SURVEI TINGKAT PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK SMA ‘AISYIYAH 01 PALEMBANG

Rachmat Fitriansyah, Meirizal Usra, Arizky Ramadhan

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepercayaan diri peserta didik di SMA ‘Aisyiyah 01 Palembang. Kepercayaan diri merupakan aspek penting dalam pendidikan yang berperan dalam mempengaruhi prestasi belajar, hubungan sosial, dan pengambilan keputusan siswa. Metodologi yang digunakan adalah survei dengan instrumen skala kepercayaan diri, yang diadaptasi dari teori yang dikembangkan oleh Lauster, melibatkan 50 peserta didik kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 48% peserta didik memiliki tingkat kepercayaan diri tinggi, sedangkan 48% lainnya berada pada kategori sedang, dan 4% berada di kategori rendah. Hasil ini menunjukkan bahwa secara umum, peserta didik telah memiliki kepercayaan diri yang baik, meskipun masih ada kelompok yang perlu ditingkatkan. Temuan ini memberikan gambaran yang jelas mengenai pentingnya mengembangkan kepercayaan diri dalam konteks pendidikan, serta perlunya dukungan lingkungan yang positif baik dari keluarga maupun sekolah.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Angga, A., Iyakrus, I., Bayu, W. I., & Solahuddin, S. (2022). Survei persepsi peserta didik terhadap pelaksanaan ekstrakurikuler. Bravo’s: Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, 10(1), 46. https://doi.org/10.32682/bravos.v10i1.2425

Dariyo. (2021). Pengaruh konsep diri terhadap kepercayaan diri siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(2), 92–96.

Fatimah. (2019). Peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas IX di SMP Negeri 2 Toma Tahun Pelajaran 2022/2023. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1), 123–133.

Fanun. (2021). Pengaruh konsep diri terhadap kepercayaan diri siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(2), 92–96.

Ghufron, & Risnawati. (2022). Penerapan teknik self-talk untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 18 Makassar.

Hakim. (2021). Pengembangan kepercayaan diri melalui metode show and tell pada anak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(1), 31–35.

Hidayat. (2021). Pengaruh konsep diri terhadap kepercayaan diri siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(2), 92–96.

Komara. (2021). Pengaruh konsep diri terhadap kepercayaan diri siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(2), 92–96.

Lauster. (2019). Kepercayaan diri akademik pada siswa kelas VII di SMP Bunda Hati Kudus Grogol Jakarta Barat (Aprinawati, Ed.). Psiko Edukasi, 22(1), 28–39.

Lestari, E., Isnani, I., & Utami, T. (2018). Analisis kepercayaan diri siswa terhadap pembelajaran matematika. Maju, 8(1), 505035.

Loekmono. (2020). Permainan truth or dare (ToD): Sebuah inovasi media BK untuk meningkatkan kepercayaan diri karier siswa SMK (Alsa, Ed.). Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran), 4, 909–915.

Luxori. (2020). Hubungan antara percaya diri dan kerja keras dalam olahraga dan keterampilan hidup (McClelland, Ed.). Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 12(1).

Nanda, F. A., & Dimyati. (2019). Psychological skills of Indonesian basketball athletes in Asian Games 18. Journal of Physical Education, 8(1), 37–43. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr

Purnamasari, D., & Novian, R. (2021). Pengaruh latihan imagery terhadap kepercayaan diri atlet. Jurnal Patriot, 4(1), 48–57.

Radenbach. (2018). Hubungan antara percaya diri dan kerja keras dalam olahraga dan keterampilan hidup. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 12(1).

Rahayu. (2020). Analisis kepercayaan diri siswa terhadap pembelajaran matematika. Maju, 8(1), 505035.

Sarastika. (2014). Faktor percaya diri dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Prakerta: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra dan Pengajaran Bahasa Indonesia, 1(2), 210–217

Wati, C. A., & Supriatna, E. (2023). Profil kepercayaan diri siswadi SMK Kimia Dharma Bhakti. FOKUS: Jurnal Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan, 6(1).

Yulianto, A., & Nashori, F. (2021). Hubungan efikasi diri dan kepercayaan diri dengan motivasi berprestasi mahasiswa atlet Maluku Utara. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(21), 1141–1154.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.