studies, 5(2), 147-176. https://doi.org/10.36835/alirfan.v5i2.5252

Rachmawati, U. (2023). Penerapan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan dana bos dalam program rkas di sdn made 1 surabaya. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(02), 212-219. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i02.442

Rahman, A. (2017). Efisiensi Dalam Pembiayaan Pendidikan Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Eklektika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Pendidikan, 5(2), 87-102.

Rahman, M. (2023). Pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (bos) dalam meningkatkan sarana dan prasarana di madrasah tsanawiyah swasta al ihsan medan. Research and Development Journal of Education, 9(2), 928. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i2.19469

Ramdhani, R. (2023). Akuntabilitas dan transparansi pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (bos). JTKP, 4(2), 95-104. https://doi.org/10.17509/jtkp.v4i2.61437

Rangkuti, A. (2017). Konsep keadilan dalam perspektif Islam. TAZKIYA: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1).

Rochmat, C. (2024). Internisasi nilai pendidikan spritual postnatal pada bayi perspektif teori neurosains. Jurnal Obsesi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 389-402. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i2.5437

Said, M., Sulhan, A., & Hakim, L. (2024). Optimalisasi Manajemen Dana Bos dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1864-1872.

Sari, D. N., Previdayana, K. S., & Djasuli, M. (2022). Implementasi Prinsip Transparansi Dalam Kaidah Islam. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis, 2(1), 911–915. https://doi.org/10.47233/jebs.v2i3.343

Sasmita, S., Samsinar, S., & Rijal, Abd. (2024). Pengaruh Pengelolaan Dana Bos Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Pinisi Journal Of Art, Humanity And Social Studies, 4(3), 163–172.

Sine, E., Tunti, M., & Rafael, S. (2021). Akuntabilitas dan transparansi pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (studi pada sekolah di kota kupang). Jurnal Akuntansi Transparansi Dan Akuntabilitas, 9(1), 1-8. https://doi.org/10.35508/jak.v9i1.3925

Sunarya, P., Mayangsari, M., & Purba, E. (2021). Peran pengaruh komite dan pengawas terhadap pengelolaan dana bos di sektor sekolah dasar negeri. Ijacc, 2(2), 175-184. https://doi.org/10.33050/jakbi.v2i2.1745

Suryani, P. (2024). Optimalisasi dana bantuan operasional sekolah (bos) untuk meningkatkan efisiensi: studi kasus di madrasah tsanawiyah nurul amal purwakarta. Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Dan Akuntansi (Jebma), 4(1), 192-204. https://doi.org/10.47709/jebma.v4i1.3553

Suwardhiti, E. (2024). Pengaruh pengelolaan dan aksesibilitas laporan bos terhadap persepsi komite sekolah: akuntabilitas keuangan sebagai variabel mediasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 14(1), 21-32. https://doi.org/10.23887/jiah.v14i1.75749

Syihabuddin, S. (2019). Spiritual value internalization strategy in perspective of Senior high school teachers and students in Kabupaten Bandung Barat. Al-Tsaqafa Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 16(2), 247-254. https://doi.org/10.15575/al-tsaqafa.v16i2.6565

Terisha, F., Sahara, P., & Sadrakh, R. (2023). Analisa kebijakan pemerintah terkait ancaman pengangguran pasca kenaikan inflasi di indonesia periode 2011-2021. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 52-57. https://doi.org/10.56127/jekma.v2i1.435

Tinggogoy, D. C. (2019). Analisis Dampak Implementasi Kebijakan Penyaluran Dana Bantuan Operasional Sekolah). Jurnal Ilmu Administrasi Negara ASIAN (Asosiasi Ilmuwan Administrasi Negara), 7(1), 55–69. https://doi.org/10.47828/jianaasian.v7i01.37

Tuzzahroh, F., & Laela, S. F. (2022). Sharia Audit and Shariah Compliance of Islamic Financial Institutions: A Bibliometric Analysis. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 9(6), 815-833.

Windasari, I. (2024). Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Keuangan dalam Perspektif Islam. Hasina: Jurnal Akuntansi Dan Bisnis Syariah, 1(1), 10-25.

Wulaningsih, R., & Asriati, N. (2024). Pengelolaan Keuangan Pendidikan dalam Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Sumber Daya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(4), 1723–1732. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i4.757

Yusriati, Y., Amrizal, D., & Sefriansyah, S. (2021). Implementasi Kebijakan Dana Bantuan Sekolah (BOS) Dalam Rangka Efektivitas Penyaluran Biaya Pendidikan Wajib Belajar 9 Tahun. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.53695/sintesa.v1i1.201

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.