PENGELOLAAN PENDIDIKAN: STRATEGI DAN TANTANGAN DALAM MEWUJUDKAN PENDIDIKAN BERKUALITAS

Inna Kamilah Hayati, Sipa Sipa, Ainun Nurpina, Wina Siti Aisyah, Muhammad Sahlan Sa'bani, Nurdin Nurdin

Sari

Pengelolaan pendidikan memiliki peran strategis dalam memastikan tercapainya tujuan pendidikan secara efektif dan efisien melalui pemanfaatan sumber daya yang optimal, baik sumber daya manusia, material, metode, maupun informasi. Artikel ini bertujuan menganalisis pentingnya pengelolaan pendidikan, khususnya pada tingkat sekolah dasar, dengan menyoroti penerapan prinsip-prinsip manajemen seperti perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Selain itu, artikel membahas kontribusi pengelolaan pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, pencapaian kelulusan, pembentukan karakter peserta didik, serta pembangunan sosial dan nasional. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi pustaka untuk menggambarkan realitas tantangan dan strategi pengelolaan pendidikan yang efektif. Hasil menunjukkan bahwa pengelolaan pendidikan yang optimal mampu mengatasi berbagai tantangan, seperti keterbatasan sumber daya dan perubahan kebijakan, serta mendukung transformasi digital di dunia pendidikan. Artikel ini memberikan wawasan mengenai pengelolaan pendidikan sebagai elemen penting dalam menciptakan sistem pendidikan berkualitas dan berkelanjutan.

Kata Kunci

Pengelolaan pendidikan; manajemen pendidikan; strategi pendidikan;

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Alvauziah, D. M., Prawati, E., & Anggraini, P. Y. (2024). Peran Teknologi dalam Meningkatkan Pengelolaan Kelas Modern The Role of Technology in Improving Modern Classroom Management. IJELAC: Indonesian Journal of Education, Languange, and Cognition, 1(1), 46–53.

Badrudin, M., & Nugraha, M. (2020). Implementasi Pengelolaan Guru dan Tenaga Kependidikan dalamPeningkatan Kualitas Pendidikan Berdasarkan (IASP) Tahun 2020. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 2(7), 524–534.

Faishal Haq, M. (2017). Analisis Standar Pengelolaan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Journal EVALUASI, 1(1), 26. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v1i1.63

Handoko, M. D. (2020). Manajemen Mutu Pendidikan Dalam Persfektif Kebijakan Pendidikan Nasional. Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan, 9(1), 35–53.

Hariandi, A., Yulianti, W., Hikmah, N., Juniza, P., & Arianda, F. T. (2023). Analisis Pentingnya Pengelolaan Pendidikan Berbasis Karakter di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10674–19679. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3310

Machali, I. (2018). The Handbook of Education Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia (2nd ed.). Prenada Media.

Maulido, S., Karmijah, P., & Sekolah, P. L. (2024). Upaya Meningkatkan Pendidikan Masyarakat Di Daerah Terpencil Vinanda Rahmi. Jurnal Sadewa: Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 2(1), 3021–7377. https://doi.org/10.61132/sadewa.v2i1.488

Rahayu, M. (2015). Pelaksanaan Standar Pengelolaan Pendidikan Di Sekolah Dasar Kecamatan Ngemplak Kabupaten Sleman. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(1), 62–79. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i1.4929

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Fadilah, N., Azhar, N., & Munte, A. C. (2022). Upaya Pemerataan Pendidikan Berkelanjutan Di Daerah 3T. Attadib: Journal of Elementary Education, 6(2), 402–418. https://doi.org/https://doi.org/10.32507/attadib.v6i2.1212

Santika, I. G. N., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2022). Analisis Perubahan Kurikulum Ditinjau Dari Kurikulum Sebagai Suatu Ide. Jurnal Education and Development, 10(3), 694–700. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v10i3.3690

Talha, M. (2004). Total quality management (TQM): an overview. The Bottom Line, 17(1), 15–19. https://doi.org/10.1108/08880450410519656

Tamam, M. B. (2024). Strategi Efektif Manajemen Pendidik dan Tenaga kependidikan Dalam Mewujudkan Pendidikan Berkualitas. Unisan Jurnal: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan, 3(4), 677–685.

Tintingon, J. Y., Lumapow, H. R., & Rotty, V. N. J. (2023). Problematika dan Perubahan Kebijakan Pendidikan di Indonesia. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 798–809. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5088

Wulandary, I. O. P. (2021). Penyelenggaraan Sistem Kredit Semester (SKS) di SMAN 1 Krian Sidoarjo. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 3(2), 53–65. https://doi.org/10.15642/japi.2021.3.2.53-65

Yulianti, M. R., Larasati, M., Nilawati, S., & Marini, A. (2024). Strategi Manajemen Pendidikan Untuk Meningkatkan Efektivitas Proses Pembelajaran Di Era Digital. JPDSH: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 80(16), 1–7.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.