ANALISIKINERJA GURU BK DITINJAU DARI PERSEPSI SISWA DI SMPN 3 KEC. HARAU

Dean Ferdinandes, Wahidah Fitriani

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja guru Bimbingan dan Konseling (BK) berdasarkan persepsi siswa di SMPN 3 Kecamatan Harau. Fokus penelitian ini mencakup aspek kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, komunikasi, dan empati guru BK. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang diberikan kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki persepsi positif terhadap kinerja guru BK, terutama dalam hal kemampuan komunikasi dan empati. Namun, beberapa siswa menyampaikan perlunya peningkatan dalam penyusunan program BK yang lebih terstruktur. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami pentingnya persepsi siswa sebagai evaluasi layanan BK, serta menjadi dasar untuk pengembangan strategi peningkatan kualitas layanan BK di sekolah. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi sekolah dalam mengoptimalkan peran guru BK.

Kata Kunci

Analisis Kinerja Guru BK, Persepsi siswa

Referensi

DeVito, J. A. (2013). The Interpersonal Communication Book (13th ed.). Boston: Pearson.

Gibson, J. L., Ivancevich, J. M., & Donnelly, J. H. (2012). Organizations: Behavior, Structure, Processes (14th ed.). New York: McGraw-Hill.

Rahmawati, L. (2017). Hubungan antara Persepsi Siswa terhadap Guru BK dengan Kepuasan Layanan Konseling di SMA Negeri 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(2), 123-135.

Rogers, C. R. (1951). Client-Centered Therapy: Its Current Practice, Implications, and Theory. Boston: Houghton Mifflin.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Walgito, B. (2010). Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Andi Offset.

Wibowo, A. (2018). Analisis Hambatan dalam Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jurnal Konseling Indonesia, 4(1), 45-52.

Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Corey, G. (2015). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Belmont: Cengage Learning.

Mulyono. (2019). Profesionalisme Guru Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nurihsan, A. J. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prayitno. (2017). Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sukardi. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Winkel, W. S. (2010). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.