EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION COMBINE TEAM GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI (STUDI PADA SISWA SMA NEGERI 7 SURAKARTA)
Sari
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi masih rendah. Saat pembelajaran, guru menggunakan model pembelajaran yang monoton. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran GI Combine TGT dengan model pembelajaran PBL serta mengetahui model pembelajaran mana yang menghasilkan hasil belajar siswa yang lebih baik antara model pembelajaran GI Combine TGT dengan model pembelajaran PBL sehingga dinyatakan lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi skala prioritas dan biaya peluang. Penelitian ini merupakan quasi experimental research dengan teknik cluster random sampling untuk pengambilan sampelnya serta menggunakan metode tes sebagai teknik pengumpulan data. Untuk uji hipotesis menggunakan teknik analisis uji Independent sample t-test, pada hasil perhitungan diperoleh nilai signifikansinya kurang dari taraf signifikansi sehingga diperoleh keputusan uji H0 ditolak. Kemudian diperoleh infomasi melalui uji N-Gain bahwa rata-rata N-Gain persen kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis diperoleh simpulan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran GI Combine TGT dengan model pembelajaran PBL serta model pembelajaran GI Combine TGT dinyatakan lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa daripada model pembelajarn PBL pada materi skala prioritas dan biaya peluang.
Kata Kunci
hasil belajar, model pembelajaran GI Combine TGT, penelitian eksperimental semu.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.