PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA ELEMEN PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA DI SMK PGRI 13 SURABAYA

Fauzah Abidah Ardelia, Durinda Puspasari

Sari

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa terdapat siswa yang belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal KKM yang ditetapkan sekolah, yaitu 75. Di kelas XI MPLB 1, sebanyak 18 siswa (62%) dari total 29 siswa belum mencapai KKM. Sementara itu, di kelas XI MPLB 2, terdapat 13 siswa (43%) dari 30 siswa yang belum tuntas. Berdasarkan hasil observasi, pembelajaran di kelas X dan XI telah menggunakan “Kurikulum Merdeka”. Sedangkan untuk kelas XII masih menggunakan Kurikulum K13. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada elemen pengelolaan sarana dan prasarana di kelas XI MPLB. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Hasil analisis Independent Sample T-Test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,008, yang lebih kecil dari < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada elemen pengelolaan sarana dan prasarana di kelas XI MPLB di SMK PGRI 13 Surabaya.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Astuti, L. W. T., Purwaningsih, M. S. (2013). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Kediri Pada Pokok Bahasan Kehidupan Awal Masyarakat Indonesia. AVATARA: Jurnal Pendidikan Sejarah, 1(2), 100–109. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/avatara/article/view/2270

Batennie, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 5 Kotabaru. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 151–160. https://doi.org/10.33659/cip.v7i2.129

Cholilah, M., Tatuwo, P. G. A., Komariah, Rosdiana, P. S., Fatirul, N. A. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Jurnal Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 01(02), 57–66. https://doi.org/10.58812/spp.v1.i02

Hasanah, U., & Wijayanti, R., Lesidani, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan Permainan Ludo Terhadap Hasil Belajar Siswa. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 104–111. https://doi.org/10.24176/anargya.v3i2.5334

Latifah, A., Dewi, U. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Pokok Dinamika Litosfer Kelas X IPS SMA Ponorogo. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 1(1), 1–5.

Manalu, B. J., Sitohang, P., Turnip, H. H. N. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Mahesa Research Center, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Murjani. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Mantangai Terhadap Materi Tata Nama Senyawa Kimia Sederhana Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 8(2), 97–105. https://doi.org/10.37304/jikt.v8i2.61

Najmi, N., Rofiq, H. M., & Ma’arif, A. M. (2021). The Effect Of Cooperative Learning Model Type Of Teams Games Tournament (TGT) On Students’ Learning Achievement. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 246–258. https://doi.org/https://doi.org/10.37758/jat.v4i2.291

Nenti, A. (2021). Penggunaan Model Team Game Tournament (TGT) Berbantuan Media LKS Dan Kartu Soal Siswa Pada Materi Trigonometri Mata Pelajaran Matematika Bagi Peserta Didik Kelas X TBSM 1 SMK Negeri 1 Tonjong Semester II Tahun Pelajaran 2018 / 2019. ORBITH: Jurnal, 17(1), 46–55. http://dx.doi.org/10.32497/orbith.v17i1.2946

Puspitarini, D. (2022). Blended Learning Sebagai Model Pembelajaran Abad 21. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.307

Qusdy, D. R., Puspasari, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan Di SMKN 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 215–226. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p215-226

Rubiyanto, B., & Nurhasanah, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V SDN 2 Purwawinangun Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 21–25. http://www.elsevier.com/locate/scp

Siahaan, R. H., Wahyuni, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa. INPAFI: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 6(1), 26–33. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi

Sugiata, W. I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2), 78–87. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpk.v2i2.16618

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistio, A., & Haryanti, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif. CV. Eureka Media Aksara.

Surya, F. Y. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Bangkinang Kota. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 154–163. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.41

Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90–101. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Turnip, P. S., Sihombing, N. L., Sijabat, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 3 Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan Kelas V SD Negeri Percontohan Pematang Siantar. Jurnal On Education, 06(01), 2879–2890. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3331

Uno, H. B. (2023). Teori Motivasi Dan Pengukurannya Analisis Di Bidan g Pendidikan. PT. Bumi Aksara.

Wahyuningtyas, D.W., Wulandari, S. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Memahami Administrasi Kelas OTKP SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 340–350. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p340-350

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.