Pengaruh Media Berbasis Scratch Pada Materi Cuaca dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar

Syabilla Azzahra, Atep Sujana, Cucun Sunaengsih

Sari

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan media berbasis Scratch terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini ditunjukkan berdasarkan pada hasil uji t-test dengan perolehan nilai signifikansi < 0,05 diketahui bahwa nilai signifikansinya sebesar 0,001. Maka dari itu hipotesis penelitian Ho ditolak dan Ha. Selanjutnya, dari nilai hasil rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa dari 32 peserta didik kelas 3 sebelum melakukan pembelajaran menggunakan media Scratch nilai rata-rata pretes sebesar 54,68 dan meningkat pada nilai postes sebesar 80,97. Peneliti menyarankan bagi para guru untuk menggunakan media berbasis Scratch ini dalam pembelajaran agar siswa dapat terlibat aktif dan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam permasalahan di kehidupan sehari-hari.

Kata Kunci

kemampuan berpikir kritis; media pembelajaran; scratch

Referensi

Agung, G. H., & Amalia, I. R. (2023). Problem Based Learning berbantuan Scratch bernuansa Etnomatematika Cagar Budaya Kota Semarang terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 670–675. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Ananda, R., & Jumaisyaroh Siregar, T. (2023). RELEVAN: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Yayasan Amanah Nur Aman PENGARUH MODEL RESOURCE BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. 3(3), 2023.

Ayu Sudarno, I. (2023). Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar Pengaruh media pembelajaran scratch terhadap hasil belajar tematik siswa SD. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Fajra, R., Syachruroji, A., & Rokmanah, S. (2023). Metode Pembelajaran Aktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. JURNAL DUNIA PENDIDIKAN, 4. https://doi.org/https://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/JURDIP

Febrinal, D., Sesmira, M., Zahara, S., & Jamilus, J. (2024). Peran Teknologi dalam Meningkatkan Prosedur Berfikir Ilmiah pada Siswa SMPN 2 Sijunjung. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 5(1), 153–164. https://doi.org/10.53624/ptk.v5i1.508

Hajar, S. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi

Dalam Menumbuhkan Minat Siswa Terhadap Matematika Di Madrasah

Aliyah A B S T R A K. Jurnal El-Hamra:Kependidikan dan Kemasyarakatan.

Husni, R., Pratiwi, E., Islam Negeri Sjech Djamil Djambek Bukittinggi, U. M., & Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, U. (2024). Penggunaan Scratch pada Media Pembelajaran Algoritma dan Pemograman di Sekolah Menengah Pertama. 8(6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i6.8860

Juniyati, I. (2023). EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN: Student Centered.

Nopiani, S., Purnamasari, I., Nuvitalia, D., & Rahmawati, A. (t.t.). 5202 KOMPETENSI 4C DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR.

Raehang, & Karim. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Taksonomi: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2. https://doi.org/10.35326/taksonomi.v4i1.6336

Sekti, N., Rulviana, V., & Lestari, S. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Melalui Media Scratch Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis.

Seprie. (2024). STUDI PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL DAN KONVENSIONAL PADA SISWA SD. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia. https://doi.org/https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v9i7.15900

Usmadi. (2020). PENGUJIAN PERSYARATAN ANALISIS (UJI HOMOGENITAS DAN UJI NORMALITAS). Inovasi Pendidikan.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.