EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION COMBINE TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI (STUDI PADA SISWA SMA NEGERI 7 SURAKARTA)

Yerikho Bagus Nugroho, Aniek Hindrayani, Jonet Ariyanto Nugroho

Sari

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi masih rendah. Saat pembelajaran, guru menggunakan model pembelajaran yang monoton. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran GI Combine TGT dengan model pembelajaran PBL serta mengetahui model pembelajaran mana yang menghasilkan hasil belajar siswa yang lebih baik antara model pembelajaran GI Combine TGT dengan model pembelajaran PBL sehingga dinyatakan lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi skala prioritas dan biaya peluang. Penelitian ini merupakan quasi experimental research dengan teknik cluster random sampling untuk pengambilan sampelnya serta menggunakan metode tes sebagai teknik pengumpulan data. Untuk uji hipotesis menggunakan teknik analisis uji Independent sample t-test, pada hasil perhitungan diperoleh nilai signifikansinya kurang dari taraf signifikansi sehingga diperoleh keputusan uji H0 ditolak. Kemudian diperoleh infomasi melalui uji N-Gain bahwa rata-rata N-Gain persen kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis diperoleh simpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran GI Combine TGT dengan model pembelajaran PBL serta model pembelajaran GI Combine TGT dinyatakan lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa daripada model pembelajarn PBL pada materi skala prioritas dan biaya peluang.

Kata Kunci

hasil belajar, model pembelajaran GI Combine TGT, penelitian eksperimental semu.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Azis, P. A., & Pertiwi, N. D. (2021). The Effect of Cooperative Learning Model Type Team Games Tournament (TGT) with Play Wheel Media on Students’ Interest in Biology Education STKIP Pembangunan Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1752(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1752/1/012068

Bastian, A., & Reswita. (2023). MODEL DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN (S. Wahyuni (ed.);

pertama). Penebrit Adab CV. Adanu Abimata.

Budiyono. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan (1st ed.). UNS Press.

Cahyani, R. R., & Rizka, M. (2024). Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran Kombinasi PBL dan TGT terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. 7, 1679–1685.

Djonomiarjo Guru SMK Negeri, T., & Kab Pohuwato, P. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Aksar, 05, 39–46. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/AKSARA/indeks

Fiteriani, I., & Baharudin. (2018). Analisis Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Yang Berkombinasipada Materi Ipa Di Min Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4.2, 1–30.

Handayani, D. P., Herman, M., & Putra, R. A. (2021). Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok (Group Investigation) Dengan Model Pembelajaran Konvensional. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 131. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6330

Isnaini, A. N., & Rahayu, T. (2023). Pengaruh Pembelajaran Biologi Berbasis Socio Scientific Issues (Ssi) Terhadap Literasi Kesehatan Siswa. Jurnal Edukasi Biologi, 9(2), 112–127. https://doi.org/10.21831/edubio.v9i2.19233

Maheni, N. P. K. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Dan Maheni, Ni Putu Krisna. 2019. “Pengaruh Gaya Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 11(1): 85.Lingkun. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 85. https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20077

Promwongsai, A., & Poonputta, A. (2023). Investigating the effectiveness of TPACK and TGT in enhancing histogram learning achievement among eighth-grade students. International Journal of Innovative Research and Scientific Studies, 6(4), 1015–1022. https://doi.org/10.53894/ijirss.v6i4.2232

Susilo, V., Sugiyanto, & Ronggowulan, L. (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING COMBINE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK FASE E Article History :

Tournament Terhadap. GEADIDAKTIKA: Jurnal Geografi, Jurnal Pendidikan Geografi UNS, 4(1), 33–47.

Tari, H. D., Suwirta, U., & Dedeh, D. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Man 2 Kota Tasikmalaya. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 1(2), 19–26. https://doi.org/10.25157/j-kip.v1i2.4398

Yuliana, C., Musadad, A. A., & Bachri, S. (2017). Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Melalui Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Dan Course Review Horay. Jurnal Candi, 15(1), 45–61.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.