PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN LITERASI DIGITAL MELALUI INDIVIDUAL ENTREPRENEURIAL ORIENTATION TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA

Refiana Putri Lestari, Salman Alfarisy Totalia

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan dan literasi digital terhadap minat berwirausaha dengan menggunakan mediator Individual Entrepreneurial Orientation (IEO). Penelitian ini dilaksanakan pada Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelaas Maret Surakarta dengan sampel sebanyak 152 mahasiswa yang terdiri dari angkatan 2021 dan 2022 dengan kriteria sudah atau sedang mengikuti mata kuliah kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif melalui pendekatan deskriptif dan analisis data menggunakan IBM SPSS 26. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan dan literasi digital berpengaruh signifikan terhadap IEO yang tentunya akan berpengaruh secara signifikan terhadap minat berwirausaha. Analisis jalur menunjukkan bahwa adanya IEO yang berperan sebagai mediator dapat memperkuat hubungan antara pendidikan kewirausahaan, literasi digital, dan minat berwirausaha. Penelitian ini memberikan saran bagi mahasiswa untuk aktif mengikuti kegiatan kewirausahaan seperti hibah, Wirausaha Merdeka, PKM. Penelitian ini juga memberikan saran kepada peneliti selanjutnya untuk menambah subjek dan mengeksplor variabel mediasi lainnya.

Kata Kunci

Pendidikan Kewirausahaan; Literasi Digital; IEO; Minat Berwirausaha

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Ad'hiah, I., Rahmat, PS, & Suryani, Y. (2024). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Media Sosial Terhadap Intensi Berwirausaha dengan Literasi Keuangan Sebagai Mediator. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran , 12 (1), 88-100. http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v12i1.9588

Badan Pusat Statistik. (2024). Pengangguran Terbuka Menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan 1986-2024. In bps.go.id.

Dvorakova, Z., dan Polents, I. (2021). Entrepreneurship Education and Digital Literacy as Element of Innovative Learning. In E. Zaramenskikh And A. Fedorova (Eds) Digital Transformation and New Challenges. Cham: Springer International Publishing (Lecture Notes in Information Systems and Organisation), Pp. 253–263. https://doi.org/10.1007/978-3-030-71397-3_19

Frisnoiry, S., Sihotang, HM, Indri, N., & Munthe, T. (2024). Analisis permasalahan pengangguran di Indonesia. Kompak: Jurnal Ilmiah Komputerisasi Akuntansi , 17 (1), 366-375. https://doi.org/10.51903/kompak.v17i1.1866

Jerni, Tahir,T., Hasan,M., Rahmatullah, & Said,I. (2021).Pengaruh literasi ekonomi dan literasi digital terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Indonesian Journal of Economics, Entrepreneurship and Innovation, 2(1), 18–27. https://doi.org/10.31960/ijoeei.v2i1.1038

Kelley, D. J., Bosma, N., & Amorós, J. E. (2015). Global Entrepreneurship Monitor 2014 Global Report. Global Entrepreneurship Research Association.

Manolova, T. S., et al. (2007). The Impact of Gender on Entrepreneurial Intentions. Journal of Business Venturing, 22(2), 171-188.

Martins, I., & Perez, J. P. (2020). Testing mediating effects of individual entrepreneurial orientation on the relation between close environmental factors and entrepreneurial intention. International Journal of Entrepreneurial Behaviour and Research, 26(4), 771–791. https://doi.org/10.1108/IJEBR-08-2019-0505

Otman, NH, Otman, N., & Juhdi, NH (2020). Pendidikan kewirausahaan dan pemanfaatan peluang bisnis: Emosi positif sebagai mediator [Pendidikan kewirausahaan dan eksploitasi peluang bisnis: Emosi positif sebagai mediator]. Cakrawala Pendidikan, 39 (2), 370-381. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.30102

Shane, S., Locke, E. A., & Collins, C. J. (2003). Entrepreneurial motivation. Human Resource Management Review, 13(2), 257-279.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.